Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Kedudukan dan Fungsi Para Pembina


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

KERJA SAMA Pada saat kita mengambil bagian dalam pekerjaan pelayanan anak melalui sekolah minggu, kelompok penelitian Alkitab, kegiatan pekan sekolah minggu, atau pekerjaan pelayanan yang lain, adalah penting untuk diingat bahwa kerja sama di antara pembimbing adalah suatu hal yang indah sekali. Kerja sama tidak selalu merupakan hal yang mudah dilakukan. Jika Allah memanggil kita untuk suatu kerja sama, maka sudah barang tentu ada suatu persekutuan; persekutuan dengan Tuhan dan dengan sesama. Persekutuan

KERJA SAMA

Pada saat kita mengambil bagian dalam pekerjaan pelayanan anak melalui sekolah minggu, kelompok penelitian Alkitab, kegiatan pekan sekolah minggu, atau pekerjaan pelayanan yang lain, adalah penting untuk diingat bahwa kerja sama di antara pembimbing adalah suatu hal yang indah sekali. Kerja sama tidak selalu merupakan hal yang mudah dilakukan. Jika Allah memanggil kita untuk suatu kerja sama, maka sudah barang tentu ada suatu persekutuan; persekutuan dengan Tuhan dan dengan sesama.

Persekutuan merupakan bagian dari suatu jemaat. Adakah suatu sekolah minggu atau sebuah kelompok penelitian Alkitab yang bukan merupakan bagian dari jemaat Tuhan Yesus Kristus? Kerja sama dengan orang lain selalu menghendaki penyesuaian diri dan saling menerima antara satu dengan yang lain. Hal ini tidaklah semudah seperti apa yang terdapat dalam buku-buku teori berorganisasi, karena AKU tidak sama dengan DIA.

Adalah sangat menguntungkan bahwa kita memiliki perbedaan. Allah telah menciptakan kita seperti itu. Setiap orang memunyai karakter dan kepribadian serta karunianya sendiri, termasuk juga segala kelemahan dan kekurangannya.

Karunia-karunia Anda merupakan kemampuan Anda, bukan saja karunia yang ada sejak dari kandungan ibu, tetapi juga karunia yang terbentuk oleh situasi dan alam di mana anda berada, serta karunia yang berkembang dalam pendidikan anda.

Jadi, jika Anda menjadi anggota dari satu tim yang terdiri dari berbagai macam orang, maka berarti ada banyak kemungkinan. Anda boleh saja menjadi anggota dari suatu KESATUAN, walaupun terdapat perbedaan-perbedaan, seperti umur, pendidikan, latar belakang, kemampuan, jenis kelamin, atau pun status sosial. Yang terpenting adalah dasar kesatuan ini. Visi kesatuan ini tidak berbeda sedikit pun: "Allah tidak menginginkan satu saja dari anak-anak ini terhilang." Ini merupakan alasan dasar kerja sama kita.

TUJUAN

- Apa yang menjadi tujuan Allah melalui jemaat-Nya? (Efesus 4:116)

Ayat 1: "Sebab itu aku menasihatkan kamu, aku, orang yang dipenjarakan karena Tuhan, supaya hidupmu sebagai orang-orang yang terpanggil berpadanan dengan panggilan itu."

Apakah Anda mendengar suara panggilan untuk tugas itu? Atau Anda hanya mau menolong karena tidak ada orang lain yang bersedia untuk tugas tersebut? Saya berpikir bahwa panggilan Allah ialah tugas dari Allah bagi kita semua. Kita sama-sama terpanggil untuk menggenapi perintah-Nya.

- Jadi, kita harus hidup berpadanan dengan panggilan kita.

Ayat 2, 3: "Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam saling membantu dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera."

- Kita tidak boleh saling bermusuhan, tetapi kita harus hidup dalam damai, lemah lembut, dan sabar antara satu dengan yang lain.

