Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Besarkan Anak Anda dengan Pujian


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Tips Untuk Orang Tua yang Memiliki Anak Usia 2 -- 5 Tahun

Kita semua tentu ingin mengajarkan kepada anak-anak bagaimana berperilaku yang baik tanpa membuat mereka merasa takut. Anak usia 2 -- 5 tahun melihat segala sesuatu (termasuk diri mereka sendiri) sebagai "yang baik" atau "yang tidak baik" -- tidak ada tengah-tengahnya. Anak-anak ingin menyenangkan orang lain. Mereka ingin berperilaku baik dan pada saat yang sama mereka akan memerlukan bantuan Anda.

Anda bisa mendidik dan memuji anak-anak melalui perkataan dan tindakan. Anak-anak membutuhkan didikan saat mereka melakukan sesuatu yang tidak baik dan mereka juga membutuhkan pujian saat mereka melakukan sesuatu yang baik. Kata-kata yang positif membantu mereka belajar bagaimana melakukan sesuatu dengan benar tanpa membuat mereka merasa bahwa mereka tidak baik.

Biarkan anak-anak tahu apa yang harus mereka lakukan untuk mendapatkan pujian dari Anda. Kadang-kadang anak-anak perlu didisiplin karena berperilaku tidak baik, tetapi pastikan mereka juga mendapatkan pujian atas perilaku baik mereka. Dengan memuji anak-anak, Anda akan mendorong mereka untuk berperilaku baik dan mengurangi perilaku buruk mereka. Dan Anda pun tidak perlu bersusah payah mendisiplin mereka.

Karena anak-anak yang berusia 2 -- 5 tahun berada di tingkat perkembangan yang berbeda, tips berikut ini memberikan contoh untuk anak-anak usia 2 -- 5 tahun dan anak-anak prasekolah (4 -- 5 tahun).

  1. Perhatikan anak Anda supaya berbuat baik.

    Anak Anda memerlukan kasih dan perhatian. Kadang-kadang anak Anda belajar bahwa satu-satunya cara -- atau cara yang terbaik -- untuk mendapatkan perhatian Anda adalah dengan perilaku tidak baik! Jadi, awasi saat anak Anda berperilaku baik dan pastikan untuk memberikan perhatian pada perilaku yang baik.

    Untuk anak-anak usia 2 -- 5 tahun:

    • "Warnanya bagus!"
    • "Cerita yang bagus!"
    • Saat Anda berbicara melalui telepon, katakan, "Bagus, kamu sudah mau menunggu!"

    Anak-anak usia prasekolah

    • "Mama senang melihatmu bermain bersama adikmu."
    • "Bagus, mau menunggu untuk diseberangkan."
    • "Terima kasih sudah menggambar untuk mama. Mama suka gambarnya."

    Ajarkan kepada anak Anda bahwa cara terbaik untuk mendapatkan perhatian Anda adalah dengan berperilaku baik. Anak kecil senang membantu orang lain! Cara yang baik supaya anak Anda mendapatkan perhatian Anda adalah dengan meminta anak Anda membantu Anda mengerjakan pekerjaan rumah, misalnya melipat pakaian dan menata meja.

    Anak usia 2 -- 5 tahun dan anak prasekolah merasa bahwa mereka istimewa -- dan mereka seharusnya merasa demikian -- dan memang benar bahwa mereka adalah istimewa! Menghargai diri sendiri adalah langkah awal untuk belajar bagaimana menghargai orang lain. Anak-anak yang tahu bahwa mereka istimewa, dapat belajar bahwa orang lain juga istimewa. Jadi, ada baiknya Anda katakan ini kepada anak-anak Anda:

    • "Kamu yang terbaik!"
    • "Bagus!"
    Gunakan kata-kata, pelukan, dan ciuman!

  2. Jelaskanlah! Ajarkan semua tahap-tahapnya.

    Sesuatu yang tampaknya sederhana bagi orang dewasa -- seperti berpakaian -- bagi anak-anak sebenarnya adalah suatu proses dengan berbagai tahap. Jadi, bila anak Anda "tidak bisa" atau "tidak mau" melakukan sesuatu, mungkin saja hal itu terlalu sulit. Sebagai contoh, bila anak Anda kesulitan memakai bajunya saat pagi hari, jelaskan langkah-langkahnya saat itu juga.

    Untuk anak-anak usia 2 -- 5 tahun:

    • Langkah 1: "Berikan bajumu kepada mama .... Terima kasih."
    • Langkah 2: "Sekarang, lepaskan baju tidurmu .... Bagus!"
    • Langkah 3: "Sekarang, pakai baju ini .... Bagus."

    Untuk anak-anak prasekolah:

    • Langkah 1: "Saatnya untuk pakai baju. Ayo, lepaskan baju tidurmu."
    • Langkah 2: "Ambil bajumu di tempat tidurmu."
    • Langkah 3: "Setelah pakai baju, mama akan membantumu memakai sepatu."
    • Langkah 4: "Nah, kamu sudah rapi sekarang. Kamu sudah bisa memakai baju sendiri."

