Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Memenangkan Jiwa Bagi Kristus


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Peringatan Hari Anak Nasional merupakan kesempatan untuk mengajarkan kepada anak-anak layan Anda, agar mereka memiliki kasih kepada mereka yang belum menerima Kristus -- teman, guru, anggota keluarga, dll.. Dalam hal ini, para guru sekolah minggu dan para pelayan anak memiliki andil yang cukup besar. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan melibatkan anak layan Anda dalam kegiatan penjangkauan atau berdoa bersama untuk mereka yang belum selamat. Untuk semakin menambah wawasan dan cara dalam mengajak anak-anak untuk datang kepada Kristus, tip-tip berikut bisa Anda lakukan.

  1. Memenangkan Murid

  2. Selain mengajar, tugas seorang guru sekolah minggu adalah mengunjungi murid-muridnya. Ada beberapa macam kunjungan yang dapat Anda lakukan dalam usaha menjalin hubungan dengan murid-murid.

    1. Murid Baru

    2. Kunjungan kepada murid baru harus segera dilakukan, ketika seorang murid baru telah masuk. Tunjukkanlah perhatian pada tempat asal mereka dan juga pada tempat tinggal mereka yang baru. Jadilah seorang pendengar yang baik jika mereka memunyai persoalan, dan sebelum pulang jangan lupa untuk memberi dorongan atau ajakan, agar mereka datang beribadah lagi di minggu depan.

    3. Anggota

    4. Kunjungan ke rumah murid-murid baru merupakan awal dari banyak kunjungan yang akan dilakukan kemudian. Anda dapat singgah sebentar bilamana keluarga itu baru kembali dari liburan, untuk mendengarkan kisah perjalanan mereka, dan sambil lalu mengajak mereka datang ke sekolah minggu pada minggu berikutnya. Kadang-kadang, Anda dapat singgah sebentar untuk mengucapkan selamat karena murid baru tersebut naik kelas atau prestasi murid tersebut -- di sekolah maupun di luar sekolah. Kunjungan persahabatan yang penuh kesetiaan adalah satu cara yang baik untuk membawa jiwa-jiwa kepada Kristus.

    5. Murid-Murid yang Tidak Hadir

    6. Karena sekolah minggu memunyai satu pelayanan rohani kepada setiap pribadi, maka guru-gurunya harus selalu siaga mencari jalan guna melakukan hal itu. Untuk itu, sangatlah penting mengunjungi anak-anak ketika mereka tidak hadir pada kali yang pertama, supaya kita mengetahui keadaan mereka. Kalau sudah lewat dua minggu, ada kemungkinan Anda sudah kehilangan kesempatan bagi suatu pelayanan rohani yang mungkin diperlukan.

  3. Memenangkan Keluarganya

  4. Banyak murid yang telah mengunjungi sekolah minggu, baik untuk waktu yang lama ataupun singkat, yang tidak pernah lagi muncul di gereja dan mungkin sudah undur dari Tuhan. Mengapa? Satu penyelidikan yang teliti memperlihatkan bahwa hampir dalam setiap kasus, hal itu disebabkan karena kita gagal memenangkan orang tuanya kepada Kristus. Generasi-generasi orang tua di masa sekarang ,telah melihat semua berkat-berkat dan kebajikan dari kekristenan, tetapi hanya sedikit yang telah memeluknya dan aktif dalam gereja. Dalam hal ini pintu telah terbuka lebar. Orang tua manakah yang tidak tertarik kepada kesejahteraan anak-anaknya? Beberapa metode untuk memenangkan orang-orang tua telah diketemukan.

    1. Izinkan Anak-Anak Membawa Pulang Hasil Kegiatan/Tugas

    2. Bahan-bahan yang boleh dibawa pulang:

      1. Pekerjaan tangan

      2. Pekerjaan hafalan

      3. Bahan bacaan

      4. Bahan promosi

      5. Undangan-undangan khusus

    3. Kunjungan-Kunjungan ke Rumah Murid Secara Pribadi

      1. Tujuan Anda

      2. Anda datang ke sana untuk membangun persahabatan, mendapatkan kepercayaan dari setiap anggota keluarga, dan memperoleh kerja sama dalam latihan kekristenan bagi anak-anak mereka. Tujuan Anda yang terakhir ialah memenangkan mereka kepada Kristus.

      3. Sikap Anda

      4. Berdoalah dan berharaplah selalu. Jikalau Anda mengharapkan sambutan yang hangat, bersikaplah wajar dan ramah, serta jangan lupa untuk selalu tersenyum. Jangan sekali-kali bertengkar, memaki, atau memperlihatkan sikap meminta maaf.

      5. Pendekatan Anda

      6. Ciptakan suasana persahabatan sementara Anda memperkenalkan diri dan menyatakan maksud kunjungan Anda.

      7. Tingkah laku Anda

      8. Hilangkan perasaan hati-hati, dengan menunjukkan perhatian dan penghargaan yang murni terhadap apa yang menjadi kesenangan keluarga itu. Karena Anda adalah tamu di rumah itu, hati-hatilah agar jangan sampai mempermalukan atau akibatnya Anda tidak akan diterima lagi oleh keluarga itu. Berjaga-jagalah untuk menerima reaksinya dan mengikuti petunjuk apa pun yang mungkin Anda terima. Kalau ayah bersikap dingin dan tidak mau menerima padahal ibu kelihatannya lapar akan hal-hal rohani, rencanakanlah untuk datang pada saat ibu sedang sendirian. Hendaknya kunjungan itu singkat dan jangan langsung memaksa orang itu, supaya tidak tersinggung perasaannya.

      9. Memenangkan Orang Lain yang Belum Percaya

      10. Pekerjaan sekolah minggu adalah satu pelayanan yang makin lama makin luas. Setiap hubungan yang dibuat sekolah minggu merupakan sumber yang membawa harapan untuk memenangkan paling sedikit tiga calon lain. Setiap saat seorang guru mengunjungi murid-murid sekolah minggu yang tidak hadir, di situ ia melihat kesempatan yang baik untuk menarik jiwa lain. Mungkin orang tua, seorang teman sepermainan atau seorang yang Anda jumpai di dalam bis.

        Untuk itu, Anda dapat bekerja sama dengan gereja untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

        1. Seksi kunjungan akan mengunjungi calon-calon yang Anda laporkan kepada gereja.

        2. Mungkin ada anggota-anggota jemaat yang rumahnya dekat dengan calon-calon itu, sehingga mereka dapat diajak ke gereja.

        3. Pedagang yang Anda ingin beri kesaksian, mungkin bekerja dalam perusahaan yang sama dengan salah seorang anggota majelis gereja. Beritahu dia supaya dapat menemui pedagang itu.

        4. Bangunlah persahabatan melalui pertemuan orang tua dan guru atau melalui arisan.

        5. Mintalah bantuan pendeta Anda bila ada yang sakit atau memerlukan kebutuhan khusus dalam suatu keluarga, di mana Anda sedang mencoba memenangkannya kepada Kristus.

        6. Mintalah pertolongan dari kelompok doa untuk mendampingi Anda berdoa bagi setiap calon.

      Diambil dan disunting dari:

      Judul asli buku : Charting The Course
      Judul buku terjemahan : Pola Mengajar Sekolah Minggu
      Judul asli artikel : Pelayanan di Luar Ruang Kelas
      Penulis : Mavis L. Anderson
      Penerjemah : P. Anggu', Ny. M. Bliss, dan F. L. Kamasi
      Penerbit : Yayasan Kalam Hidup, Bandung 2000
      Halaman : 72 -- 77

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Komentar