Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Editorial


Edisi PEPAK: e-BinaAnak 072 - Membuat Rencana Pelajaran

Salam Sejahtera dalam Kristus,

Keberhasilan seorang guru Sekolah Minggu dalam mengajar tidak hanya ditentukan oleh buku pedoman apa yang ia pakai, tetapi ditentukan oleh bagaimana dia "Membuat Rencana Pelajaran" dan mempersiapkannya. Buku pedoman (yang kita bahas pada Edisi #71 minggu lalu) akan menolong guru untuk mengetahui pokok-pokok pengajaran dan aktivitas apa yang dapat diberikan kepada murid-murid. Tetapi buku pedoman tidak menjamin guru akan menyampaikan pengajarannya dengan baik di kelas. Persiapan guru sebelum mengajar adalah yang lebih penting, karena tanpa persiapan maka pelajaran yang disampaikan hanya bersifat mekanikal saja.

Banyak guru tidak menyadari bahwa waktu untuk persiapan mengajar harus jauh lebih banyak dari waktu mengajarnya sendiri! Ketika mempersiapkan pelajaran guru harus memikirkan baik-baik semua hal (menyangkut rencana pelajaran yang akan disampaikan) yang akan dikerjakan selama dia berdiri di depan kelas. Oleh karena itu ingatlah: sangat salah sekali kalau guru baru mempersiapkan pelajaran "in the last minutes" ("saat-saat terakhir") atau pada hari Sabtu (hanya sehari sebelum mengajar). Untuk mempersiapkan pelajaran dengan baik guru sudah harus mulai memikirkan dan "Membuat Rencana Pelajaran" seminggu sebelum Anda mengajar.

Mengingat pentingnya topik ini maka kami akan menyajikannya dalam dua edisi berturut-turut. Pada edisi kali ini tentang "Membuat Rencana Pelajaran" dan minggu depan tentang "Persiapan Mengajar". Harapan kami melalui dua edisi ini, guru-guru Sekolah Minggu dapat lebih disiplin dan bertanggungjawab dalam merencanakan/mempersiapkan pelajarannya.

Selamat membaca.
Tim Redaksi

"Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan." (Roma 12:11)

Komentar