Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Daniel: Kekuatan Reputasi


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Topik: Tingkah laku, pilihan, Daniel, reputasi.

Setelah menyelesaikan pelajaran ini, anak-anak akan belajar bahwa secara konsisten hidup dalam kemurnian dan kesucian akan membangun reputasi ilahi yang kuat.

Ayat hafalan: "Anak-anakpun sudah dapat dikenal dari pada perbuatannya, apakah bersih dan jujur kelakuannya." (Amsal 20:11)

Sebelum kelas dimulai, tulis setiap kata dari ayat hafalan dalam kartu-kartu yang terpisah. Ucapkan ayat hafalan beberapa kali. Bagilah anak-anak ke dalam dua kelompok dan buatlah kompetisi kelompok mana yang dapat menyusun kartu-kartu itu dalam urutan yang benar. Yang paling cepat menyusun ayat hafalan dialah yang menang.

Pembacaan Alkitab dan diskusi: Pendahuluan

Tanyakan pada murid siapa di antara mereka yang mengetahui arti kata reputasi. Minta seorang anak melihat artinya dalam kamus atau berikan langsung definisinya kepada mereka:

"Reputasi adalah apa yang dipikirkan seseorang tentang orang lain sebagai akibat dari sikap, tindakan, atau apa yang mereka katakan."

Apa yang kamu lakukan jika beberapa temanmu di sekolah menawari kamu untuk merokok? Apakah reaksi pertamamu? (Berikan waktu untuk berdiskusi.) Bagaimana jika itu bukan sesuatu yang jelek, tapi tetap saja salah, seperti temanmu mendesak kamu untuk menonton film yang harus ditonton dengan didampingi orang tua, tanpa meminta izin terlebih dahulu kepada orang tuamu? Apakah dengan segera kamu akan berkata "tidak"? Tindakan yang kita lakukan saat itu akan memberikan reputasi kepada kita, bisa reputasi baik atau reputasi buruk. Jika kita menuruti tawaran-tawaran di atas untuk melakukan hal yang salah, kita akan mendapatkan reputasi yang sangat lemah dalam hal melakukan perbuatan baik. Jika dengan mudah kita berkata tidak dan teguh melakukan yang benar, kita membangun reputasi yang kuat dalam hal perbuatan baik.

Daniel 1:1-21 (Daniel memilih untuk menghormati Allah.)

Bacalah ayat di atas dan minta murid-murid untuk mengikuti melalui Alkitab masing-masing.

Pertanyaan diskusi:

  • Mengapa para pelayan menginginkan Daniel dan teman-temannya menyantap makanan raja? (Agar mereka menjadi kuat dan sehat seperti yang lainnya.)

  • Karena mereka tidak mau menyantap makanan atau minum segala sesuatu yang tidak halal, jenis makanan apakah yang diminta oleh Daniel? (Sayuran dan air putih.)

  • Bagaimana Daniel dapat membuktikan bahwa dia dan teman-temannya tidak perlu menyantap makanan raja? (Setelah 10 hari, mereka lebih kuat dan terlihat lebih sehat daripada orang-orang yang menyantap makanan raja.)

  • Penghargaan apa yang Daniel terima karena reputasinya yang kuat dalam hal menghormati Allah? (Dia diberikan pengetahuan dan hikmat serta diizinkan untuk melayani raja.)

  • Pada zaman Daniel, beberapa makanan tertentu dianggap najis dan dilarang untuk disantap. Jenis-jenis makanan apa saja yang pada zaman ini tidak baik dan dilarang untuk disantap?

    Penerapan:

    Berikan setiap anak selembar kertas dan sebuah pensil. Minta mereka untuk menulis sepuluh cara yang dapat mereka lakukan untuk membangun reputasi yang kuat dalam hal berbuat baik. Jika waktu memungkinkan, Anda dapat menulis setiap daftar yang telah dibuat anak di papan tulis. Minta anak-anak untuk membawa pula daftar tersebut agar dapat ditunjukkan kepada orang tua mereka.

    Akhiri pelajaran dengan pemikiran berikut ini: sebuah reputasi dibangun dengan melakukan sesuatu secara berulang-ulang. Jika kamu melakukan perbuatan baik berulang kali, kamu membangun sebuah reputasi yang baik dalam hal melakukan perbuatan baik. Jika kamu melakukan perbuatan yang tidak baik berulang-ulang, kamu membangun reputasi untuk melakukan apa yang salah. Semakin kuat reputasimu dalam hal melakukan apa yang benar, kamu akan merasa lebih dekat dengan Allah, dan akan lebih mudah untuk terus melakukan hal yang benar. Juga, orang lain akan melihat kamu sebagai seorang Kristen yang akan terus mereka teladani. Reputasi yang dimiliki Daniel adalah dalam situasi apa pun, ia akan menghormati Tuhan dan tidak membiarkan sesuatu yang jahat menjadi bagian dari hidupnya. Kita semua dapat belajar sebuah pelajaran berharga dari Daniel tentang membangun reputasi yang kuat dan ilahi. Bahkan, kamu juga mungkin ingin mendapat tambahan sayuran pada saat makan malam. (t/Davida)

    Tanggal akses: 20 Juli 2010

    Diterjemahkan dan disunting dari:

    Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

    Sumber
    Judul Artikel: 
    A Reputation of Strength
  • Komentar