Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Mengajar Anak-Anak untuk Lebih Mengenal Yesus


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 761 - Mempersiapkan Anak Menghadapi Pergumulan Hidup (2)

Ketika saya pertama kali memulai pekerjaan saya dalam pelayanan anak hampir dua dekade yang lalu, saya memiliki satu misi: mengatakan kepada anak-anak bahwa Yesus mengasihi mereka. Selama bertahun-tahun, saya telah mencoba yang terbaik untuk tetap setia pada misi orisinil itu, tetapi tujuan sekunder saya adalah membantu anak-anak saya untuk lebih mengenal Yesus. Anda tahu, pada akhirnya mereka perlu mengenal Allah dengan sendirinya dan tidak hanya melalui saya atau ibu atau ayah.

Gambar: Yesus dan anak

Mengenal Yesus datangnya melalui kedewasaan dalam Tuhan, tetapi kita juga dapat membantu anak-anak dengan mengajarkan kepada mereka cara-cara praktis, tetapi rohani, untuk mengenal Yesus.

Berikut ini adalah hal-hal yang direkomendasikan Alkitab.

Bayangkan Diri-Nya. "Aku hendak menyebut-nyebut segala pekerjaan-Mu, dan merenungkan perbuatan-perbuatan-Mu." (Mazmur 77:12) Satu cara untuk mengenal Yesus lebih baik adalah dengan memikirkan tentang Dia. Saya suka membayangkan seperti apa aroma tubuh-Nya atau penampilan-Nya. Seperti apa detak jantung-Nya akan terdengar jika saya meletakkan kepala saya di dada-Nya. Memikirkan tentang hal-hal ini membantu saya lebih mengenal Dia.

Berbicaralah kepada-Nya. Saat Anda berbicara dengan Yesus setiap hari, Dia akan hadir lebih sering! Itu benar! Itu disebut berdoa, tetapi Anda bisa berbicara dengan Dia saat Anda berjalan, berdiri, atau saat mengemudikan mobil. Anda bisa berbicara dengan-Nya dengan mulut atau dengan pikiran Anda. Dia selalu ada, siap untuk mendengarkan.

Katakan kepada-Nya bahwa Anda mengasihi-Nya. Yesus sangat senang saat Anda mengatakan kepada-Nya bahwa Anda mengasihi-Nya dengan bersungguh-sungguh. Dia memiliki perasaan dan emosi yang dalam. Dia bisa merasakan kasih dengan cara yang sangat ampuh. Jangan hanya menyanyikan "Yesus sayang padaku", tetapi katakan kepada-Nya, "Aku mengasihi Engkau, Yesus!"

Bacalah tentang Diri-Nya. Luangkan waktu untuk membaca Alkitab jika Anda ingin mengenal Yesus. Kisah-kisah dalam Perjanjian Baru adalah kisah nyata, dan banyak di antaranya adalah mukjizat yang Yesus lakukan saat berada di bumi. Bacalah satu atau dua ayat setiap hari!

Carilah Dia. Matius 7:7 berkata, "Mintalah, dan hal itu akan diberikan kepadamu. Carilah, dan kamu akan mendapat. Ketuklah, dan hal itu akan dibukakan bagimu." Pada bagian mencari ini, Yesus berjanji bahwa jika Anda memutuskan untuk mencari-Nya, Anda akan menemukan Dia. Saat sedang mengemudikan mobil, lihatlah ke langit dan bertanyalah dalam hati, "Apakah Engkau di sana, Yesus?" Ketika Anda pergi tidur pada malam hari dan Anda merasa takut, bertanyalah dalam hati, "Apakah Engkau di sana, Yesus?" Ketika kita melakukannya, Dia berjanji untuk hadir. (t/N. Risanti)

Download Audio

Diterjemahkan dari:
Nama situs : Ministry to Children
Alamat situs : http://ministry-to-children.com/teaching-kids-to-know-jesus-more/
Judul asli artikel : Teaching Kids to Know Jesus More
Penulis artikel : Mimi Bullock
Tanggal akses : 18 Juli 2017

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Komentar