Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Membawa Persembahan Kita


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Persiapan Sediakanlah beberapa hadiah yang telah dibungkus dengan kertas-kertas yang berwarna cerah. Letakkanlah di meja kecil untuk dipakai dalam renungan. Tulislah pada masing-masing bungkusan itu "Hati", "Waktu", "Talenta", dan "Uang". Tunjukkan kata-kata itu pada saat yang tepat. Nyanyian Bersama: "Semua Ku B'ri Pada Yesus", "Bintang di Timur" Renungan Minggu lalu kita bicara tentang para gembala yang segera datang melihat bayi Yesus. Tentunya ada juga pengunjung-pengunjung yang lain, tetapi
  1. Persiapan

  2. Sediakanlah beberapa hadiah yang telah dibungkus dengan kertas-kertas yang berwarna cerah. Letakkanlah di meja kecil untuk dipakai dalam renungan. Tulislah pada masing-masing bungkusan itu "Hati", "Waktu", "Talenta", dan "Uang". Tunjukkan kata-kata itu pada saat yang tepat.

  3. Nyanyian Bersama: "Semua Ku B'ri Pada Yesus", "Bintang di Timur"

  4. Renungan

  5. Minggu lalu kita bicara tentang para gembala yang segera datang melihat bayi Yesus. Tentunya ada juga pengunjung-pengunjung yang lain, tetapi Alkitab hanya menceritakan tentang satu kelompok lain yang mengadakan perjalanan khusus untuk melihat bayi Mesias. (Mintalah seorang yang pandai untuk membacakan Matius 2:1-12)

    Alkitab menyebut kelompok ini orang-orang Majus. Namun demikian, mereka adalah ahli-ahli perbintangan yang mempelajari dan menyelidiki bintang-bintang. Orang-orang ini telah mengamat-amati langit dan melihat sebuah bintang yang luar biasa terangnya. Mereka begitu tertarik akan bintang itu sehingga mereka menempuh perjalanan, mungkin sampai beribu-ribu mil, untuk mengikuti bintang itu.

    Sungguh memakan waktu lama untuk tiba di Bethlehem melihat Raja yang baru lahir, tetapi mereka percaya akan melihat seorang Penguasa yang penting dan mereka telah membawa pemberian untuk Bayi itu. Bisakah kalian menyebut pemberiannya itu? Ya, emas, kemenyan, dan mur. Ketiga persembahan ini mahal sekali, tetapi orang-orang Majus itu merasa bahwa persembahan itu merupakan yang paling sedikit yang dapat mereka bawa -- yaitu yang paling baik yang ada pada mereka.

    Saya ingin tahu berapa banyak di antara kalian yang memikirkan pemberian apa yang dapat kalian berikan kepada Yesus, yang hari ulang tahun-Nya kita rayakan pada hari Natal.

    (Baliklah hadiah yang bertulisan "Hati".) Hadiah yang paling penting yang dapat kita berikan kepada Yesus adalah kasih dari hati kita.

    Sesuatu yang kita semua dapat berikan kepada Yesus adalah waktu kita. (Baliklah hadiah "Waktu".) Kita masing-masing memunyai jumlah waktu yang sama dalam sehari. Bagaimana cara kita memakai waktu itu bergantung dari kita. Apakah kita menghabiskan terlalu banyak waktu untuk melakukan perkara-perkara buat diri kita sendiri? Bagaimana dengan waktu untuk membaca Alkitab dan berdoa?

    Kita masing-masing memunyai talenta. (Baliklah hadiah yang bertuliskan "Talenta"). Talenta bukanlah sekadar menyanyi atau memainkan alat musik. Mungkin ada yang bisa membuat dekorasi indah untuk ruangan. Barangkali ada yang sangat baik dalam membaca dengan keras. Tak peduli apa pun talenta kita, kita dapat membiarkan hal itu dipakai bagi Yesus.

    Kalian dapat juga memberikan uang kalian kepada Yesus. (Baliklah hadiah "Uang".) Kita memberikan uang persembahan di sekolah minggu dan di gereja atau untuk badan misi. Yesus tidak ambil pusing tentang jumlah uang yang kalian berikan. Dia senang karena kalian memberi sebagian dari uang kalian kepada-Nya.

    Pada hari Natal ini, janganlah kita lupa untuk memberikan pemberian yang dapat kita persembahkan kepada Yesus (susunlah hadiah-hadiah itu sehingga tulisan-tulisannya dapat dilihat) -- hati kita, waktu kita, talenta kita, dan uang kita.

  6. Doa

-- Bergabunglah dalam: http://fb.sabda.org/binaanak --

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Sumber
Judul Buku: 
Buku Pintar Sekolah Minggu, Jilid 2
Pengarang: 
Tidak dicantumkan
Halaman: 
75
Penerbit: 
Yayasan Penerbit Gandum Mas
Kota: 
Malang
Tahun: 
1996

Komentar