Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Enam Cara Praktis Menemukan Pelayan-Pelayan Untuk Sekolah Alkitab Liburan


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Bagaimana saya bisa mendapatkan sukarelawan untuk Sekolah Alkitab Liburan? Satu pergumulan yang terus ada dalam pelayanan anak adalah menemukan pelayan-pelayan yang tepat. Berikut ini beberapa tips untuk menemukan sukarelawan yang tepat untuk program Sekolah Alkitab Liburan Anda. Lekaslah memulai. Kebanyakan orang lebih bersedia untuk berkomitmen dan bahkan mau mengerjakan sesuatu di sela-sela jadwal liburan mereka, jika Anda memintanya lebih dulu. Saya mencoba memulai pendaftaran pada bulan Februari.

Bagaimana saya bisa mendapatkan sukarelawan untuk Sekolah Alkitab Liburan?

Satu pergumulan yang terus ada dalam pelayanan anak adalah menemukan pelayan-pelayan yang tepat. Berikut ini beberapa tips untuk menemukan sukarelawan yang tepat untuk program Sekolah Alkitab Liburan Anda.

  1. Lekaslah memulai.

    Kebanyakan orang lebih bersedia untuk berkomitmen dan bahkan mau mengerjakan sesuatu di sela-sela jadwal liburan mereka, jika Anda memintanya lebih dulu. Saya mencoba memulai pendaftaran pada bulan Februari. Ini memang tidak terlalu terlambat, tapi memulai lebih cepat akan membuat pekerjaan jauh lebih mudah.

  2. Hubungi dan ajaklah bergabung kembali pelayan-pelayan tahun lalu.

    Menelepon sebentar menunjukkan bahwa Anda benar-benar menghargai pelayanan mereka. Segera sesudah mereka setuju untuk membantu, tanyakan pada mereka siapa lagi yang mereka kenal yang bisa diajak serta.

  3. Ajaklah bergabung secara langsung sukarelawan-sukarelawan baru.

    Kapan saja ada kesempatan, langsung ajak orang-orang yang ingin Anda libatkan dalam kegiatan SAL. Terkadang Anda perlu menelepon, tapi bertemu langsung merupakan cara paling jitu untuk mengetahui apakah mereka sungguh-sungguh mau membantu. Jika seseorang menunjukkan keraguan, tanyakan sebabnya. Kadang-kadang, mereka takut menerima tugas dan hanya perlu lebih banyak latihan. Pada kesempatan lain, mereka punya terlalu banyak komitmen, tapi ragu untuk berkata tidak. Inilah tugas Anda untuk mengetahui perbedaannya dan tetaplah menghargainya serta tak perlu menekan mereka.

  4. Sertakan formulir pendaftaran di buletin gereja.

    Sertakan formulir pendaftaran sukarelawan di buletin sejak masa Paskah sampai 1 minggu sebelum Sekolah Alkitab Liburan dilaksanakan. Cara ini memberi kesempatan untuk orang-orang yang kurang terlibat supaya mereka bisa terlibat. Sering kali, orang-orang yang tidak terpikir untuk diajak justru banyak yang mendaftar. Cara ini sebaiknya digunakan sebagai cara kedua dalam pendaftaran. Mengajak orang secara pribadi untuk terlibat, menunjukkan kesan lebih menghargai.

  5. Masukkan daftar nama beserta formulir kosong dalam buletin.

    Jika daftar nama Anda tidak penuh dan Sekolah Alkitab Liburan kurang dari 4 minggu lagi, inilah saatnya untuk lebih serius menanganinya. Umumkan daftar nama yang baru terkumpul untuk memberitahu pihak gereja pada bagian mana Anda memerlukan bantuan. Undanglah pendeta Anda untuk mengadakan satu pertemuan khusus untuk para pelayan.

  6. Menggabungkan posisi sebagai usaha terakhir.

    Jika Sekolah Alkitab Liburan masih belum mendapatkan sukarelawan yang cukup, Anda perlu menggabungkan tugas-tugas sukarelawan. Sederhanakan jadwalnya dan bahkan pertimbangkan juga untuk menghilangkan beberapa aktivitas. Berhati-hatilah untuk tidak "melepaskan para pelayan Anda ke tengah serigala" karena pengalaman yang buruk akan membuat mereka tidak mau membantu lagi pada tahun berikutnya.

Jika semua usaha ini tidak berhasil, Anda perlu memikirkan ulang sekolah Alkitab gereja Anda tahun depan. Berikut ini beberapa pilihan untuk Sekolah Alkitab Liburan yang membutuhkan lebih sedikit pelayan untuk tahun depan:

Perhatikan Perubahan Sekolah Alkitab Liburan tahun depan.

  1. Pilihlah waktu pelaksanaan Sekolah Alkitab Liburan pada sore hari. Biasanya, Anda bisa mendapatkan lebih banyak orang tua yang mau membantu jika Anda merencanakan kegiatan tersebut dilaksanakan setelah mereka selesai bekerja.

  2. Bekerjasamalah dengan gereja-gereja lain untuk merencanakan persekutuan sekolah Alkitab. Cara ini memiliki beberapa kelemahan, tapi banyak gereja memiliki rekan kerja dalam menyediakan pelayanan yang terbaik.

  3. Rencanakan jadwal pelaksanaan Sekolah Alkitab Liburan yang sederhana. Mengadakan acara pada akhir pekan juga bisa mengikutsertakan orang tua untuk menjadi sukarelawan.

  4. Batasilah jumlah anak yang bisa mendaftar. Ini termasuk suatu ide yang paling buruk, tapi terkadang memperlihatkan bahwa kita sangat mengutamakan keamanan. Sekali lagi, saya tidak suka dengan pilihan ini, tapi cara ini bisa diterapkan dalam beberapa kasus.

  5. Carilah gereja yang lebih besar untuk mengirimkan tim misi yang bisa menolong Sekolah Alkitab Liburan Anda. Jika gereja Anda berada di daerah pedesaan dan membutuhkan bantuan dari luar, ini bisa menjadi pilihan yang baik. Hubungilah pelayan anak di gereja yang lebih besar yang dekat dengan gereja Anda.

Semoga Anda mendapatkan manfaat dari artikel ini. (t/Setya)

Kategori Bahan PEPAK: Program Khusus Anak

Sumber
Judul Artikel: 
6 Practical Ways To Find Workers For Vacation Bible School

Komentar