Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Editorial


Edisi PEPAK: e-BinaAnak 019 - Mengenal Anak Batita (Umur 2-3 Tahun)

Salam Sejahtera dalam Tuhan Yesus.

Setiap anak akan melewati beberapa tahap perkembangan dan pertumbuhan dalam kehidupannya. Tahap perkembangan anak ini dibagi dalam beberapa kelompok umur, antara lain:

  1. Masa Anak Batita/Playgroup : 2-3 tahun
  2. Masa Anak Balita/Kanak-kanak/Indria : 4-5 tahun
  3. Masa Anak Kecil/Pratama/Kelas 1-3 SD : 6-8 tahun
  4. Masa Anak Tengah/Madya/Kelas 4-6 SD : 9-11 tahun
  5. Masa Anak Besar/Remaja/Kelas 1-3 SMP : 12-14 tahun
Meski secara individu setiap anak memiliki ciri khas masing-masing, namun secara umum mereka tetap memiliki kesamaan pada tahap perkembangan jasmani, mental, emosi, sosial maupun rohani sesuai dengan usianya. Dengan mengetahui ciri khas anak-anak pada tiap kelompok umur tsb., diharapkan seorang Guru Sekolah Minggu akan memperoleh kemudahan dalam mengambil sikap untuk mengajar dan mendidik anak-anak sesuai dengan kebutuhannya.

Pada edisi kali ini dan beberapa edisi mendatang, e-BinaAnak akan membahas secara khusus ciri khas anak pada masing-masing kelompok umur, serta penerapan praktisnya dalam pengajaran di Sekolah Minggu. Kiranya hal ini dapat bermanfaat bagi Guru Sekolah Minggu dalam mengatur pembagian kelas, memilih bahan pengajaran dan menemukan aktivitas yang cocok bagi masing-masing kelompok umur ini.

Selamat Melayani!
Tim Redaksi.

"Ketika aku kanak-kanak, aku berkata-kata seperti kanak-kanak, aku merasa seperti kanak-kanak, aku berpikir seperti kanak-kanak. Sekarang sesudah aku menjadi dewasa, aku meninggalkan sifat kanak-kanak itu." (1 Korintus 13:11)

Komentar