Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Katakan Pada Tuhan Bagaimana Perasaanmu


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Dalam menghadapi anak yang sering merasa khawatir, harus terus ditanamkan bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkan mereka. Mengajarkan kepada anak bahwa mereka bebas berbicara kepada Tuhan mengenai perasaan mereka, merupakan cara yang baik. Berikut hal-hal yang dapat Anda beritahukan kepada anak-anak layan Anda apa saja yang bisa mereka sampaikan kepada Tuhan. "Lesu aku karena mengeluh; setiap malam aku menggenangi tempat tidurku, dengan air mataku aku membanjiri ranjangku. Mataku mengidap karena sakit

Dalam menghadapi anak yang sering merasa khawatir, harus terus ditanamkan bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkan mereka. Mengajarkan kepada anak bahwa mereka bebas berbicara kepada Tuhan mengenai perasaan mereka, merupakan cara yang baik. Berikut hal-hal yang dapat Anda beritahukan kepada anak-anak layan Anda apa saja yang bisa mereka sampaikan kepada Tuhan.

"Lesu aku karena mengeluh; setiap malam aku menggenangi tempat tidurku, dengan air mataku aku membanjiri ranjangku. Mataku mengidap karena sakit hati, rabun karena semua lawanku." (Mazmur 6:6-7)

Berikan anak Anda keyakinan bahwa Allah tidak pernah terguncang atau terkejut mendengar apa yang dikatakan anak Anda pada-Nya. Biarkan anak Anda tahu ia bisa jujur sepenuhnya kepada Tuhan dan menyatakan apa saja yang ada di hatinya. Anak anda bisa mengatakan pada Tuhan ketika:

- Bertanya-tanya mengenai kehidupan.

Allah senang mendengar pertanyaan anak Anda. Ia akan menemukan cara untuk menjawabnya. Seorang teman kecil saya pernah bertanya pada Tuhan dalam doa, "Dan Tuhan, saya ingin tahu -- apakah ulat suka keju?"

- Gelisah atau cemas.

Anak-anak bisa khawatir. Anak-anak juga bisa sakit maag. Melalui doa, anak Anda bisa mengalami damai sejahtera dari Allah.

"Tolong agar saya tidak takut, Tuhan, dalam menghadapi masa depan saya. Penuhi hati saya dengan damai sejahtera-Mu."

- Marah.

Lebih baik berdoa daripada mengomel! Kemarahan reda ketika anak Anda berdoa dan menyerahkan keadaan pada Tuhan.

"Saya marah dan kesal soal ini, Tuhan. Bebaskan saya dari rasa marah ini, dan saya percaya Engkau akan mengurus keadaan ini."

- Gembira.

Allah ingin tahu segembira apa anak Anda ketika ia memenangkan sesuatu, atau menerima pujian yang baik, atau berhasil dalam suatu hal yang ia coba lakukan. Allah senang melihat keberhasilan anak Anda seperti halnya Anda sebagai orang tua.

"Bapa di surga, terima kasih untuk hal indah yang terjadi pada saya hari ini. Saya tahu Engkau merencanakannya untuk saya!"

- Sedih.

Apakah anak Anda memikul beban kesedihan yang dalam? Apakah ia ditolak? Apakah ia kecil hati karena berulang kali gagal? Dorong dia untuk berpaling pada Tuhan dalam doa dan menyatakan perasaannya pada Tuhan.

"Bapa di surga, keadaan ini membuat saya sangat sedih hingga saya ingin menangis sepanjang waktu. Tolong sembuhkan hati saya yang luka dan angkat rasa nyeri yang saya rasakan ini. Tunjukkan apa yang bisa saya lakukan untuk memperbaiki keadaan ini."

Ajari anak Anda bahwa ia bisa memercayai Allah untuk hal-hal yang bahkan tidak bisa diceritakan pada sahabatnya. Allah bisa dan akan menyimpan rahasia anak Anda, Ia bisa dan akan mengampuni setiap dosa yang diakui anak Anda pada-Nya, Ia bisa dan akan bertindak untuk anak Anda. Berdoa untuk menyatakan perasaan membantu anak Anda mengembangkan hubungan "percakapan" sesungguhnya dengan Tuhan. Anak Anda akan tahu apa artinya "berjalan dengan-Nya dan berbicara dengan-Nya" setiap hari.

Kategori Bahan PEPAK: Sudut untuk Anak

Sumber
Judul Artikel: 
Katakan pada Tuhan Bagaimana Perasaan Anda
Judul Buku: 
52 Cara Sederhana Mengajar Anak Anda Berdoa
Pengarang: 
Roberta Hromas
Halaman: 
131 -- 133
Penerbit: 
Interaksara
Kota: 
Batam
Tahun: 
1999

Komentar