Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

e-BinaAnak, 12 Maret 2014, Volume 2014, No. 672


Sekolah Minggu dan Hari Bumi (I)
Editorial

Sekolah Minggu dan Hari Bumi (I)

Shalom,

Masih segar dalam ingatan kita bencana banjir yang melanda beberapa wilayah di Indonesia beberapa waktu yang lalu. Salah satu penyebab bencana itu adalah kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian alam dan kebersihannya. Banyak daerah resapan air yang akhirnya menjadi perumahan, dan sungai-sungai berubah fungsi menjadi tempat sampah. Apa hubungan semua ini dengan pelayanan anak di gereja? ... baca selengkapnya »

Artikel

Sebuah Pandangan Alkitabiah Tentang Hari Bumi

Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Kategori Bahan PEPAK: Guru - Pendidik

Seluruh dunia berusaha untuk saling "menghijaukan" sebagai pengakuan atas apa yang dikenal dengan Hari Bumi. Hari Bumi seharusnya membuat kita, yang menempatkan diri di bawah otoritas kebenaran Alkitab mengenai hal-hal tersebut, merefleksikan ajaran Alkitab mengenai penciptaan Allah. ... baca selengkapnya »

Bahan Mengajar

Lingkungan: Irama Kehidupan

Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Kategori Bahan PEPAK: Guru - Pendidik

Refleksi untuk Orang Tua/Guru:

Orang Kristen seharusnya memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang Sang Pencipta. Dalam puisi karya Maya Angelou, "The Pulse of the Morning", yang dibacakan pada upacara pelantikan Presiden Clinton, terdapat gambaran besar tentang bagaimana kita sebagai makhluk hidup mengasihi sekaligus membenci planet bumi yang diberikan sebagai tempat kita hidup ini. Kita mengasihi dan menjelajahinya, serta melukis, dan membuat lagu tentangnya. Kita menunjukkan penghargaan dengan mendirikan berbagai taman dan museum. Bumi tak pernah berhenti memberi kita inspirasi dan dorongan untuk terus maju. Namun, kita juga membenci, mengeksploitasi, mencemari, mengotori, menggali, mengebor, dan mengisapnya hingga kering. Kita hanya memikirkan kebutuhan kita sendiri saat ini dan bertindak seperti anak-anak yang tidak bertanggung jawab, baik terhadap masa kini maupun masa yang akan datang. ... baca selengkapnya »

Komentar