Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

FAQ PEPAK


Frequently Asked Questions, pertanyaan-pertanyaan yang cukup sering ditanyakan, dirangkum di halaman ini dalam bentuk tanya jawab. Tersedia tanya jawab untuk PEPAK, e-BinaAnak, dan e-BinaGuru. Bila ternyata masih ada pertanyaan lain yang ingin Anda tanyakan, silakan kontak Tim PEPAK.

PEPAK

Apakah arti PEPAK ?

PEPAK adalah singkatan dari Pusat Elektronik Pelayanan Anak Kristen. PEPAK juga merupakan sebuah kata yang dikenal dalam bahasa Jawa yang artinya lengkap atau komplit.

Apakah itu Situs PEPAK?

Situs PEPAK adalah sebuah situs yang dibangun untuk menjadi pusat informasi pelayanan anak online yang paling lengkap bagi masyarakat Kristen Indonesia, terkhusus bagi para Guru Sekolah Minggu dan para pelayan anak untuk mendapatkan berbagai bahan dan informasi yang berguna bagi pelayanan mereka.

Situs PEPAK merupakan salah satu perwujudan dari visi besar untuk memajukan dan mengembangkan pelayanan anak Kristen Indonesia melalui pelayanan elektronik. Selain lewat pelayanan web/situs PEPAK terdapat juga pelayanan lewat milis, yaitu Milis Publikasi e-BinaAnak dan Milis Diskusi e-BinaGuru yang tergabung dalam visi besar ini.

Bahan apa saja yang bisa Anda dapatkan dalam Situs PEPAK?

Sebagai situs pelayanan anak yang paling lengkap, maka Situs PEPAK menyediakan berbagai bahan yang sangat bermanfaat, di antaranya:

  1. Berbagai artikel yang telah dibagi dalam topik-topik yang sangat lengkap, mulai dari teori tentang pelayanan anak, khususnya Sekolah Minggu, sampai pada hal-hal praktis tentang mengajar.
  2. Bahan-bahan Renungan, khususnya untuk guru dan pelayan Tuhan.
  3. Bahan-bahan mengajar yang dapat dipakai guru untuk disampaikan bagi anak-anak, sesuai dengan topik pembahasan.
  4. Kesaksian dari guru-guru juga tersedia untuk saling berbagi beban.
  5. Berbagai tips, khususnya dalam mengajar yang dapat menjadi inspirasi untuk memperbaiki dan mengembangkan cara mengajar guru.
  6. Tersedia juga buku-buku pelayanan Sekolah Minggu yang dapat dibaca secara online.
  7. Bahan-bahan seminar guru dan pelayanan anak juga akan menolong guru dalam menambah pengetahuan.
  8. Berbagai aktivitas disediakan agar guru dapat mengembangkannya menjadi aktivitas yang menarik bagi anak.
  9. Selain untuk guru terdapat juga bahan-bahan untuk anak, misalnya renungan, artikel, permainan, lagu-lagu, dll.
  10. Juga semua arsip Publikasi e-BinaAnak dan e-BinaGuru dapat dijumpai di Situs ini.
  11. Alamat-alamat situs lain untuk sumber-sumber informasi tentang pelayanan anak lainnya, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.
  12. Dan masih ada banyak lagi bahan lain di Situs PEPAK yang tidak dapat kami sebut satu persatu.

Apakah bedanya antara Topik dan Tipe Bahan?

Tipe bahan adalah pengelompokkan semua jenis tulisan yang ada dalam Situs PEPAK. Misalnya: Buku, Artikel, Bahan Mengajar, Tips, Kesaksian, Renungan, Permainan, dll,

Topik adalah pengelompokan tema-tema tertentu dari bahan-bahan yang ada dalam Situs PEPAK. Misalnya: tentang Guru, tentang Anak, tentang Administrasi Sekolah Minggu, tentang Metode Mengajar, tentang Natal, tentang Doa dll.

Apakah itu Sudut untuk Anak?

Sudut untuk Anak adalah bagian dalam Situs PEPAK yang menyajikan bahan-bahan yang ditujukan untuk anak. Bahan-bahan tsb. diantaranya adalah: cerita Alkitab untuk anak, renungan untuk anak, wacana untuk anak, dan lain-lain.

Darimana bahan-bahan dalam Situs PEPAK didapatkan?

Bahan-bahan dalam Situs PEPAK didapatkan dari berbagai sumber dan dengan ijin. Sebagian dari bahan yang terdapat dalam Situs PEPAK adalah dari arsip-arsip Milis Publikasi e-BinaAnak dan Forum Diskusi e-BinaGuru. Sebagian bahan yang tidak memiliki sumber khusus adalah tulisan yang dibuat oleh Staf Redaksi yang dapat dipertanggungjawabkan.

Apakah PEPAK menjual buku-buku rohani pelayanan anak?

Situs PEPAK tidak melakukan penjualan barang apapun, termasuk buku-buku rohani. Situs PEPAK secara khusus hanya melayani penyediaan bahan dan informasi tentang pelayanan anak secara online dan gratis!

