Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

"Langkah Kaki" E-BinaAnak Bersama Tuhan


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Sudah berapa lama Anda berlangganan e-BinaAnak? Sudah 1, 2, 3 atau lebih dari 10 tahun? Sekalipun telah sekian lama melayani, mungkin masih ada di antara Pembaca yang belum tahu secara lebih detail mengenai langkah awal e-BinaAnak dalam dunia pelayanan anak di Indonesia. Oleh karena itu, dalam edisi khusus kali ini, kami akan mengulas secara singkat "langkah-langkah kecil" yang telah ditempuh e-BinaAnak sejak pertama kali terbit pada tahun 2000. Pepatah mengatakan, "Tak kenal maka tak sayang." Mudah-mudahan melalui edisi khusus ini, e-BinaAnak akan semakin disayang oleh anggota-anggotanya. :)

e-BinaAnak lahir pada Maret 2000, tepat pada peringatan Hari Doa Anak Sedunia. Tuhan memberikan kerinduan di "hati" YLSA untuk melihat guru-guru sekolah minggu maupun pelayan anak mengembangkan pelayanan mereka semaksimal mungkin. Pelayanan anak sering tidak mendapat perhatian yang layak, padahal anak adalah generasi penerus gereja Tuhan. Dan, mereka yang membina anak sering tidak dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang cukup, sehingga pelayanan anak sering tidak memiliki dasar yang kuat. Dengan membina para pelayan anak, diharapkan kualitas rohani anak akan meningkat, gereja Tuhan akan menikmati hasilnya, dan nama Tuhan dimuliakan! Teknologi informasi berbasis email, yang saat itu semakin berkembang dan semakin banyak digunakan oleh masyarakat, merupakan langkah strategis untuk menyampaikan bahan-bahan bermutu kepada para pelayan anak.

Pada penerbitan perdananya, e-BinaAnak dikirimkan ke 279 pelanggan dan merupakan publikasi elektronik pertama yang berisi bahan-bahan khusus tentang hal-hal seputar dunia pelayanan anak Kristen dalam Bahasa Indonesia. Sekarang ini, pelanggan e-BinaAnak sudah mencapai hampir 4000 pelanggan.

Terbitan pertama e-BinaAnak < http://sabda.org/publikasi/e-Binaanak/001 > mengambil tema "Pelayanan Sekolah Minggu". Di dalamnya disajikan artikel tentang "Sejarah Sekolah Minggu", ada pula tips "Agar Anak Tidak Mudah Bosan di Kelas", dan petunjuk bagi guru untuk "Membuat Buku Data Anak". Semua arsip e-BinaAnak bisa diakses dalam halaman arsip e-BinaAnak di SABDA.org < http://sabda.org/publikasi/e-binaanak/arsip/ >

Ulang tahun e-BinaAnak yang ke-13 ini ingin kami jadikan tonggak bagi staf redaksi untuk berikrar maju terus, memberikan pelayanan yang lebih baik dibandingkan dengan edisi-edisi sebelumnya. Di lain pihak, kami ingin mengajak para pembaca e-BinaAnak dan pelayan anak untuk mengikrarkan hal yang sama, bahwa kita semua, para pelayan anak, ingin melayani Tuhan lebih baik lagi pada masa-masa mendatang. Mari kita bersama berdoa agar Tuhan mengizinkan kita untuk terus melayani Dia dengan segenap kekuatan kita. Biarlah Dia menjadikan kita sebagai alat-Nya yang berguna untuk mempersiapkan anak-anak yang kita layani, agar mereka dapat menjadi generasi penerus gereja yang takut akan Tuhan dan memuliakan nama-Nya yang ajaib!

Redaktur yang sudah pernah ambil bagian dalam e-BinaAnak adalah Yulia, Meilania, Endah, Tabitha, Asih, Septiana, Ratri, Kristin, Ratnasari, Fitri, Uly, Tatik, dan yang sekarang ini adalah Davida, Santi, serta Elly. Bersyukur kepada Tuhan atas setiap kemampuan yang diberikan sehingga kami dapat dipakai-Nya untuk ambil bagian dalam pengembangan pelayanan anak di Indonesia.

PENGEMBANGAN PELAYANAN MILIS E-BINAANAK

1. Milis Diskusi e-BinaGuru (Tahun 2000)

Dalam perkembangannya, disadari bahwa Publikasi e-BinaAnak hanya merupakan publikasi dengan komunikasi searah. Maka, timbullah pemikiran untuk mengembangkan pelayanan ini dengan menambah satu wadah lagi yang memungkinkan komunikasi dua arah.

