Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK

e-BinaAnak, 15 Desember 2010, Volume 2010, No. 513


Kreasi Natal
Mutiara Guru

Mutiara Guru - Edisi 513

"Biarkan setiap rumah terang bercahaya; Biarkan puji-pujian terus bergulir. Dengan kemurahan yang tiada akhir, Kristus kita membawa damai sejahtera" (Robbins) ... baca selengkapnya »

Bahan Mengajar

Tanya Jawab Alkitab

Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Ditulis oleh: Santi Titik Lestari

Ayat: Filipi 2:16 ("sambil berpegang pada firman kehidupan, agar aku dapat bermegah pada hari Kristus, bahwa aku tidak percuma berlomba dan tidak percuma bersusah-susah")

Bahan:

1. Guru Sekolah Minggu perlu menyiapkan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan Natal (jumlah pertanyaan dibuat lebih banyak dari jumlah murid). Pertanyaan harus sederhana dan jawaban harus mudah.

2. Setiap anak membawa hadiah Natal masing-masing, berupa kartu ucapan Natal, hiasan pohon Natal, kaos kaki, boneka sinterklas, peralatan sekolah (buku, pensil, bolpoin, penghapus), dll. ... baca selengkapnya »

Kategori Bahan PEPAK: Perayaan Hari Raya Kristen

Tips

Kartu "Hadiah Natal"

Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Bahan yang dibutuhkan:

  • Selembar karton dengan ukuran A5, sesuaikan ukuran kertas atau karton dengan amplop Anda sehingga bisa dimasukkan.
  • Selembar kertas kado dengan ukuran 7 x 4 cm
  • Pita tebal
  • Gunting, lem, pensil, penghapus, dan spidol

Lipatlah karton menjadi dua. Ukurlah 4 cm dari sisi kiri dan kanan pada lipatan depan bagian bawah karton, lalu guntinglah searah garis lurus sepanjang 4 cm ke atas. Tempelkan kertas berwarna cerah pada sayap yang terbentuk. Potonglah pita sebanyak dua utas, lalu tempelkan membentuk tanda tambah ("+") di tengah kertas kado. Lalu pada bagian atasnya, pasanglah pita secara melingkar sehingga menyerupai kado. Gambarlah dua figur, laki-laki dan perempuan yang sedang berlutut di samping kanan-kiri kado tersebut. Bukalah sayap itu dan tandai bagian tepinya dengan pensil, kemudian bukalah kartu. Di dalam wilayah yang ditandai dengan pensil, gambarlah Yesus di dalam palungan. Kemudian, pada bagian atas gambar, tulislah "Hadiah paling besar sepanjang masa" kemudian hapus bekas pensil tadi. ... baca selengkapnya »

Kategori Bahan PEPAK: Perayaan Hari Raya Kristen

Aneka Tip Kreasi Natal

Jenis Bahan PEPAK: Tips

Berikut beberapa tip-tip kreasi pohon Natal: ... baca selengkapnya »

Kategori Bahan PEPAK: Perayaan Hari Raya Kristen

Artikel

Pohon Natal

Jenis Bahan PEPAK: Artikel

"Seberapa penting pohon dalam merayakan Natal?"

Dari sekian banyak kebiasaan Natal, bayangan apa yang pertama melintas di pikiran Anda?

Sulit untuk membayangkan Natal tanpa pohon Natal. Namun kemunculannya di rumah-rumah adalah kebiasaan yang baru dimulai selama dua atau tiga ratus tahun yang lalu. Sebelum itu, orang Kristen cenderung memasang pohon di gereja, pohon itu biasanya dibiarkan tanpa dihiasi.

Apa yang Disimbolkan Pohon? Mengapa Sebenarnya Ada Pohon Natal? ... baca selengkapnya »

Kategori Bahan PEPAK: Perayaan Hari Raya Kristen

Komentar