Apakah diperkenankan mengutip tulisan-tulisan di Situs PEPAK?

Pengunjung Situs PEPAK diperkenankan untuk mengambil (mengutip) bahan/tulisan-tulisan yang ada di situs PEPAK, dan gratis, tidak, dipungut biaya. Namun ada persyaratan yang perlu ada ketahui sebelum anda mengutipnya, yaitu:

  1. Anda harus mencantumkan alamat Situs PEPAK sebagai sumber dari artikel/tulisan yang anda ambil tersebut.
  2. Selain itu anda juga harus mencantumkan nama/judul buku/penerbit dari sumber asli dari tulisan tersebut (jika ada).
  3. Ketika anda mengutip, mohon anda melakukannya dengan bertanggung jawab, yaitu anda harus mengambil seluruh bahan (misalnya anda mengambil sebuah artikel, anda harus mengutipnya secara utuh, mohon untuk tidak diambil sepotong-sepotong.
  4. Dalam mengutip harap anda tidak mengubah isi dari tulisan tsb. Mohon diambil apa adanya dengan mencantumkan sumbernya.

Bagaimana menghubungi Tim PEPAK?

Bila ingin menghubungi Tim PEPAK, silakan anda menulisnya lewat email ke:pepak@sabda.org

Bagaimana cara berpartisipasi dalam pelayanan di Situs PEPAK?

Anda dapat berpartisipasi dalam pelayanan di Situs PEPAK dengan cara:

  • Mendukung dalam doa agar Tuhan memakai situs ini bagi kemajuan pekerjaan Tuhan dan kemuliaan nama-Nya.
  • Menyebarkan informasi mengenai Situs PEPAK ini kepada rekan-rekan pelayanan lain, baik secara pribadi maupun jalur umum (buletin gereja, milis, dll.).
  • Mengirimkan bahan-bahan bermutu yang berguna untuk dimasukkan dalam Situs PEPAK ke alamat: pepak@sabda.org
  • Memberikan saran, ide maupun kritik yang membangun bagi kemajuan perkembangan Situs PEPAK.
  • Memberikan informasi-informasi lain yang berguna untuk diumumkan di Situs PEPAK (alamat URL dan lembaga pelayanan anak dll.)

e-BinaAnak

Apakah itu e-BinaAnak?

Milis Publikasi e-BinaAnak ini adalah buletin mingguan yang diterbitkan oleh YLSA (Yayasan Lembaga SABDA) dan dipublikasikan melalui sistem I-KAN (Internet-Komputer Alkitab Network). Dalam buletin ini disajikan bahan-bahan yang berupa artikel, renungan, bahan mengajar, tips mengajar, kesaksian guru dan bahan-bahan lain yang dapat dipakai oleh guru-guru Sekolah Minggu dan mereka yang terbeban dalam pelayanan anak untuk dapat mengajar dan melayani dengan lebih baik.

Apa manfaat yang bisa Anda dapatkan bila berlangganan e-BinaAnak?

Melalui bahan-bahan yang disajikan dalam Milis Publikasi e-BinaAnak (seperti: artikel, renungan, bahan mengajar, tips mengajar, kesaksian, permainan, dll.) diharapkan guru-guru Sekolah Minggu dan mereka yang terlibat dalam pelayanan anak dapat :

  1. memperluas wawasan dunia pelayanan anak Kristen.
  2. memperkaya pengetahuan baik tentang anak-anak yang dilayani maupun tentang bagaimana menjadi guru yang baik.
  3. memperdalam komintmen untuk melayani sebagai guru Sekolah Minggu.
  4. mengetahui informasi tentang berbagai bidang pelayanan anak.
  5. mempelajari berbagai metode mengajar dan tips mengajar.
  6. membuat alat-alat peraga sendiri.
  7. memperkaya bahan-bahan mengajar dan kegiatan untuk anak.
  8. berbagi pengalaman dengan guru Sekolah Minggu lain melalui ruang kesaksian.
  9. dan masih banyak manfaat lain-lain.

Bagaimana cara berlangganan publikasi e-BinaAnak? Apakah gratis?

Untuk berlangganan Publikasi e-BinaAnak tidak akan dipungut biaya apapun juga, (gratis!). Caranya, silakan Anda mengirim email kosong (tidak perlu diisi surat) ke alamat: subscribe-i-kan-BinaAnak@xc.org.

Bagaimana berpartisipasi dalam pelayanan di e-BinaAnak?

Anda bisa berpartisipasi dalam pelayanan e-BinaAnak dengan cara:

  • Mendukung dalam doa untuk semua yang terlibat dalam Publikasi e-BinaAnak.
  • Menyebarkan informasi mengenai publikasi e-BinaAnak ini kepada rekan-rekan pelayanan lain, baik secara pribadi, maupun jalur umum (buletin gereja, milis, dll.).
  • Membagikan bahan-bahan bermutu yang berguna untuk diterbitkan di e-BinaAnak. Untuk itu silakan kirimkan ke alamat redaksi: submit-BinaAnak@sabda.org
  • Memberikan saran, ide maupun kritik yang membangun bagi perkembangan e-BinaAnak lebih lanjut.
  • Memberikan informasi-informasi lain yang berguna untuk diumumkan bagi guru-guru Sekolah Minggu yang lain (acara seminar guru Sekolah Minggu, KKR Anak, dll.)

e-BinaGuru

Apakah itu e-BinaGuru?

