Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Editorial


Edisi PEPAK: e-BinaAnak 264 - Bertanggung Jawab dalam Membantu Orang Tua

Syalom,

"Bangun tidur kuterus mandi
Tidak lupa menggosok gigi
Habis mandi kutolong ibu
Membersihkan tempat tidurku."

Jika kita cermati dengan sungguh-sungguh, bait lagu di atas memberikan contoh kepada anak-anak supaya mereka tidak malas membantu orang tua meskipun hanya melakukan hal-hal yang kecil. Selain dapat belajar dari sebuah lagu, didikan yang paling tepat tentu saja adalah lewat arahan dan contoh langsung dari orang tua sendiri atau orang dewasa yang lain.

Guru Sekolah Minggu adalah orang dewasa lain yang dapat menolong anak menanamkan rasa tanggung jawab untuk membantu orang tua. Yang dimaksud membantu disini tentu saja bukan membantu dalam hal mencari nafkah (karena mereka masih ada di bawah umur), tetapi dalam berbagi tanggung jawab untuk saling meringankan pekerjaan di rumah. Mengajarkan hal-hal seperti ini memang tidak bisa langsung nampak hasilnya, karena seperti benih yang ditanam, dipupuk, dan dipelihara sampai suatu ketika nanti tumbuh hasilnya. Tanggung jawab membantu orang tua ini lama kelamaan akan menjadi gaya hidup anak-anak untuk memiliki hati yang penuh kasih untuk melayani.

Sajian-sajian e-BinaAnak minggu ini kami harap dapat dipakai untuk mengajarkan anak tentang rasa tanggung jawab membantu orang, yang nantinya dapat dilanjutkan dengan membantu orang lain dan melayani Tuhan.

Selamat bekerja bersama anak Anda!

Staf Redaksi e-BinaAnak,
(Ratri)

Hai anakku, peliharalah perintah ayahmu,
dan janganlah menyia-nyiakan ajaran ibumu.
(Amsal 6:20)

Komentar