Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK

Cara Mengajarkan Arti Paskah yang Sebenarnya kepada Anak


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 727 - Mengajarkan Makna Paskah yang Sebenarnya kepada Anak

  1. Mulailah dengan kelahiran Yesus. Semua anak suka dengan bayi. Banyak dari mereka telah mendengar tentang Bayi Yesus. Jika belum, jelaskan bagaimana kita merayakan Natal karena Bayi yang sangat khusus bernama Yesus.

  2. Jelaskan bahwa Yesus adalah Anak Allah. Jika Anda percaya bahwa Yesus datang ke dunia sebagai Allah, jelaskanlah hal itu. Bicarakan dengan anak tentang tujuan-Nya datang ke bumi, bagaimana Dia ingin lebih dekat dengan orang-orang yang diciptakan Bapa-Nya (dan Dia).

  3. Jelaskanlah tentang dosa kepada anak-anak. Katakan kepada mereka bahwa ketika mereka melakukan sesuatu yang salah seperti berbohong, atau menipu, atau mencubit adik mereka, hal itu adalah karena sifat dosa dalam diri mereka. Jelaskan kepada mereka tentang bagaimana manusia bisa berdosa dan upah dosa adalah maut. Katakan kepada anak bahwa sebelum Yesus datang ke dunia, orang tidak bisa hanya meminta Allah untuk mengampuni mereka karena dosa mereka, mereka harus mengorbankan hewan untuk menebus dosa mereka. Nah, Yesus adalah satu-satunya orang yang tidak pernah, tidak pernah berbuat dosa! Oleh karena itu, Dia yang tidak berdosa harus menanggung seluruh dosa umat manusia di kayu salib sebagai korban penebus dosa. Dengan begitu, orang yang percaya kepada-Nya tidak akan binasa karena sudah terbebas dari kuasa dosa yang membawa kepada hukuman kekal.

  4. Ceritakan kepada anak-anak tentang Yesus yang melihat banyak manusia hidup dalam kesusahan ketika mereka masih dalam kuasa dosa. Yesus mengasihi manusia berdosa. Jelaskan bagaimana ketika Yesus hidup di dunia, Dia menolong banyak orang karena Dia mengasihi orang-orang itu. Ingatkan anak-anak tentang beberapa cerita Alkitab ketika Yesus menyembuhkan orang dan melakukan mukjizat.

  5. Jelaskan kepada anak bahwa hukuman dosa adalah maut! Karena Yesus tidak berdosa, Dia ingin mati bagi kita, untuk anak-anak sehingga ketika mereka melakukan sesuatu yang salah, mereka semua harus mencari Tuhan untuk meminta pengampunan.

  6. Ceritakanlah tentang suatu hari ketika sekelompok orang menangkap Yesus dan membawa-Nya pergi. Yesus dibawa pergi untuk disalibkan, sampai akhirnya mati di kayu salib.

  7. Jangan sampai Anda hanya berhenti pada kematian Kristus. Jelaskan kepada anak-anak bahwa pada hari ketiga, Yesus bangkit dari kubur, Yesus dibangkitkan, lalu Dia naik ke surga.

  8. Tegaskan kembali kepada anak bahwa Yesus mengasihi mereka sehingga Dia mau mati bagi mereka. Ketika anak-anak melakukan hal-hal yang tidak menyenangkan hati Tuhan, mereka boleh mencari Tuhan dalam doa dan mohon pengampunan kepada-Nya. (t/Davida)

Diterjemahkan dan disunting dari:

Nama situs : wikiHow
Alamat URL : http://www.wikihow.com/Teach-Children-the-Real-Meaning-of-Easter-%28Christian%29
Judul asli artikel : How to Teach Children the Real Meaning of Easter (Christian)
Penulis artikel : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 15 Maret 2016

Kategori Bahan PEPAK: Perayaan Hari Raya Kristen

Komentar