Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Hadiah Natal Untuk Anak, Perlukah?


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Bagi anak-anak, Natal sama artinya dengan bergembira berkumpul dengan keluarga, berpesta, dan berbagi hadiah. Tapi haruskah Natal selalu identik dengan memberikan hadiah atau kado pada anak-anak?

Ada kado Natal atau tidak, Natal tetaplah Natal. Namun di sisi lain, memberi kado Natal pada anak-anak ternyata memberikan kebahagiaan serta kepuasan sendiri di hati para orangtua. Apalagi saat Anda menyaksikan kegembiraan anak-anak saat mencari kadonya yang diletakkan di bawah pohon Natal.

Namun, agar esensi Natal yang sesungguhnya lebih terasa, lebih baik tekankan pada anak dari awal, bahwa pemberian kado Natal ini merupakan hadiah untuknya karena selama setahun ini ia telah bertingkah laku baik. Namun awas, jangan sampai karena kado Natal ini kelak menjadikan anak "si tukang tagih"; artinya dia akan menagih kado dari orangtuanya setiap kali merayakan Natal.

Belajar Saling Memberi

Natal bisa menjadi saat yang tepat bagi orangtua untuk mengajari anak banyak hal. Natal bukan masalah kado, makanan, baju baru, atau pesta. Ada makna lain yang yang harus ditanamkan pada anak, yaitu saling berbagi, rasa mengasihi dan menghargai. Misalnya, jika selama ini anak selalu mendapatkan kado Natal, maka kini saatnya ia memberikan kado Natal untuk teman yang kurang mampu. Siapa yang harus diberi bisa siapa saja, termasuk anak-anak yang tidak seiman.

Anak tidak harus mengeluarkan uang untuk memberikan kado Natal. Mainan atau barangnya yang sudah lama tapi masih bagus dan layak juga bisa diberikan. Pemahaman ini mungkin sulit dimengerti oleh anak, karena yang ia berikan merupakan barang miliknya yang ia sayangi. Tapi percayalah, menanamkan rasa empati, kepedulian, dan rasa sayang pada orang lain yang ditanamkan sejak dini akan berdampak hingga ia dewasa nanti.

Ajari Anak Bersyukur

Jika di tahun ini ia menerima banyak kado dari orang-orang yang disayanginya, ajarilah dia cara bersyukur. Meskipun bersyukur harus dilakukan setiap waktu tanpa harus menunggu Natal datang. Tapi setidaknya pada Natal kali ini ia dapat belajar menjadi anak yang penuh dengan rasa terima kasih. Tidak hanya pada orang-orang yang disayanginya, tapi juga pada Tuhannya.

Pilih-Pilih Kado Untuk Anak

Boleh memberikan kado Natal untuk anak bukan berarti Anda harus membelikan anak Anda barang yang mahal dan mewah. Hal terpenting adalah sesuaikan dengan bujet Anda dan pilihkan sesuatu yang berguna untuknya. Permainan edukatif yang bisa mengembangkan kognisi atau kreativitas anak bisa menjadi pilihan. Namun lebih baik lagi, jika anak diajak kompromi mengenai kado yang ia inginkan. Jika ia menginginkan alat musik, maka Anda boleh memilihkannya sesuai dengan usianya.

Diambil dan disunting seperlunya dari:

Nama situs : Conectique.com
Judul artikel : Hadiah Natal untuk Anak, Perlukah?
Alamat URL : http://www.conectique.com/tips_solution/parenting
Tanggal akses : 31 Agustus 2010

Kategori Bahan PEPAK: Perayaan Hari Raya Kristen

Komentar