Ayat 4: "Satu tubuh, dan satu Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam penggilanmu, satu Tuhan, satu iman, satu baptisan, satu Allah dan Bapa dari semua, Allah yang diatas semua dan oleh semua dan di dalam semua."

- Kesatuan percaya merupakan dasar pekerjaan pelayanan kita.

Ayat 7: "Tetapi kepada kita masing-masing telah dianugerahkan kasih karunia menurut ukuran pemberian Kristus."

- Kita tidak boleh iri hati antara satu dengan yang lain, yang memiliki karunia yang kurang atau lebih dari kita, itu merupakan karunia Allah.

Ayat 11: "Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar."

- Mengapa ada perbedaan kasih karunia dalam pelayanan?

Ayat 12, 13: "Untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus, sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus."

Jadi,tujuan Allah melalui jemaat-Nya ialah:

  1. memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan; dan
  2. mendirikan jemaat Kristus.

Sampai berapa lama kita harus melakukan pekerjaan pelayanan ini?

Sampai kita semua mencapai:

  1. kesatuan iman,
  2. pengenalan yang sempurna akan Tuhan Yesus,
  3. kedewasaan rohani, dan
  4. kepenuhan dalam Kristus.

Hal-hal inilah yang harus kita semua capai. Inilah arah kerja sama kita. Kita harus saling membangkitkan semangat. Para pengajar pandai mendidik. Para penginjil menjalin pesahabatan dengan anak-anak yang main-main di jalan. Para gembala memelihara kawanan domba. Ia melihat keperluan jika anak-anak membutuhkan perhatian khusus. Para rasul menyebarkan visi adalah keperluan untuk membawa Injil kepada anak-anak. Para nabi memperlihatkan kekayaan firman Allah serta pandai menceritakan hal itu kepada anak-anak. Kitab Roma 12:4-8 menyatakan beberapa tugas lain yang juga penting dalam Tubuh Kristus, seperti: memberi pimpinan, menunjukkan kemurahan, melayani, dan sebagainya. Tetapi semua itu harus dilakukan dengan sukacita.

MELATIH PERSEKUTUAN

Persekutuan dilatih dengan cara bersama-sama:

  • berdoa,
  • menyusun rencana kerja, dan
  • memecahkan persoalan.

Yang olehnya kita saling mengenal dan menerima satu sama lain.

Berdoa bersama merupakan bentuk dasar persekutuan. Kalau kita membentuk suatu persekutuan anak-anak bersama-sama, maka kita harus memberikan ruang dan waktu supaya persekutuan itu bersama-sama diangkat ke hadirat Allah. Berdoa bersama-sama untuk anak-anak, untuk kita masing-masing, untuk kerja Roh Kudus (Matius 18:20). Waktu yang paling tepat untuk berdoa bersama ialah sebelum anak-anak berdiri di depan pintu. Kita tidak bisa berdoa dengan tenang kalau anak-anak sudah mulai ramai di luar ruangan. Pada saat itu, kita harus sedia untuk mereka saja.

RENCANA KERJA

Kalau kita mau mencapai suatu tujuan, maka kita harus lebih dahulu memulainya dengan perencanaan yang matang. Apakah yang akan kita berikan kepada anak-anak dalam bulan-bulan yang akan datang? Cerita-cerita manakah akan dipilih dari Alkitab? Patokan hidup yang bagaimanakah yang akan kita berikan kepada anak-anak? Bagaimanakah kita melaksanakan sesuatu? Siapakah yang akan bertanggung jawab untuk setiap hal tersebut? Perencanaan yang baik adalah sangat penting, supaya kita bisa menentukan arah perjalanan dan masa depan bagi organisasi kita ini. Kalau tidak, tentu jam persekutuan tidak ada hubungannya antara satu sama lain. Pilihlah suatu waktu tertentu untuk bersama-sama membuat rencana kerja demi persiapan pelayanan kita. Carilah kesempatan untuk saling mengenal satu dengan yang lain.

