Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Memahami Firman Tuhan dengan Alat Peraga


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 707 - Pengajaran Atau Alat Peraga? (II)

Tujuan:

  1. Anak mengenal Alkitab.
  2. Anak senang mendengar cerita dari Alkitab.

Lagu Tema:

  1. Alkitab Bukunya Tuhan
  2. Baca Kitab Suci Doa Tiap Hari

Aktivitas:

  1. Alkitab Langkah Pertama dan Alkitab Orang Dewasa (LAI)
  2. Maria dan Marta
  3. Roti dan 2 Ikan
  4. Yunus

Dekorasi:

  1. Gambar Maria dan Marta.
  2. Gambar anak membawa 5 roti dan 2 ikan.
  3. Gambar ikan besar (dan ada pintunya yang bisa dibuka -- di dalamnya ada Yunus).

Alat peraga:

  1. Perpustakaan -- buku-buku cerita Alkitab.
  2. Gambar Maria dan Marta, (pola) baju Maria dan Marta.
  3. Lima roti 2 ikan sungguhan, snacks bentuk 5 roti dan 2 ikan.
  4. Ikan besar dan boneka Yunus (kecil -- supaya bisa masuk ke ikan besar).

Penjelasan:
Tema tentang Kitab Suci ini merupakan kelanjutan dari tema bulan lalu "Bertumbuh Seperti Yesus". Masih tetap dengan lagu tema "Baca Kitab Suci Doa Tiap Hari". Namun, ditambahkan lagi 1 lagu khusus tentang Kitab Suci (Alkitab, Alkitab Bukunya Tuhan. Alkitab, Alkitab Buku Kesayangan, Buku Kesayangan).

I. Alkitab Langkah Pertama dan Alkitab Orang Dewasa (LAI)

Firman Tuhan:
Anak-anak ini adalah Alkitab (tunjuk Alkitab LAI). Ini juga Alkitab untuk anak-anak, banyak gambarnya (tunjuk Alkitab Langkah Pertama). Ini banyak buku cerita Alkitab lainnya (tunjuk buku-buku lain). Anak-anak boleh membaca buku-buku ini. Tuhan Yesus senang bila anak-anak rajin membaca Alkitab.

Pesan pada orang tua:

  1. Agar memiliki Alkitab untuk anak di rumah masing-masing. Atau, bila tidak ada, gunakan Alkitab LAI untuk menceritakan.
  2. Membangun kebiasaan membaca Alkitab dimulai sejak anak masih dini, bahkan saat anak masih belum bisa membaca.

Pusat aktivitas: Perpustakaan
Dorong anak untuk memilih buku yang disukainya dan minta orang tua/pengasuh untuk membacakan cerita di dalam buku tersebut.

II. MARIA DAN MARTA

Firman Tuhan:
Anak-anak, ini adalah Maria dan Marta (angkat peraga Maria dan Marta). Maria dan Marta adalah teman Tuhan Yesus. Hari ini, Tuhan Yesus mau datang ke rumah Maria dan Marta. Tuhan Yesus mau cerita firman Tuhan. Wah, Maria senang sekali (tunjuk mulutnya yang tersenyum). Waktu Tuhan Yesus datang, Maria duduk dekat Yesus karena Maria senang mendengar firman Tuhan. Marta tidak senang mendengar firman Tuhan (tunjuk mulutnya yang cemberut). Marta sibuk ke sana kemari (gerakkan Marta ke sana kemari). Marta tidak mau mendengar firman Tuhan. Tuhan Yesus senang pada Maria yang mau mendengar firman Tuhan. Tuhan Yesus juga senang pada anak-anak yang mau mendengar firman Tuhan. Tempel peraga Maria dan Marta di papan/tembok yang bisa dilihat dengan mudah oleh anak. Lalu, ajak anak melakukan aktivitas hari ini.

Pusat aktivitas:
Menempel gambar baju Maria dan Marta. (Guru sudah mengguntingnya, anak tinggal menempel bersama orang tua/pengasuh, kemudian melengkapi gambar wajahnya. Ingat: Maria tersenyum dan Marta cemberut). Anak yang sudah selesai boleh membaca buku cerita Alkitab di perpustakaan mini.

Pesan pada orang tua:
Gambar Maria dan Marta ditempel di tempat yang sering anak lihat di dalam rumah. Setiap kali, ingatkan anak untuk menjadi seperti Maria yang senang mendengar firman Tuhan. Sekali lagi, dorong anak untuk rajin dan suka membaca Alkitab (tentu dengan pendampingan dan pengarahan orang tua).

