Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Mengajarkan Kasih Karunia Kepada Anak Kecil


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

"Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,...." (Efesus 2:8)

Keselamatan kita adalah kasih karunia dari Allah. Kasih karunia itu gratis. Kita tidak diselamatkan karena perbuatan baik kita, atau kepandaian kita, atau karena kita kaya, dan sebagainya. Kita menerima keselamatan berdasarkan kasih karunia/anugerah, melalui iman kita. Dan, tentunya, iman kita ini yang akan menghasilkan perubahan dalam hidup kita.

Permainan berikut ini dapat digunakan untuk mengajar anak kecil tentang kasih karunia/anugerah keselamatan di dalam Yesus Kristus.

Langkah-langkah:

  1. Buatlah sebuah tanda "Welcome to Heaven" dan gantungkan di depan pintu.

  2. Siapkan beberapa kunci palsu dan hanya 1 kunci asli.

  3. Kunci asli diberi gantungan bertulisan GRACE/ANUGERAH/KASIH KARUNIA, sedangkan kunci lainnya diberi gantungan bertulisan PINTAR, KAYA, BAIK, KUAT, CANTIK, dan semacamnya.

  4. Mintalah anak untuk membuka pintu dengan menggunakan kunci yang kita berikan.

  5. Ketika kita memberikan kunci, pertanyaan yang harus ditanyakan kepada mereka adalah "Apakah kita masuk surga karena kita kaya?"

  6. Mereka akan mencoba membuka pintu dengan kunci KAYA dan tentunya tidak akan berhasil. Lakukan terus sampai semua kunci palsu habis, dan terakhir sebelum memberikan kunci GRACE, tanyakan pertanyaan berikut "Lalu, bagaimana caranya kita dapat masuk surga?" Tentunya dengan kunci GRACE, pintu akan terbuka.

Dari permainan sederhana ini, kita bisa tekankan cerita tentang kasih karunia Allah. Dan, cerita Alkitab tentang pengorbanan Tuhan Yesus di kayu salib akan lebih mudah disampaikan. Semoga permainan ini dapat memberikan gambaran "nyata" kepada anak tentang anugerah keselamatan.

Ide didapat dari http://www.meaningfulmama.com/2012/04/day-97-key-is-grace-character.html

Diambil dan disunting dari:

Nama situs : Bible is Fun (Alkitab Itu Asyik)
Alamat URL : http://alkitabku.blogspot.com
Judul asli artikel : Mengajarkan GRACE/Kasih Karunia kepada Anak Kecil
Penulis : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 17 Januari 2013

Kategori Bahan PEPAK: Kurikulum - Pedoman Mengajar

Komentar