Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Kurikulum Sekolah Alkitab Liburan


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Sekolah Alkitab Liburan (SAL) adalah waktu bagi anak layan kita untuk belajar dan menjalin persahabatan dengan anak yang lain. Program sekolah Alkitab ini biasanya dilaksanakan saat liburan sekolah. Biasanya sekitar bulan Juni atau Juli. Kurikulum Sekolah Alkitab Liburan merupakan bagian yang sangat penting dari struktur kelas-kelas dan program yang sedang dilaksanakan oleh gereja atau organisasi Kristen lainnya. Bagian terpenting dari kurikulum bukanlah tema atau kegiatan-kegiatannya, melainkan

Sekolah Alkitab Liburan (SAL) adalah waktu bagi anak layan kita untuk belajar dan menjalin persahabatan dengan anak yang lain. Program sekolah Alkitab ini biasanya dilaksanakan saat liburan sekolah. Biasanya sekitar bulan Juni atau Juli. Kurikulum Sekolah Alkitab Liburan merupakan bagian yang sangat penting dari struktur kelas-kelas dan program yang sedang dilaksanakan oleh gereja atau organisasi Kristen lainnya. Bagian terpenting dari kurikulum bukanlah tema atau kegiatan-kegiatannya, melainkan pengajaran tentang Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat. Mengambil bagian dalam liburan sekolah dapat menjadi waktu yang tepat untuk mengundang anak-anak lain yang tidak rutin datang ke gereja. Banyak anak mungkin tidak mengenal nama Yesus atau tidak mengerti perlunya keselamatan. Mengundang anak-anak ini untuk ambil bagian dalam program Sekolah Alkitab dapat membuka pintu untuk keselamatan abadi. Program ini memberi kesempatan untuk mengajar anak-anak dari semua usia tentang Tuhan dan perlunya iman dan keselamatan dalam hidup.

Liburan merupakan saat yang menyenangkan bagi anak-anak untuk belajar tentang Tuhan. Meskipun sering kali ada standar yang ditetapkan tentang apa yang akan diajarkan, kebanyakan anak datang karena ingin menjalin persahabatan dan bersenang-senang dalam kegiatan ini. Banyak gereja akan membuka pintu mereka selama seminggu, biasanya pada awal liburan sekolah. Sukarelawan dari gereja akan menyusun jadwal kegiatan-kegiatan untuk kurikulum Sekolah Alkitab Liburan yang akan diselenggarakan sepanjang Sekolah Alkitab Liburan ini.

Banyak SAL dimulai dengan kebaktian penyembahan singkat untuk memuliakan Tuhan dan mensyukuri segala yang telah Dia sediakan. Setelah pujian-pujian dan doa, kelas dibuka. Sering kali selama kegiatan berlangsung, peserta dibagi berdasarkan kelompok usia ke dalam kelas-kelas tertentu yang disesuaikan. Kelas-kelas yang diselenggarakan sering kali terdiri dari pelajaran Alkitab, aktivitas keterampilan, istirahat, kegiatan di luar ruangan, dan kadang-kadang program musik. Setiap program ini dapat memberikan bagian yang sangat penting untuk membagikan kasih Tuhan melalui persekutuan dan kegiatan yang menyenangkan. Pelajaran Alkitab adalah suatu cara untuk para guru mengajarkan pelajaran dari Alkitab dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari anak-anak tentang Alkitab dan keselamatan. Sesi kreativitas dan permainan di luar ruangan akan menjadi waktu untuk mengenal lebih dalam lagi ciptaan Tuhan yang luar biasa. Meski waktu istirahat tampaknya tidak penting, tetapi wa ktu istirahat ini dapat menjadi sebuah kesempatan untuk anak-anak dapat bertanya secara individu karena mungkin sebagian dari mereka merasa tidak nyaman berbicara di depan kelompok. Dengan program musik, anak-anak dapat belajar bagaimana memuji dan menyembah Tuhan.

Kurikulum sering kali disusun terlebih dahulu dengan baik sebelum program dijalankan. Para pemimpin gereja sering kali memilih program terbaik yang akan memenuhi kebutuhan anak-anak di gerejanya. Bagian terpenting dari kurikulum Sekolah Alkitab Liburan ini adalah pengajaran tentang Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat. Ada banyak cara untuk membahas pengajaran ini, namun cara-cara itu harus membuat program Sekolah Alkitab Liburan ini berhasil. Bagi banyak anak, SAL mungkin adalah kesempatan pertama dan satu-satunya untuk bisa mengikuti kebaktian atau menjalankan fungsi sebagai orang Kristen di mana firman Tuhan dan keselamatan diajarkan. Menghadirkan Yesus di setiap kesempatan dan pembukaan merupakan hal yang penting untuk membawa anak-anak mengenal dan mencintai Tuhan. Cerita-cerita tentang Tuhan harus diajarkan kepada anak-anak sehingga mereka mengerti siapakah Tuhan itu dan apa yang telah dan bisa Dia lakukan untuk mereka. Cerita tentang Pencipta an, Air Bah, Sepuluh Perintah, Kelahiran Yesus, dan Penyaliban adalah topik-topik yang biasa diceritakan kepada anak-anak. Cerita-cerita ini merupakan cerita dasar atau fondasi kekristenan yang sering kali membawa seseorang mencari Yesus sebagai Juru Selamat mereka. Keselamatan dan melebarkan Kerajaan Allah merupakan bagian yang sangat istimewa dan penting dalam kurikulum Sekolah Alkitab Liburan.

Saling bertukar informasi seperti itu memberi kesempatan yang besar kepada anak-anak untuk berkumpul bersama dan tumbuh dalam pengetahuan dan kasihnya kepada Tuhan. Selama masa liburan, banyak gereja-gereja atau kelompok Kristen mengadakan program sepanjang minggu yang panjang ini untuk mengajar anak-anak tentang Tuhan. Kurikulum Sekolah Alkitab Liburan bisa bermacam-macam, tetapi kurikulum ini harus selalu berfokus pada kasih dan keselamatan yang ada di dalam Yesus Kristus. Sekolah Alkitab Liburan mungkin menjadi pengalaman pertama untuk anak datang dan mengenal tentang Tuhan. Banyak anak mungkin jarang ke gereja dan memerlukan kasih dan pengetahuan yang bisa didapatkan pada suatu program gereja. Kurikulum merupakan bagian yang sangat penting dari keselamatan bagi banyak anak-anak. Meskipun aktivitas keterampilan dan waktu istirahat adalah saat yang menyenangkan untuk setiap anak, namun pengetahuan dan pemahaman tentang Tuhan akan jauh lebih penting bagi a nak-anak yang mencari keselamatan melalui saat-saat yang menyenangkan bersama anak-anak yang lain. "Maka Yesus memanggil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka. Lalu berkata: 'Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.'" (Matius 18:2-3) (t/Kristin)

Kategori Bahan PEPAK: Program Khusus Anak

Sumber
Judul Artikel: 
Vacation Bible School Curriculum

Komentar