Milis Diskusi e-BinaGuru adalah wadah informasi dan komunikasi bagi para Pembina dan Pelayan Anak, khususnya para Guru Sekolah Minggu. Melalui Milis ini diharapkan anggota yang bergabung dapat saling berbagi beban dan pengalaman dalam mengelola Pelayanan Anak, sehingga setiap anggota e-BinaGuru dapat saling menolong dan mendorong untuk semakin giat memenangkan anak-anak bagi Kristus.

Apa manfaat yang didapatkan bila bergabung dengan milis e-BinaGuru?

  • Saling membangun dalam iman serta menambah wawasan. Diangkatnya berbagai topik diskusi yang menyorot berbagai isu dalam dunia anak seperti: pengaruh media / tokoh film, cara memperlakukan anak di kelas, pro dan kontra pemberian PR pada anak, dsb) akan mendorong Anda untuk makin kritis dan bijak dalam menyikapi berbagai permasalahan yang timbul dalam ladang pelayanan.
  • Saling berbagi beban, pengalaman, serta menolong rekan sepelayanan. Misalnya: sharing kesulitan dalam pelayanan, saling bertukar ide acara di Sekolah Minggu, membantu rekan yang sedang membutuhkan pertolongan (seperti: hendak membuka perpustakaan Sekolah Minggu, menghubungi Panti Asuhan, mencari alat peraga / buku, dsb).
  • Menerima berbagai posting artikel atau tips yang berguna untuk menunjang pelayanan. Misalnya: ilustrasi dan kisah nyata yang dapat Anda bagikan pada anak Sekolah Minggu, tips mempersiapkan acara outdoor, permainan, dan tips-tips lainnya.
  • Memperoleh berbagai informasi yang Anda butuhkan dalam dunia Pelayanan Anak, seperti: agenda kegiatan Seminar / Pelatihan bagi para Guru Sekolah Minggu, data nara sumber / pembicara, data tempat retreat, data organisasi / lembaga yang terjun dalam pelayanan anak seperti panti asuhan, penerbit media untuk anak, toko buku kristen dan berbagai informasi lainnya.

Bagaimana cara bergabung dengan milis e-BinaGuru? Apakah gratis?

Ya. Anda dapat bergabung ke Milis e-BinaGuru secara gratis. Kirimkan email kosong ke alamat ini: subscribe-i-kan-BinaGuru@xc.org atau kirim permohonan ke meilania@in-christ.net.

Bagaimana berpartisipasi dalam pelayanan di e-BinaGuru?

Milis e-BinaGuru sebenarnya hanya menjadi WADAH bagi para anggotanya supaya dapat saling membangun dan menjadi berkat satu dengan lainnya. Peran serta dan kontribusi setiap anggota merupakan SATU-SATUNYA cara supaya milis ini tetap eksis dan mampu memberikan manfaat bagi para anggotanya.
Anda dapat berpartisipasi dengan berbagai cara:

  • mendukung pelayanan ini dalam doa pribadi
  • turut aktif dalam diskusi
  • berbagi ide dan pengalaman pelayanan
  • berbagi informasi atau berita lainnya seputar dunia pelayanan anak yang Anda ketahui
  • memberikan kritik, saran / masukan yang membangun kepada moderator
  • mendukung dalam hal penyediaan materi yang berkaitan dengan pelayanan anak (seperti: materi seminar / pelatihan guru Sekolah Minggu, bahan-bahan pengajaran, permainan, aktivitas, dsb) melalui moderator

Siapa saja yang perlu bergabung dalam milis e-BinaGuru?

Milis e-BinaGuru membuka kesempatan kepada setiap orang yang terbeban (simpatisan / pemerhati), terlibat dan berkecimpung (para pembimbing serta guru Sekolah Minggu, dan aktivis lainnya) dalam Pelayanan Anak untuk menjadi anggotanya.

Apakah milis e-BinaGuru memiliki moderator?

Ya. Milis e-BinaGuru ini dimoderatori oleh Ibu Meilania (meilania@in-christ.net). Moderator bertugas mengawasi dan memberikan pengarahan- pengarahan seperlunya agar diskusi berjalan dengan lancar. Admin Milis Diskusi e-BinaGuru akan sekaligus dirangkap oleh Moderator. Oleh karena itu semua masalah surat-menyurat dan peraturan keanggotaan akan ditangani oleh Moderator.

Bila saya ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Milis e-BinaGuru, siapa yang harus saya hubungi?

Silakan Anda langsung menghubungi moderator Ibu Meilania (meilania@in-christ.net).

Komentar