Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Lagu-Lagu Alkitab dalam Kelas Sekolah Minggu


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Artikel ini adalah tentang mengapa dan bagaimana mengajarkan lagu-lagu Alkitab dalam kelas sekolah minggu. Dua jenis lagu yang biasanya diajarkan dalam kurikulum sekolah minggu, yaitu: lagu-lagu pelajaran -- lagu-lagu ceria/ringan yang membantu anak-anak mengingat dan memahami pelajaran; dan nyanyian pujian (himne) dan nyanyian gereja -- lagu-lagu serius yang merupakan tradisi kebaktian di banyak gereja. LAGU SEBAGAI KEGIATAN BELAJAR Anak-anak, seperti halnya kita, tertarik dengan irama dan sajak.

Artikel ini adalah tentang mengapa dan bagaimana mengajarkan lagu-lagu Alkitab dalam kelas sekolah minggu. Dua jenis lagu yang biasanya diajarkan dalam kurikulum sekolah minggu, yaitu:

  1. lagu-lagu pelajaran -- lagu-lagu ceria/ringan yang membantu anak-anak mengingat dan memahami pelajaran; dan
  2. nyanyian pujian (himne) dan nyanyian gereja -- lagu-lagu serius yang merupakan tradisi kebaktian di banyak gereja.

LAGU SEBAGAI KEGIATAN BELAJAR

Anak-anak, seperti halnya kita, tertarik dengan irama dan sajak. Sajak dan melodi jauh lebih mudah untuk melekat di pikiran daripada bahasa yang tidak berirama. Anda tentunya ingat beberapa lagu dari masa sekolah Anda. Penggunaan sajak (dan terkadang melodi) untuk membantu kita mengingat sesuatu sudah dilakukan sejak zaman dahulu. Pada masa-masa sebelum mengenal tulisan, syair kepahlawanan bersajak sepanjang sebuah buku, dipelajari dan diceritakan kembali oleh penyair. Teknik yang telah teruji melalui rentang waktu tersebut sudah sepatutnya Anda pertimbangkan untuk digunakan dalam mengajar murid-murid Anda.

Lagu menjangkau anak-anak yang metode belajar terbaiknya adalah berkaitan dengan musik daripada mendengarkan perintah. Di dalam musik juga terdapat gerakan -- yang juga merupakan metode belajar -- yang akan dapat menjangkau lebih banyak anak.

Musik dapat membantu seorang anak untuk tetap fokus. Tambahkanlah gerakan, bahkan bahasa isyarat, maka Anda akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk memberi kesan terhadap pesan yang ingin Anda sampaikan.

Musik dapat menciptakan "dasar pengetahuan". Kita semua tahu bahwa lebih mudah mempelajari sesuatu yang sudah kita ketahui. Mempelajari lagu dapat memperkenalkan fakta-fakta dan konsep-konsep, menciptakan sebuah tingkat pengetahuan dasar yang akan memermudah pembelajaran selanjutnya.

BAGAIMANA MENGAJARKAN LAGU

Mulailah dengan kata-katanya dulu, lalu perkenalkanlah melodinya. Apabila Anda bisa bermain piano atau alat musik lain, dan alat musik tersebut tersedia, perkenalkan alat musik tersebut setelah anak-anak sudah cukup mengenal lagunya dengan baik. Jika Anda memperkenalkan alat musik sebelum anak menguasai lagu dan melodinya, maka alat musik itu akan menjadi sebuah pengganggu daripada sebuah penolong.

Melafalkan dan menanggapi atau menggemakan lirik adalah suatu cara yang benar dan telah teruji dalam mempelajari lirik lagu. Dendangkanlah sebaris lirik, lalu biarkanlah anak-anak menirukannya. Lanjutkan ke baris lirik selanjutnya, dan teruskan sampai selesai. Setelah Anda menyelesaikan hal itu sekali atau dua kali, Anda bisa mulai menyanyikannya bersama-sama.

Gunakan gerakan untuk memerkaya dan memperkuat makna.

Gunakan properti, seperti potongan kain yang membentuk suatu figur, boneka, atau properti lainnya. Benda-benda tersebut cenderung mengurangi rintangan yang mungkin akan muncul saat Anda menambah unsur kegembiraan dalam kelas Anda. Benda-benda tersebut juga dapat memperkuat makna, sekaligus menjadi pengingat akan ayat selanjutnya.

TIDAK BISA MENEMUKAN LAGU YANG TEPAT?

Ciptakan lagu sendiri! Pilihlah melodi yang terkenal, dengan banyak pengulangan dan jumlah kata yang tidak banyak, seperti "Pelangi-Pelangi", "Naik-Naik ke Puncak Gunung", atau "Bintang Kecil". Lalu gantilah lirik lagunya dengan kata-kata yang berhubungan dengan topik pelajaran Anda.

Atau, untuk anak yang lebih dewasa, ajak kelas untuk memikirkan lirik lagunya. Jikalau mereka menulis lagu tentang topik tersebut, mereka akan lebih memahami pelajaran tersebut daripada jika mereka hanya mendengarkan.

Jadi silakan mencoba, seperti kata-kata dalam Mazmur, Bersorak-sorailah bagi Allah melalui kelas Anda! (t/Hilda)

Kategori Bahan PEPAK: Doa - Musik - Ibadah

Sumber
Judul Artikel: 
Bible Songs in Sunday School Classroom
Situs: 

Komentar