Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Mempraktikkan Pelajaran


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

"Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja." (Yakobus 1:22-25)

Dua gadis kecil sedang bermain di lantai ketika ibu mereka kedatangan tamu. Kemudian, ibu dan tamu-tamunya menuju meja makan untuk menyantap makanan malam. Ibu berkata kepada kedua anaknya, "Ayo kemari anak-anak!" Tapi mereka mengabaikannya, bahkan ketika ibu mengulanginya lebih dari dua kali.

Salah satu tamu itu adalah guru sekolah minggu dua gadis kecil itu. Dia mencoba menolong ibu mereka. Dia berkata kepada gadis-gadis itu, "Saya penasaran siapa dari kalian yang mengetahui ayat Alkitab yang diawali dengan: 'Hai anak-anak, taatilah...'" Kedua gadis itu berpaling kepadanya dan mengatakan dengan cepat "Hai anak-anak, taatilah orang tuamu dalam segala hal karena itulah yang indah di dalam Tuhan."

Ayat itu mengajarkan mereka untuk menaati ibu mereka, tetapi tetap saja mereka tidak menaatinya. Apa yang salah? Anak-anak itu adalah "pendengar" firman Allah, tetapi bukanlah "pelaku". Mereka mengetahui firman, tetapi mereka tidak melakukan apa yang dikatakan firman. Mengetahui firman saja tidak menolong mereka, bukan? Mereka tidak melakukan apa yang mereka pelajari.

Untuk menjadi anak Allah dan orang Kristen sejati, seseorang perlu melakukan firman dari Alkitab. Firman tidak akan mengubah kita dan membantu kita sampai kita melakukan apa yang dikatakan firman. Allah berkata, "Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja."

Hal pertama yang diinginkan Allah untuk kita lakukan adalah percaya kepada Yesus sang Penyelamat. Jika kita benar-benar melakukannya, kita juga akan mau menaati-Nya dalam segala hal.

Mari kita diskusikan:

Apa yang dikatakan ibu kepada dua gadis kecil itu? Apa yang dilakukan gadis-gadis itu? Bagaimana guru sekolah minggu itu berusaha membantu? Firman apa yang gadis-gadis itu ketahui? Mengapa firman tersebut tidak menolong mereka? Apa yang pertama-tama Allah inginkan agar kita semua lakukan?

Bacaan Alkitab untuk anak-anak yang lebih besar atau dewasa: Yakobus 1:22-25.

Mari kita berdoa bersama-sama:

"Allah Bapa yang terkasih, kami bersyukur atas firman-Mu yang suci dalam Alkitab. Kami ingin mendengar dan belajar dari firman-Mu. Oleh karena itu, bantulah kami agar bisa menunjukkan kasih kami kepada Yesus yang telah mati bagi kami. Dalam nama Yesus kami berdoa. Amin." (t/Uly)

Diterjemahkan dan disunting dari:

Kategori Bahan PEPAK: Metode dan Cara Mengajar

Sumber
Judul Artikel: 
Practicing Your Lesson
Judul Buku: 
Little Visits With God
Pengarang: 
Allan Hart Jahsman dan Martin P. Simon
Halaman: 
32 -- 33
Penerbit: 
Concordia Publishing House
Kota: 
USA
Tahun: 
1957

Komentar