Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Editorial


Edisi PEPAK: e-BinaAnak 356 - Prinsip Komunikasi

Salam dalam kasih Kristus,

Zaman semakin berkembang, teknologi komunikasi pun terus mengalami inovasi. Komunikasi bisa dilakukan tanpa hambatan batas waktu dan tempat. Tentu saja hal tersebut merupakan keuntungan bagi masyarakat saat ini. Tetapi sayangnya, kemajuan di bidang teknologi komunikasi cenderung berbanding terbalik dengan komunikasi dalam keluarga. Kemajuan teknologi mungkin tidak mengurangi atau bahkan menambah kuantitas komunikasi. Tetapi tanpa disadari, dengan kemajuan tersebut pula, kualitas komunikasi cenderung menurun. Secanggih apa pun fasilitas komunikasi yang diberikan kepada anak, hal itu tidak dapat menggantikan kehadiran orang tua maupun anggota keluarganya ketika dia ingin menyampaikan sesuatu yang teramat penting, atau hanya sekadar bersenda gurau sekalipun.

Apakah berkomunikasi berarti menghitung sudah berapa kali kita berbicara kepada anak kita hari ini? Apakah sebagai orang tua atau pendidik, kita tahu benar prinsip-prinsip komunikasi yang sebenarnya? Mungkin kita perlu disegarkan atau diingatkan kembali akan hal-hal penting dalam berkomunikasi dengan anak. Sebagai sajian awal edisi bulan November, minggu ini kami mengusung topik Prinsip Komunikasi yang akan disusul dengan topik-topik berikut.

  1. Hambatan-Hambatan Komunikasi
  2. Teknik Berkomunikasi
  3. Bobot Komunikasi

Mungkin apa yang disajikan bukan merupakan hal yang baru bagi kita semua. Tetapi paling tidak melalui setiap sajian, kita dapat mengevaluasi kualitas komunikasi kita dengan anak di era teknologi komunikasi yang semakin canggih ini.

Selamat melayani!

Pemimpin Redaksi e-BinaAnak,
Davida Welni Dana

"Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah
di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran
dan nasihat Tuhan." (Efesus 6:4)

Komentar