Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Kesempatan Pelayanan Selama Liburan Sekolah


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Masa liburan adalah waktu untuk mengadakan kegiatan di luar ruangan -- untuk piknik, mendaki gunung, berenang, memasak bersama, atau berkemah. Masa liburan menawarkan banyak kesempatan istimewa bagi keluarga untuk menikmati waktu-waktu luang bersama. Banyak hal istimewa yang bisa dilakukan bersama keluarga, seperti menjelajahi alam atau daerah yang bahkan tidak tertera pada peta. Biasanya, suhu pada masa liburan sekolah [yang biasanya mengambil waktu pada bulan Juni -- Juli di Indonesia, Red.] akan sangat hangat, banyak sinar matahari dan cerah, sehingga memberikan kebebasan kepada kita untuk merancang kegiatan yang tidak mungkin dilakukan di musim penghujan.

Banyak psikiater, psikolog, pengajar, dan pemimpin gereja yang membahas masalah kehidupan keluarga. Sudah banyak dibahas bahwa hubungan keluarga yang baik dan kehidupan keluarga yang harmonis berperan penting dalam kebutuhan psikologi anak-anak dan remaja. Tidak ada waktu yang lebih baik daripada masa liburan sekolah untuk memiliki kegiatan khusus bersama keluarga, atau untuk mencoba hal-hal baru yang menunjukkan kepada orang-orang tercinta bahwa kita tertarik membangun hubungan khusus dengan mereka.

Pada masa liburan, sekolah minggu juga dapat mengembangkan kesempatan untuk melakukan penjangkauan. Jika kehidupan keluarga merupakan tempat yang penting dan diperlukan sebagai pusat untuk membangun masa dewasa yang sehat, gereja merupakan tempat yang lebih penting dan lebih vital lagi untuk hal tersebut. Anak-anak memiliki banyak waktu yang perlu diisi sepanjang liburan. Mereka terbebas dari tekanan pembelajaran dan aktivitas di sekolah. Terkadang, mereka bebas menggunakan waktu yang ada. Mereka mencari sesuatu untuk mengisi kekosongan jam-jam liburan mereka. Mereka pun menciptakan kesempatan untuk berkumpul dengan anak-anak lain dan melakukan pengalaman yang menarik, yang dapat menyalakan api imajinasi mereka sekaligus memberi jawaban bagi kebutuhan rohani mereka. Anak-anak maupun remaja, sedang mencari cara bagaimana mereka dapat berguna dalam melayani orang lain.

Beberapa sekolah minggu menyadari pentingnya Sekolah Alkitab Liburan (SAL) sebagai bagian dari pelayanan penjangkauan selama musim liburan sekolah. Mereka mengembangkan program tersebut untuk melakukan penjangkauan yang lebih luas lagi, bukan sekadar "sepekan kegiatan di gereja" yang merupakan program SAL tradisional. Contohnya antara lain, selama liburan sekolah, sebuah gereja "membawa" pelayanan sekolah minggu ke tengah-tengah lingkungan anak (bukan ibadah di gereja). Hal ini dilakukan karena ada beberapa anak yang tidak dapat ke sekolah minggu karena beberapa alasan. Perceraian, kekerasan pada anak, narkoba, dan amoralitas sedang dihadapi oleh anak-anak saat ini. Solusi dari semua tragedi tersebut ada dalam firman Tuhan. Hanya keselamatan yang dapat menyembuhkan dunia yang berdosa dan sakit ini. Sebagai pelayan anak, gunakanlah kesempatan liburan untuk menyaksikan Kabar Baik, bahwa ada sebuah jawaban bagi setiap anak, bahkan bagi semua orang, terhadap masalah yang mereka hadapi.

Masa liburan juga merupakan waktu yang tepat untuk merencanakan piknik sekolah minggu, ekspedisi bersepeda, mendaki gunung, aktivitas lain yang menyenangkan dan membangun persekutuan, serta yang terutama adalah kesempatan untuk menyaksikan Kabar Baik. Kegiatan penjangkauan selama liburan sekolah akan meningkatkan pelayanan Anda terhadap anak yang tidak aktif di sekolah minggu, dan mendorong rekan-rekan yang lain untuk menentukan sasaran-sasaran serupa. Kemudian, mari kita lihat bagaimana Tuhan memberkati pelayanan istimewa pada masa liburan sekolah tersebut. (t/Davida)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : SundaySchoolHelp.org
Alamat URL : http://www.sundayschoolhelp.org/SSA038.html
Judul asli artikel : Summer Opportunities
Penulis : Jan Cagno
Tanggal akses : 5 April 2012

Kategori Bahan PEPAK: Program Khusus Anak

Komentar