Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK

Kreasi Mengajarkan tentang Debora kepada Anak Sekolah Minggu


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 719 - Tokoh Alkitab: Debora (II)

Ditulis oleh: Davida

  1. Sebelum menceritakan tentang Debora dan melakukan berbagai aktivitas seputarnya, guru sekolah minggu harus melakukan persiapan terlebih dahulu dengan melakukan penggalian Alkitab seputar cerita Debora. Kisah tentang Debora diambil dari Hakim-Hakim 4-5. Anda dapat melakukan pendalaman Alkitab mengenai kisah Debora melalui situs Alkitab SABDA di URL alkitab.sabda.org/?Hakim-Hakim+4-5. Anda juga dapat membaca edisi e-BinaAnak 718 untuk membaca garis besar kitab Hakim-Hakim sehingga dapat memahami konteks besar kisah Debora. Anda dapat membaca arsip e-BinaAnak 718.
  2. Ceritakanlah kisah Debora kepada anak-anak setelah Anda melakukan persiapan dengan matang. Bacalah terlebih dahulu beberapa ayat dari Hakim-Hakim 4-5, yang akan menjadi penekanan Anda dari kisah Debora. Jangan mengajar sambil membaca buku pedoman cerita Alkitab. Peganglah hanya Alkitab di tangan Anda selama mengajar. Jika ada alat peraga yang harus Anda pegang, pastikan anak-anak mengetahui bahwa cerita Anda bersumber dari Alkitab. Anda dapat melihat pembahasan mengenai metode bercerita di sekolah minggu dalam arsip e-BinaAnak 040.
  3. Kegiatan-kegiatan untuk mendukung pemahaman cerita harus dilakukan sesudah cerita inti dari Alkitab disampaikan. Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk mendukung cerita tentang Debora.
    1. Untuk anak yang lebih kecil, Anda bisa bisa meminta mereka untuk melakukan kegiatan mewarnai. Anda bisa memilih salah satu dari dua halaman mewarnai di bawah ini. Anda juga bisa menggunakan bahan dari sumber yang lain.
    2. Untuk anak-anak yang lebih besar, Anda bisa membuat sebuah teka-teki silang sederhana. Idenya bisa Anda lihat di
      http://gardenofpraise.com/bibpuz12.htm .
      Silakan Anda mengadaptasinya untuk kelas Anda.
  4. Setelah Anda selesai menceritakan tentang kisah Debora, berikan bahan renungan untuk anak mengenai kisah Debora untuk dibaca anak-anak di rumah. Dorong anak untuk melakukannya bersama orangtua mereka. Anak dapat menceritakan kembali cerita hari Minggu itu kepada orangtuanya sehingga orangtua bisa menolong anak untuk memperdalam kebenaran firman Tuhan mengenai Debora di rumah. Ide untuk bahan renungan bisa Anda akses di
    http://ststephensheathsville.org/sermons/2008/nov/Children1116.pdf.
  5. Pengajaran firman Tuhan harus selalu kembali kepada inti utama Alkitab, yaitu tentang Kristus. Untuk cerita Debora, Anda bisa menutup cerita dengan pernyataan ini:

    Sebagai warga negara Indonesia, jika kita tidak taat kepada hukum yang berlaku di negara kita, kita akan diadili, dipenjara, dan dihukum. Ketika orang Israel melanggar hukum Allah, Allah (sebagai Penguasa orang Israel) menghukum mereka dengan berbagai hal, termasuk serangan dari musuh. Namun, Allah juga ada di tengah-tengah bangsa Israel ketika mereka bertobat dan berbalik kepada Allah. Hukum manusia tidak punya banyak cara untuk menghadapi penyesalan orang yang bersalah (mungkin ada keringanan hukuman jika berkelakuan baik seiring berjalannya waktu). Namun, Allah sangat mengasihi kita sehingga Ia mengutus Anak-Nya Yang Tunggal (Yesus Kristus) untuk membayar kesalahan-kesalahan umat-Nya dan memberikan pengampunan kepada umat-Nya.

Sumber bacaan:

  1. "Early Judges including Deborah". Dalam
    http://www.sundayschoolsources.com/lessons/OT/Judges/deborah.htm
  2. "Judges 4:1-5:31". Dalam
    http://www.calvary-kids-pages.com/Judges-Deborah.html

Kategori Bahan PEPAK: Metode dan Cara Mengajar

Komentar