Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Ci Luuk Baaa....


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Permainan Ci Luuk Baa sebenarnya mengajarkan pada bayi bahwa benda yang hilang dari pengamatannya bukan berarti benar-benar hilang, benda tersebut akan dapat dilihatnya kembali atau dapat muncul kembali. Contoh tema: Terima Kasih Tuhan untuk Makananku (Mainanku) Bahan: selimut, berbagai buah segar (atau mainan bayi) Cara: Awali dengan memberikan beragam buah segar (atau mainan bayi) untuk dilihat, dipegang, dan (mungkin) dicicipi oleh bayi. Kemudian, tutupi makanan (mainan) yang dipegang anak atau

Permainan Ci Luuk Baa sebenarnya mengajarkan pada bayi bahwa benda yang hilang dari pengamatannya bukan berarti benar-benar hilang, benda tersebut akan dapat dilihatnya kembali atau dapat muncul kembali.

Contoh tema: Terima Kasih Tuhan untuk Makananku (Mainanku) Bahan: selimut, berbagai buah segar (atau mainan bayi)

Cara: Awali dengan memberikan beragam buah segar (atau mainan bayi) untuk dilihat, dipegang, dan (mungkin) dicicipi oleh bayi. Kemudian, tutupi makanan (mainan) yang dipegang anak atau yang disukai anak. Katakan padanya: "Jason ..., mana buah pisang yang kamu suka?" Pastikan bahwa Jason melihat Anda menutupi buah pisang itu dengan selimut, sehingga ia tahu di mana harus "mencari"nya. Bila Jason masih belum mampu menarik selimut, Andalah yang harus menariknya, sambil mengucapkan "Ci Luuk Baa" dengan nada yang ekspresif, lalu berikan buah pisang itu kepada Jason. Lakukan berulang-ulang, mungkin dengan mencoba benda yang lain. Lakukan juga bersama para bayi lain.

Jangan lupa untuk menutupnya dengan pesan: Terima kasih Tuhan untuk buah pisang, Jason suka sekali makan pisang. Terima kasih Tuhan untuk Thomas, David suka sekali main dengan Thomas, dan sebagainya.

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Sumber
Judul Artikel: 
Ci Luuk Baa ...
Judul Buku: 
Merintis dan Mengembangkan Kelas Bayi (0-2 tahun) di Sekolah Minggu
Pengarang: 
Meilania
Halaman: 
60
Penerbit: 
Gloria Graffa
Kota: 
Yogyakarta
Tahun: 
2007

Published in e-BinaAnak, 1 July 2009, Volume 2009, No. 439


Komentar