PEMECAHAN PERSOALAN

Perhatikanlah apa yang telah terjadi pada waktu yang baru saja berlalu, apakah hal itu berjalan sesuai dengan rencana kerja? Apakah ada suatu kekurangan? Apakah suasana dalam pertemuan anak-anak itu menggembirakan atau membosankan? Adakah anak-anak yang menghadapi persoalan-persoalan tertentu? Apakah yang bisa kita perbuat untuk memecahkan persoalan-persoalan tersebut dan bagaimana jalan keluar yang paling tepat? Ini merupakan suatu bentuk dalam melatih persekutuan.

LANDASAN KERJA

Jika Tuhan begitu besar sehingga Ia bisa mengubah kehidupan saya, maka terlebih lagi Ia sanggup mengubah kehidupan teman saya! Landasan untuk persekutuan kita ialah visi bersama kita. Kita harus meletakkan percaya kita akan:

  • kasih Allah,
  • anugerah Allah, dan
  • kuasa Allah.

Ini merupakan tiang-tiang penopang yang bisa menunjang pekerjaan pelayanan kita. Kita boleh melakukan apa saja yang bisa kita lakukan. Tuhan memerintahkan kita untuk melayani dengan semua talenta kita. Tetapi kita juga akan melihat bahwa hal itu merupakan pekerjaan Tuhan sendiri, dan bahwa berkat Tuhan turun atas pekerjaan pelayanan tersebut. Kita akan menyaksikan anak-anak yang tadinya tertutup, sekarang terbuka di hadapan Tuhan dan bertumbuh serta berbuah lebat. Kalau kita bekerja sama dengan cara semacam ini, maka kita akan melihat bahwa kita tumbuh bersama dalam kasih akan Allah.

Ayat 15: "Tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh didalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala."

AKU TIDAK TAHU APAKAH AKU BISA .... MARI KITA LAKUKAN BERSAMA!

HASIL

Peraturan hidup alkitabiah merupakan tata cara hidup yang bernilai tinggi. Hal ini menuntut ketaatan diri dan memberi semangat untuk mengasihi sesama. Pengalaman hidup seorang anak kecil membawa pengaruh besar dalam kehidupan anak itu pada masa-masa selanjutnya, entah itu baik atau buruk. Kalau kita membawa anak-anak kecil kepada Tuhan Yesus, maka mereka akan belajar mengenal Tuhan dan membandingkan tingkah laku mereka dengan aturan dan kehendak Allah. Mereka mendapat kesempatan terbaik untuk menjadi orang Kristen yang sejati.

ANAK-ANAK YANG PERCAYA

Kebanyakan orang tidak begitu percaya akan kehidupan rohani seorang anak kecil. Mengapa tidak? Charles H. Spurgeon, seorang pengkhotbah terkenal, meluangkan banyak waktu bersama anak-anak. Ia berkata: "Secara garis besar, aku lebih menaruh percaya akan kehidupan rohani seorang anak kecil dalam jemaat di gerejaku daripada kehidupan rohani seorang anggota dewasa. Aku biasa menemukan suatu pengenalan yang lebih jelas akan Injil serta suatu perasaan kasih akan Juru Selamat yang lebih hangat pada anak-anak yang percaya daripada orang Kristen dewasa."

Alkitab memberikan banyak keterangan tentang anak-anak yang percaya. Tuhan Yesus sendiri berkata: "... sambutlah Kerajaan Allah seperti seorang anak kecil." (Markus 10:15; Matius 18:3)

"Apakah" kita harus membawa berita Injil kepada anak-anak bukan lagi merupakan pertanyaan. Yang menjadi pokok perhatian kita ialah: "bagaimana?"

Kategori Bahan PEPAK: Guru - Pendidik

Sumber
Judul Buku: 
Petunjuk untuk Pengasuh Sekolah Minggu
Pengarang: 
Tim Penulis Foundation Child & World/Yayasan Pekerjaan Pelayanan Anak Timotius
Halaman: 
6 -- 8
Penerbit: 
Foundation Child & World/Yayasan Pekerjaan Pelayanan Anak Timotius

Komentar