Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Cermin Ajaib


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Pada mulanya, bayi suka melihat dirinya di cermin. Aktivitas ini merupakan pengalaman visual yang akan merangsang bayi dan membantunya untuk mengenal dirinya sendiri, serta mempelajari ciri-ciri tubuhnya, juga untuk mengenal citra diri dan memahami lingkungannya. Contoh tema: Terima kasih Tuhan untuk tubuhku. Bahan: cermin (bisa cermin yang mudah dipegang dan dipindahkan atau cermin yang menempel di dinding) -- pastikan bahwa posisi cermin aman bagi bayi untuk mereka sentuh, pegang, atau mungkin

Pada mulanya, bayi suka melihat dirinya di cermin. Aktivitas ini merupakan pengalaman visual yang akan merangsang bayi dan membantunya untuk mengenal dirinya sendiri, serta mempelajari ciri-ciri tubuhnya, juga untuk mengenal citra diri dan memahami lingkungannya.

Contoh tema: Terima kasih Tuhan untuk tubuhku.

Bahan: cermin (bisa cermin yang mudah dipegang dan dipindahkan atau cermin yang menempel di dinding) -- pastikan bahwa posisi cermin aman bagi bayi untuk mereka sentuh, pegang, atau mungkin didorong.

Cara: Pertama-tama, biarkan bayi "mengenal" cermin (mungkin dengan menyentuhnya, menciumnya, atau memukulnya). Izinkan bayi mempelajari cermin menurut keinginannya, namun pastikan ia melakukannya dengan aman. Kemudian, mulai tunjukkan pada bayi apa yang ia lihat di dalam cermin. Bila bayi merasa nyaman dengan permainan ini, Anda bisa menggunakan berbagai barang untuk dikenakan oleh bayi.

Misalnya: Hei, lihat Angel ... saya meletakkan topi cantik di atas kepalamu. Apakah kamu suka? Ini ada pita yang bagus, coba saya taruh di depan topimu, yah! Sebutkan juga anggota-anggota tubuh bayi lainnya sambil kenakan berbagai perlengkapan.

Jangan lupa untuk senantiasa memperkuat pesan firman Tuhan hari ini, yaitu: terima kasih Tuhan untuk tubuhku. Untuk kepalaku, sehingga aku bisa memakai topi yang cantik. Untuk tanganku, sehingga aku bisa memakai gelang. Untuk kakiku, sehingga aku bisa memakai sepatu. Dan sebagainya.

Kategori Bahan PEPAK: Metode dan Cara Mengajar

Sumber
Judul Buku: 
Merintis dan Mengembangkan Kelas Bayi (0 -- 2 tahun) di Sekolah Minggu
Pengarang: 
Meilania
Halaman: 
61 -- 63
Penerbit: 
Gloria Graffa
Kota: 
Yogyakarta
Tahun: 
2007

Komentar