Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Gembalakanlah Anak-Anak Domba-Ku


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Sumber Cerita dalam Alkitab:

Yohanes 21

Referensi:

Mazmur 23, Matius 7:15-23, dan Kisah Para Rasul 20:28-30

Tujuan:

Anak-anak belajar bahwa mereka harus mengikut Yesus.

Ayat Hafalan:

"Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya." (Efesus 2:10)

Pendahuluan: Merawat Domba

  1. Menurutmu, siapakah yang bertugas mengurus domba-domba? (Gembala)

  2. Siapa yang mengurus domba? (Seorang gembala)

  3. Apa saja yang harus dilakukan gembala untuk merawat domba-dombanya? (Terimalah beberapa jawaban dari anak-anak!)

  4. Apakah gembala harus memastikan ada makanan dan minuman bagi domba-dombanya? (Ya. Baca Mazmur 23:2)

  5. Bagaimana kita menyebut orang-orang yang mengurus domba-domba Allah di gereja? (Pendeta)

Cerita: Peliharalah Anak-Anak Dombaku

Petrus adalah salah satu murid Yesus, tetapi setelah Yesus naik ke surga, Petrus menjadi seorang pendeta dari gereja di Yerusalem. Yesus tahu Petrus akan memimpin gereja, jadi sebelum Dia pergi, Dia berbicara dengan Petrus tentang hal itu.

Yesus dan murid-murid-Nya duduk di dekat Laut Galilea untuk sarapan. [Baca Yohanes 21:15-18, berhentilah setelah Yesus mengatakan "Gembalakanlah domba-domba-Ku" terakhir kali.] Apakah Yesus memiliki kawanan domba yang sebenarnya dan Ia ingin Petrus memelihara domba-domba-Nya itu? (Tidak) Jadi, apa yang Yesus bicarakan? (Orang-orang) Orang-orang yang mengasihi Yesus dan mengikuti-Nya. Yesus mengatakan bahwa Petrus akan memimpin gereja.

Fokus: Memimpin Domba Allah

Menurutmu, mengapa Yesus menanyakan hal yang sama kepada Petrus sebanyak 3 kali? Apakah kamu berpikir bahwa Yesus ingin Petrus terus mengingat hal ini? Ini penting. Gembalakanlah domba-domba-Ku (memberi makan domba-domba Allah). Dengan apa Petrus harus memberi makan domba-domba Allah? Dengan masak makaroni atau memberikan mereka keju? Mungkin ikan? Atau daging? (Tidak!) Petrus harus memberi mereka makan dengan mengajarkan firman Tuhan sehingga mereka akan bertumbuh di dalam Yesus.

Menurutmu, apakah Petrus juga harus melindungi gereja dari "binatang liar"? Serigala dan singa? Alkitab menyebut guru palsu sebagai serigala karena mereka datang ke gereja tampak seperti kita, berpura-pura menjadi pengikut Tuhan. Seperti serigala berpura-pura menjadi domba, tetapi kemudian mereka mencoba "mencuri" orang dan menjauhkan orang itu dari Allah. Mereka mengajarkan hal-hal yang bukan dari Alkitab, hal-hal yang tidak benar. Dan, Alkitab menyebut Setan sebagai singa yang mengaum, mencari untuk melihat siapa yang bisa dilahapnya. Ia juga ingin mengambil domba Allah. Jadi, seorang pendeta, sebagai gembala domba Allah, harus melindungi kita dari hal-hal tersebut dengan mengajarkan firman Tuhan agar kita tidak tersesat.

Transisi: Mengikuti

Menurutmu, mengapa pendeta harus mengajarkan firman Tuhan kepada kita? Bolehkah kita hanya duduk saja dan tidak perlu memerhatikan? (Tidak!) Dapatkah kita mengisi kepala kita dengan pengetahuan dan tidak pernah menggunakannya? (Tidak) Apakah gereja hanya merupakan sebuah tempat untuk bertemu dan bermain dengan teman-teman kita? (Tidak) Apa yang harus harus kita lakukan? Kita harus mengikuti ajaran Allah.

Efesus 2:10 adalah ayat hafalan untuk hari ini: "Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya." Mengapa Allah melakukan banyak perbuatan baik bagi kita sebelumnya? Apakah agar kita tidak bisa/tidak perlu melakukannya? (Tidak! Justru agar kita bisa melakukannya.) Mengikut Tuhan bukan hanya tentang pergi ke gereja seminggu sekali. Ini tentang melakukan. Ini tentang bagaimana kita menjalani kehidupan kita setiap hari, melakukan hal-hal yang Allah ajarkan kepada kita dalam Alkitab.

Pikirkanlah hal-hal lain dalam hidupmu yang Tuhan ingin kamu lakukan, selain pergi ke gereja. [Terima beberapa jawaban. Kemungkinan: berdoa, mempelajari Alkitab, memberikan uang, memberi tahu orang lain tentang Yesus, merawat orang tua kita ketika mereka sudah tua, dsb..]

Semoga hari ini kamu telah belajar atau mengingat apa arti mengikuti Gembala yang Baik. Kita semua harus melakukan pekerjaan Tuhan. Bukan hanya pendeta.

Undangan: Dedikasi

Ajaklah beberapa anak yang ingin mengikut Tuhan untuk tinggal setelah pelajaran selesai dan berdiskusilah dengan mereka.

Diterjemahkan dan disunting dari:

Nama situs : Free Bible School Materials
Judul artikel asli : Feed My Sheep
Penulis : Tidak dicantumkan
Alamat URL : http://bibleschoolmaterials.blogspot.com/2007/04/feed-my-sheep-teen-version
Tanggal akses : 15 Desember 2012

Kategori Bahan PEPAK: Kurikulum - Pedoman Mengajar

Komentar