Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK

e-BinaAnak, 23 Juli 2014, Volume 2014, No. 683


Edisi Khusus HAN 2014
Editorial

Edisi Khusus HAN 2014

Kategori Bahan PEPAK: Anak - Murid

Shalom,

Pada hari ini, 23 Juli 2014, bangsa Indonesia memperingati Hari Anak Nasional. Tanggal 23 Juli ditetapkan sebagai Hari Anak Nasional berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 44 tahun 1984, sebagai bentuk kepedulian pemerintah yang melihat anak sebagai aset kemajuan bangsa. Peringatan HAN diselenggarakan setiap tahun sejak 1986 sampai sekarang. Tahun ini, tema HAN 2014 adalah "Ciptakan Lingkungan yang Kondusif untuk Meningkatkan Perlindungan dan Tumbuh Kembang Anak." Tema ini sengaja diangkat sebagai respons atas maraknya kasus kekerasan terhadap anak yang terjadi akhir-akhir ini. Anak yang seharusnya menjadi generasi masa depan bangsa, mendapatkan perlakuan yang dapat melemahkan fisik, mental, dan rohani mereka. Akibatnya, pada masa yang akan datang, fondasi bangsa pun akan menjadi tidak kokoh. ... baca selengkapnya »

Telaga

Audio MP3 dari Telaga tentang Kekerasan terhadap Anak

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Anak Umum

Berdasarkan data Komisi Nasional Perlindungan Anak, tindak kekerasan terhadap anak terus mengalami peningkatan signifikan dari tahun ke tahun. Kekerasan terhadap anak diartikan sebagai perlakuan berulang berupa pengabaian maupun tindakan aktif yang membahayakan dan merusak anak-anak. Hal ini juga mencakup kegagalan orang tua dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab pengasuhan mereka. Diharapkan, dengan mengenal apa saja bentuk kekerasan terhadap anak, faktor-faktor penyebabnya, akibat yang ditimbulkan, serta mengetahui solusinya, orang tua dapat lebih bertanggung jawab dalam pengasuhan anak. Lembaga Bina Keluarga dan Konseling (LBKK) membahas secara lengkap mengenai kasus kekerasan terhadap anak dalam program radio konseling TELAGA (Tegur Sapa Gembala Keluarga). Ada lima rekaman audio yang bisa Anda dapatkan dalam situs TELAGA < telaga.org > dan pastinya bisa menjadi berkat bagi kita semua untuk menyikapi kasus tersebut. Anda bisa memperolehnya dalam lima URL berikut ini. ... baca selengkapnya »

Kesaksian

Dari Penderitaan Menuju Kasih Karunia

Kategori Bahan PEPAK: Kesaksian Guru

Pada tahun 1994, saya mendapati diri saya berada dalam tahap akhir kecanduan alkohol. Selama 15 tahun, setiap hari saya selalu berada dalam keadaan mabuk. Saya adalah contoh dari apa yang orang sebut sebagai "alkoholik fungsional". Kebanyakan orang tidak pernah tahu bahwa saya masih mengonsumsi alkohol, dan mereka yang tahu pun tidak bisa menduga berapa banyak yang sudah saya minum setiap harinya. Saya mengonsumsi alkohol sebanyak 5,5 unit per hari (di Amerika, batas wajar dalam mengonsumsi alkohol selama satu hari adalah di bawah 5 unit untuk pria dan 4 unit untuk wanita. Yang disebut unit atau "minuman standar" adalah minuman yang mengandung 18 ml/14 g alkohol -- red.). ... baca selengkapnya »

Dari Anda Untuk Anda

Doa bagi Anak-Anak yang Mengalami Kekerasan

Kategori Bahan PEPAK: Doa - Musik - Ibadah

"Bapa yang di Surga, siapakah kami ini?

Sebagian di antara kami adalah pribadi-pribadi yang bertumbuh dan tanpa sadar telah menjadi korban kekerasan dari orang tua kami, korban kekerasan dari orang-orang dewasa yang seharusnya mengasihi, melindungi, dan mengarahkan kami. ... baca selengkapnya »

Komentar