Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Box


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Membangun menara dari balok-balok kayu (box) berukuran besar memiliki keunikan dibanding bila anak bermain dengan balok-balok kayu berukuran kecil. Dengan menggunakan box besar (dari bahan kardus, karpet eva mats, spons, atau bantal kubus), anak akan merasa seperti membangun tembok sungguhan -- karena ukuran-ukurannya yang besar dan mungkin bisa lebih tinggi dari tubuhnya. Selain menyusun atau membangun, saat meruntuhkan juga bisa menjadi momen yang sangat menyenangkan bagi mereka. Contoh tema: Tembok

Membangun menara dari balok-balok kayu (box) berukuran besar memiliki keunikan dibanding bila anak bermain dengan balok-balok kayu berukuran kecil. Dengan menggunakan box besar (dari bahan kardus, karpet eva mats, spons, atau bantal kubus), anak akan merasa seperti membangun tembok sungguhan -- karena ukuran-ukurannya yang besar dan mungkin bisa lebih tinggi dari tubuhnya. Selain menyusun atau membangun, saat meruntuhkan juga bisa menjadi momen yang sangat menyenangkan bagi mereka.

Contoh tema: Tembok Yerikho, Nehemia.

Anak-anak berusia 1 tahun umumnya mulai suka dan bisa bermain imajinasi. Oleh karena itu, model cerita Roleplay dengan menggabungkan berbagai atribut dan perlengkapan dapat menjadi teknik mengajar yang tepat untuk anak-anak ini.

Selain itu, box permainan juga dapat digunakan sebagai peti (yang bisa dibuka dan ditutup dengan aman) untuk diisi berbagai benda. Minta anak mengeluarkan benda-benda tersebut, sambil Anda menyebutkan namanya satu per satu -- atau minta anak membantu Anda menunjuk benda yang Anda sebutkan, lalu mulailah bercerita.

Contoh tema: Nabi Nuh (isi box dengan berbagai jenis binatang), anak kecil yang baik hati (isi box dengan lima roti dan dua ikan -- ajak anak berhitung dan menyanyikan lagu Lima Roti dan Dua Ikan), Lidia teman Paulus (isi box dengan berbagai macam kain ungu), dan sebagainya.

Kategori Bahan PEPAK: Aktivitas dan Ketrampilan Anak

Sumber
Judul Artikel: 
Box
Judul Buku: 
Merintis dan Mengembangkan Kelas Bayi (0--2 tahun) di Sekolah Minggu
Pengarang: 
Meilania
Halaman: 
71 -- 72
Penerbit: 
Gloria Graffa
Kota: 
Yogyakarta
Tahun: 
2007

Komentar