Pemikiran di atas menjadi cikal bakal lahirnya milis diskusi e-BinaGuru pada bulan September 2000. Puji Tuhan! Milis tersebut mendapat tanggapan yang sangat positif. Dengan diprakarsai dan dimoderatori oleh Ibu Meilania, e-BinaGuru berjalan dengan baik sampai sekarang. Bagi para pembaca e-BinaAnak yang belum bergabung dan ingin bergabung dalam e-BinaGuru, silakan kirim email kosong ke: < subscribe-i-kan-BinaGuru(at)hub.xc.org >

2. Situs Pusat Elektronik Pelayanan Anak Kristen -- PEPAK (Tahun 2002)

Edisi-edisi e-BinaAnak yang telah diterbitkan (sekarang jumlahnya sudah 626 edisi) merupakan harta yang sangat berharga dan sayang bila hanya disimpan sebagai arsip saja. Oleh karena itu, setelah banyak berdoa dan berpikir panjang, lahirlah gagasan untuk membuat sebuah situs yang bukan hanya akan menyimpan arsip-arsip e-BinaAnak, namun sekaligus menjadi pusat informasi bagi para guru sekolah minggu untuk mendapatkan berbagai bahan tentang pelayanan anak yang paling lengkap di Indonesia.

Gagasan itu menjadi kenyataan dengan lahirnya sebuah situs pelayanan anak pada tahun 2002, yang kami beri nama PEPAK, singkatan dari Pusat Elektronik Pelayanan Anak Kristen, di alamat: < http://pepak.sabda.org/ >

3. PESTA GSM (Tahun 2006)

PESTA merupakan salah satu program pelayanan dalam YLSA yang merupakan singkatan dari Pendidikan Elektronik Studi Teologia Awam. Program ini merupakan pendidikan teologi informal yang dijalankan secara online, khusus bagi mereka yang tidak menempuh pendidikan di sekolah teologi. Karena bahan-bahan pelayanan anak yang selama ini disusun oleh redaksi e-BinaAnak sudah cukup banyak, tercetus ide untuk membuat satu kelas diskusi online bagi para guru sekolah minggu dan pelayan anak. Oleh karena itu, dibuatlah sebuah modul pelajaran khusus untuk para GSM dan setelah mengerjakan tugas dari modul tersebut, para peserta dapat bergabung dalam kelas diskusi PESTA GSM. Apakah Anda tertarik? Tahun ini PESTA akan kembali membuka kelas tersebut. Bagi Anda yang ingin bergabung, silakan menghubungi admin PESTA di < kusuma(at)in-christ.net >. Dapatkan modul PESTA GSM di: < http://pesta.sabda.org/gsm_sil >

4. Facebook (Tahun 2009) dan Twitter e-BinaAnak (Tahun 2010)

Perkembangan jejaring sosial dalam dunia maya juga mendorong redaksi e-BinaAnak untuk masuk ke dalam dunia Facebook dan Twitter. Bekerja sama dengan divisi Komunitas Yayasan Lembaga SABDA, e-BinaAnak pun mulai merambah dunia jejaring sosial ini, terhitung sejak tahun 2009 (Facebook) dan tahun 2010 (Twitter). Bersyukur kepada Tuhan karena melalui Facebook dan Twitter, relasi antara redaksi dan pembaca bisa semakin berkembang. Banyak masukan yang redaksi peroleh melalui diskusi di jejaring sosial. Saat ini, penggemar halaman Facebook e-BinaAnak sudah lebih dari 4000 dan pengikut di Twitter sudah berjumlah 254.

Apakah Anda sudah bergabung dalam halaman Facebook dan Twitter e-BinaAnak? Silakan cek di < http://fb.sabda.org/binaanak > dan ikuti Twitter @sabdabinaanak < http://twitter.com/sabdabinaanak >

5. e-BinaAnak dalam DVD Library SABDA Anak 1.2 (Tahun 2012)

Pengembangan pelayanan e-BinaAnak yang paling baru adalah lahirnya DVD Library SABDA Anak 1.2 pada bulan Februari 2012. DVD ini berisi lebih dari 10.000 bahan untuk pelayanan anak. Ada delapan kategori utama isi yaitu Software SABDA, Alkitab Audio, Alkitab Video, Alkitab Gambar, Audio Cerita, Animasi, e-Book, dan bahan-bahan Mobile. Semuanya sangat mendukung pelayanan anak di Indonesia. Publikasi e-BinaAnak juga ada dalam DVD tersebut, yang dapat diakses dalam kategori e-Book. Arsip e-BinaAnak sejak tahun 2000 -- 2011 dapat Anda peroleh tanpa harus online.

Kami sungguh bersyukur kepada Tuhan atas semua pengembangan pelayanan e-BinaAnak selama 13 tahun ini. Diawali dari sebuah kerinduan yang sederhana, Tuhan memimpin setiap langkah yang diambil e-BinaAnak menjadi lebih jauh dan maju lagi. Jika bukan Tuhan, semua kerinduan itu hanya menjadi kerinduan belaka karena kemampuan dan hikmat untuk mengerjakan ini semua hanya dari Tuhan.

Jika Anda ingin berpartisipasi dan mendukung pelayanan e-BinaAnak, silakan hubungi redaksi di < binaanak(at)sabda.org >. Semua bentuk dukungan Anda akan memberikan kontribusi yang berarti bagi pengembangan pelayanan e-BinaAnak dan pelayanan anak di Indonesia.

Segala kemuliaan hanya bagi Tuhan!

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Anak Umum

Komentar