III. Roti dan 2 Ikan

Firman Tuhan:
Anak-anak, hari ini Tuhan Yesus bercerita kepada orang banyak. Tuhan Yesus senang menceritakan firman Tuhan pada orang banyak. Hari ini, ada banyak sekali orang yang berkumpul untuk mendengarkan firman Tuhan. Tuhan Yesus melihat ada Selly, Doni, Ela, Brian (sebutkan nama anak satu per satu) .... Wah, Tuhan Yesus senang sekali bila anak-anak semua mau mendengar firman Tuhan.

Tak terasa, hari sudah siang ... lalu sore ... semua mulai lapar (pegang perut dan minta anak-anak menirukan). Namun, tidak ada makanan di sini. Bagaimana ini?

Ada seorang anak laki-laki yang berkata kepada Yesus, "Tuhan Yesus aku punya makanan, tadi dibawakan oleh mamaku. Ini bekalku." (angkat tempat bekal dan tunjukkan ada apa di dalamnya). Ayo kita hitung bersama-sama. Ini ada ROTI ... berapa jumlahnya? Satu, dua, tiga, empat, lima. (tunjukkan 5 jari, minta anak menirukan). Ini ada IKAN .... Berapa jumlahnya? Satu, dua (tunjukkan 2 jari dan minta anak menirukan).

Tuhan memberkati 5 roti dan 2 ikan. Ajaib, .... Rotinya sekarang jadi banyak dan ikannya juga jadi banyak. Semua orang bisa makan sampai kenyang. Ajak anak-anak menyanyi: 5 Roti dan 2 Ikan.

"Lima roti dan dua ikan, Tuhan Yesus yang memberkati
Lima roti dan dua ikan, Tuhan memberkati"

Nah, sekarang anak-anak cuci tangan, kita mau makan 5 roti 2 ikan.

Pusat aktivitas:
Makan bersama snack 5 roti dan 2 ikan. Ingatkan anak untuk menghitung dahulu 5 roti dan 2 ikan. Lalu, berdoa sebelum makan. Bila anak minta tambah, selalu berikan paket 5 roti dan 2 ikan. Bila anak tidak suka, jangan paksa untuk makan. Namun, tetap berikan 5 roti 2 ikan tersebut supaya mereka ingat akan pelajaran hari ini. Bila anak sudah selesai makan, mereka boleh kembali membaca buku cerita Alkitab.

Firman Tuhan:
Anak-anak, ini Yunus (tunjukkan boneka kecil Yunus). Tuhan menyuruh Yunus untuk pergi ke kota Niniwe. Tuhan ingin agar Yunus menyampaikan firman Tuhan kepada orang-orang di Niniwe. Namun, Yunus tidak mau. Yunus tidak mau "nurut", Yunus tidak taat kepada Tuhan. Yunus malah pergi naik kapal (tunjukkan gambar kapal). Lalu, Tuhan membuat Yunus jatuh ke laut dan ditelan oleh ikan yang besar (tunjukkan gambar ikan besar "memakan" Yunus). Di dalam perut ikan, Yunus berdoa minta Tuhan tolong. Tuhan mendengar doa Yunus, akhirnya Tuhan membuat ikan besar itu muntah di pantai sehingga Yunus bisa keluar dari perut ikan. HOEK ... HOEK ... ikan besar muntah, dan Yunus keluar dengan selamat. Terima kasih Tuhan sudah menolong Yunus. Nah, makanya Yunus (kata guru sambil berbicara kepada boneka Yunus) lain kali "nurut" sama Tuhan ya?

Pusat aktivitas:
Mengecap jari jempol anak sebagai ikan kecil dan telapak tangan anak sebagai ikan besar. Orang tua memberi gambar Yunus di dalam perut ikan besar. Bila anak sudah selesai dengan aktivitas, boleh kembali membaca buku cerita Alkitab.

Diambil dan disunting seperlunya dari:

Nama situs : HAPPYLAND e-Learning Center
Alamat URL : http://www.oocities.org/meilania90/bayikitabsuci.htm
Judul asli artikel : Kitab Suci
Penulis artikel : Meilania
Tanggal akses : 25 Mei 2015

Kategori Bahan PEPAK: Aktivitas dan Ketrampilan Anak

Komentar