Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK

Mengajarkan Cerita Perjanjian Lama kepada Anak-Anak


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 752 - Mengajarkan Perjanjian Lama kepada Anak (I)

Kita dengan mudah kehilangan kesempatan berharga untuk memengaruhi anak-anak tentang Yesus. Bagaimana? Dengan menyampaikan kepada mereka cerita-cerita Alkitab, terutama dari Perjanjian Lama, tanpa tujuan yang jelas dalam pikiran. Kita memberi tahu anak-anak kita dan murid sekolah minggu kita bahwa Daud membunuh Goliat. Kita memberi tahu mereka mengenai saudara-saudaranya yang pengecut dan tentara Israel adalah pengecut. Kita memberi tahu mereka tentang lima batu halus, penghinaan Goliat, dan batu yang secara ajaib memukul dahinya. Kita memberi tahu mereka tentang raksasa yang ambruk dan para tentara yang melarikan diri. Dan, kita memberi tahu mereka bahwa Allah mampu mengalahkan raksasa dalam hidup mereka saat ini.

Namun, ada jauh lebih banyak hal untuk diamati dan dipelajari dari kisah nyata ini! Ketika Anda mempersiapkan diri untuk mengajar cerita Alkitab, pertimbangkan untuk mengikuti 3G Teaching Method (Metode Pengajaran 3G). Bacalah cerita dengan saksama dan berdoa, ajukan tiga pertanyaan penting. Kemudian ajarkan penting yang Anda temukan. Apa sajakah itu?

1. Apa yang diajarkan cerita ini kepada saya tentang ALLAH (GOD)?

Allah adalah tokoh utama di setiap cerita Alkitab -- entah Allah Bapa, Anak, atau Roh Kudus. Jadi, sebelum Anda mengajarkan praktis, gunakan waktu dengan berfokus pada Allah. Apakah cerita itu mengungkapkan sesuatu tentang kasih atau kekudusan-Nya? Apakah itu menekankan kesetiaan atau kesabaran-Nya? Otoritas atau kekuasaan-Nya? Apa pun yang diungkapkan, berikan perhatian terfokus kepada Allah. Dia layak untuk diperhatikan!

2. Apa yang diajarkan cerita ini kepada saya tentang INJIL (GOSPEL)?

Setelah Anda memberikan perhatian kepada Allah sendiri, berhentilah sejenak untuk memperhatikan apa yang Dia lakukan. Secara khusus, perhatikan bagaimana Dia mengungkapkan beberapa kebenaran tentang Injil: tentang dosa manusia, konsekuensi dari dosa kita, Mesias (Yesus Kristus), dan bagaimana Dia membebaskan orang-orang yang percaya kepada-Nya secara implisit. Lukas 24:25-27 menunjukkan bahwa seluruh Perjanjian Lama mengungkapkan wawasan kunci tentang penderitaan dan karya keselamatan Yesus Kristus. Jangan lewatkan hal-hal tersebut!

3. Apa yang diajarkan cerita ini kepada saya tentang PERTUMBUHAN (GROWTH)?

Akhirnya, berikan perhatian pada segala sesuatu yang diajarkan cerita itu tentang kehidupan iman. Dalam 2 Timotius 3:15-17, menunjukkan bahwa Perjanjian Lama ("kitab suci" yang tersedia untuk Timotius saat kanak-kanak) mampu membimbing anak muda, tidak hanya kepada keselamatan dalam Yesus, tetapi juga perbuatan baik dan pertumbuhan rohani.

Bagi mereka yang mengenal Yesus Kristus sebagai Juru Selamat, apa yang diajarkan cerita itu tentang menaati Allah sebagai Tuhan dan mengembangkan hubungan yang dekat dengan-Nya? Apakah itu mengajarkan sesuatu tentang hubungan manusia, doa, kebijaksanaan praktis, atau moralitas? Ataukah sesuatu yang lain?

Ketika Anda mempersiapkan diri untuk mengajar cerita Alkitab Perjanjian Lama kepada anak-anak, terapkan 3G Teaching Method (Metode Pengajaran 3G) yang sederhana ini, dan tarik hati dan pikiran mereka ke arah berharga yang Anda temukan tentang Allah (God), Injil (Gospel), dan pertumbuhan (Growth). (t/Jing-Jing)

Download Audio

Diterjemahkan dari
Nama situs : Shepherd Thoughts
Alamat situs : http://www.shepherdthoughts.com/baptistchurchny/teaching-old-testament-stories-to-children/
Judul asli artikel : Teaching Old Testament Stories to Children
Penulis artikel : Thomas Overmiller
Tanggal akses : 13 Desember 2016

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Komentar