Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Gembalakanlah Domba-Domba-Ku


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Ide pelajaran: Jelaskan kepada anak-anak bahwa saat Anda pergi, Anda memercayakan hewan peliharaan Anda kepada orang lain untuk dirawat dan dijaga. Jelaskan betapa Anda mencintai hewan peliharaan Anda, dan apa yang harus anak-anak lakukan seandainya Anda memercayakan hewan peliharaan itu kepada mereka. Katakan kepada anak bagaimana Tuhan Yesus meminta Petrus untuk "menggembalakan" domba-domba-Nya sebelum Dia naik ke surga. Sebagai domba-domba Yesus, doronglah anak-anak untuk memikirkan cara-cara agar mereka dapat "menjaga" satu sama lain.

Alat peraga: Peralatan untuk mengurus binatang peliharaan (contoh: mangkuk makanan, mangkuk minuman, sabun, handuk, obat-obatan, tali, sisir, dan sebagainya yang ada di rumah Anda/pinjam dari rekan yang lain).

Pelajaran: Gembalakanlah Domba-Domba-Ku -- Jagalah Domba-Domba-Ku

Selamat pagi anak-anak! Berapa banyak dari kalian yang memiliki hewan peliharaan? Teman saya memunyai anjing yang sangat istimewa. Dia sangat mencintai anjingnya (Jika Anda punya hewan peliharaan, Anda juga bisa menceritakan tentang hewan peliharaan Anda. Red,). Berikut ini adalah hal-hal yang teman saya lakukan untuk merawat anjingnya tersebut (Tunjukkan barang-barang yang sudah Anda siapkan sebelumnya). Dengan sisir ini, dia menyisir rambut anjingnya agar selalu halus. Makanan dan minumannya ditaruh dalam mangkuk-mangkuk yang sudah disediakan. Berikutnya adalah sabun, yang digunakan untuk memandikan anjing tersebut. Anjing tersebut sangat istimewa sehingga teman saya menunjukkan cintanya dengan memerhatikan semua kebutuhannya.

Suatu hari, teman saya harus pergi ke luar kota. Dia pun menitipkan anjingnya ke tetangga yang suka dengan binatang. Teman saya memberitahukan tentang cara merawat anjingnya dan semua kebiasaan anjingnya ke tetangga yang akan menjaga anjingnya tersebut. Tidak lupa, teman saya juga memberikan tali kepada tetangganya, agar setiap hari anjingnya dibawa berjalan-jalan keliling kompleks. Teman saya ingin memastikan ke tetangganya bahwa dia merawat anjingnya dengan sangat istimewa!

Dalam bacaan Alkitab hari ini, yaitu dari Injil Yohanes, Yesus berkata kepada Petrus, "Gembalakanlah domba-domba-Ku." Yesus tidak berbicara tentang jenis domba yang berbulu tebal dan memiliki suara "mbeeekkk ... mbekkkk ... mbekkkk ...." Menurutmu, siapakah domba-domba itu, sampai Tuhan Yesus meminta agar Petrus memelihara/menjaga mereka? Benar! Dia berbicara tentang para pengikut-Nya. Ketika Yesus berbicara tentang "domba-domba-Ku", Ia berpikir tentang orang-orang yang mengikuti-Nya dan mencintai-Nya. Mereka adalah orang-orang seperti kalian dan saya.

Jika kita adalah pengikut Tuhan Yesus, kita adalah bagian dari kawanan domba tersebut. Tuhan Yesus akan kembali ke rumah-Nya di surga. Ia ingin memastikan bahwa Petrus akan menggembalakan domba-domba-Nya, yaitu orang-orang yang mencintai dan mengikuti Tuhan Yesus. Tuhan Yesus ingin tahu bahwa domba-domba-Nya diberi "makan" dan "dipelihara" oleh Petrus dan oleh pemimpin-pemimpin gereja setelah Petrus.

Pendeta kita adalah pemimpin seperti Petrus. Pekerjaannya adalah untuk menggembalakan kita, memberikan makanan rohani, dan membawa kita ke arah yang benar sesuai kehendak Tuhan Yesus. Bahkan, kita semua perlu melakukan hal yang sama untuk menjaga satu sama lain. Jika kita adalah domba Tuhan Yesus, bagaimana kita bisa merawat satu sama lain? (Biarkan anak-anak merespons) Ya! Banyak ide yang bagus dalam setiap jawaban kalian. Oleh karena itu, mari kita selalu melakukan apa yang kita bisa untuk mengurus satu sama lain. Hal tersebut juga merupakan sesuatu yang Tuhan Yesus ingin kita lakukan.

Doa: Tuhan Yesus, tolonglah kami untuk dapat merawat setiap binatang peliharaan kami dengan baik. Tolonglah kami, sebagai domba-domba-Mu, untuk dapat "menjaga" dan "memerhatikan" satu sama lain, seperti yang sudah Tuhan Yesus perintahkan kepada Petrus. Dalam nama Tuhan Yesus, Amin! (t/Davida)

Diterjemahkan dan disunting dari:

Nama situs : Free Children's Sermons and Object Lesson
Alamat URL : http://www.sundaychildrensfocus.com/index.php/childrens-sermon-feed-my-sheep.html
Judul asli artikel : Feed my Sheep – Take care of my sheep
Penulis : Andrew Hewlett
Tanggal akses : 14 Januari 2013

Kategori Bahan PEPAK: Kurikulum - Pedoman Mengajar

Komentar