    Sediakan waktu untuk mengingatkan anak akan setiap tahap yang dilakukan daripada Anda melakukannya sendiri dan kemudian merasa kesal. Hal ini tidak akan berlangsung lama, tetapi ini akan sangat berharga! Memberikan pujian atas setiap tahap yang dilakukan anak akan membuatnya lebih percaya diri.

    Berikan aturan yang jelas.

    Bantulah anak Anda memelajari aturan-aturannya dengan mengulanginya lebih sering lagi dan menanamkannya dalam diri anak Anda -- meskipun hal ini seperti masalah yang bertumpuk-tumpuk!

    Untuk anak usia 2 -- 5 tahun:

    • "Sekarang waktunya tidur."
    • "Ayo cepat ke kamarmu, lalu kita baca cerita."

    Untuk anak usia prasekolah:

    • "Jam delapan adalah waktunya tidur. Kalau kamu bisa cepat ke kamarmu, maka kita akan punya waktu untuk baca cerita."
    • "Terima kasih sudah cepat-cepat ke kamar. Mama senang sekali bisa membacakan cerita untukmu!"

    Sediakan waktu untuk bersama-sama dengan anak-anak Anda!

    Rencanakan untuk menghabiskan waktu sekurang-kurangnya 15 -- 20 menit setiap hari untuk bermain atau ngobrol dengan anak-anak Anda.

    1. Bermain

      Saat bermain bersama anak Anda, matikan TV dan berhentilah melakukan pekerjaan rumah -- ini saatnya bermain! Saat-saat ini akan menyenangkan. Anda tidak perlu mengajarkan apa pun kepada anak-anak Anda. Biarkan anak Anda memilih kegiatannya dan membuat aturannya. Saat bermain, bicarakan apa yang dikerjakan anak Anda:

      • "Menara yang bagus!"
      • "Apa yang akan dimakan boneka ini?"

    2. Mendengarkan

      Mungkin pada saat makan malam atau akan tidur, Anda bisa katakan:

      • "Ceritakan apa saja yang kamu lakukan hari ini."
      • "Apa kesukaanmu?"

      Bila hari itu anak Anda mengalami hari yang tidak menyenangkan di sekolah atau di tempat penitipan anak, dengarkan seluruh ceritanya dengan tenang. Bila Anda menghakimi atau mengatakan apa yang seharusnya mereka lakukan sebelum mereka selesai bercerita, maka mereka mereka akan merasa seolah-olah Anda tidak mendengarkannya. Carilah aspek positif dari cerita itu yang pantas untuk mendapatkan pujian. Saat anak Anda melakukan kesalahan, ajari mereka perilaku lain yang baik.

  3. Anak-anak memerlukan didikan!

    Tentu saja tidak ada seorang pun yang sempurna, dan di sinilah kesabaran sangat diperlukan. Saat anak Anda perlu untuk dididik, sebutkan perilaku buruknya -- hindari mengatakan, "Kamu keterlaluan!" Katakan kepada anak Anda bahwa perilaku buruk itu perlu dihentikan:

    • "Tidak boleh memukul! Itu tidak baik."

    Terkadang, diperlukan jenis pendisiplinan yang lain. Sesekali, titipkan anak Anda kepada penyedia jasa pendisiplinan anak. Tindakan tersebut adalah jenis pendisiplinan yang dapat dilakukan saat anak Anda melakukan sesuatu yang tidak benar dengan sengaja.

    Saat anak Anda melakukan sesuatu yang baik, beritahukan kepada anak Anda dengan mengatakan: "Mama senang waktu kamu ...."

  4. Ketahuilah! Ketahuilah! Ketahuilah!

    Anak seusia ini paling suka bilang "TIDAK!" Anak Anda bisa saja "menguji kesabaran Anda", "membuat Anda marah," dan "membuat Anda jengkel setengah mati". Sebandel apa pun anak Anda, baginya Anda adalah orang yang paling penting dalam dunianya. Anda dapat mengubah perilaku anak Anda.

    • Ajarkan kepada anak Anda untuk berperilaku baik dengan menyeimbangkan didikan dan pujian.
    • Jelaskan apa yang Anda harapkan dan berikan pujian atas keberhasilannya.
    • Besarkan anak Anda dengan pujian dan Anda berdua akan lebih bahagia.

    Perilaku anak Anda bisa dengan mudahnya membuat orang tua sedih. Belajar bagaimana menangani perasaan ini adalah bagian dari menjadi orang tua. Bila Anda ingin atau perlu bantuan, konsultasikan dengan konsultan kesehatan.

    Ketahuilah bahwa diperlukan keteguhan hati ... ketahuilah diperlukan kesabaran ... ketahuilah diperlukan waktu! (t/Ratri)

Kategori Bahan PEPAK: Anak - Murid

Komentar