Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Bersihkan Kamarmu!


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Anak Umum

Tema: Ketaatan

Ayat Alkitab: "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku." (Yohanes 14:15)

Persiapan: Buatlah tulisan yang besar berbunyi, "Kamu harus membersihkan kamarmu." Buatlah sebuah tanda yang lebih kecil yang berbunyi, "Untuk kesehatanmu, "Malu," "Takut," "Tamak" dan "Cinta."

Pesan: Apakah orang tuamu pernah menanyakan hal ini kepadamu? (Pasanglah tulisan yang besar, "Kamu harus membersihkan kamarmu." Perintahkan anak yang paling kecil untuk membacanya secara keras.)

Di beberapa rumah, hal ini merupakan hukum kesebelas. Jika kamu meninggalkan kamarmu dalam keadaan berantakan, orang tuamu berkata, "Kamu harus membersihkan kamarmu."

Sekarang, mungkin kamu bertanya-tanya mengapa kamu harus membersihkan kamarmu. Kamu harus mengatakan hal ini. (Pasanglah tulisan itu dan mintalah anak-anak untuk membacanya bersama Anda: "Untuk kesehatanmu.") Kalau kamarmu kotor, ada banyak kuman dimana- mana. Oleh karena itu, kamu harus membersihkan kamarmu untuk kesehatanmu.

Atau, kamu harus membersihkan kamarmu karena alasan ini. Bacalah bersama saya. (Pasanglah tulisan "Malu".) Kamu harus malu jika ada tamu yang datang dan melihat kamarmu berantakan. Bagaimana jika Paman Frank dan Bibi Helen melihat kamarmu dan berkata, "Kamu seharusnya sangat malu?"

Masih ada alasan untuk membersihkan kamarmu. Mari kita baca bersama- sama. (Pasanglah tulisan "Takut".) Jika kamu tidak membersihkan kamarmu, orang tuamu akan menghukummu. Ini sangat menakutkan.

Atau kamu membersihkan kamarmu karena alasan ini. (Pasanglah tulisan "Tamak" dan mintalah anak-anak untuk membacanya.) Sekarang, itu memangalasan yang baik. Jika kamu membersihkan kamarmu, ibu akan memberimu dua es krim pisang.

Tetapi alasan yang paling tepat untuk membersihkan kamarmu adalah berikut ini. (Pasanglah tulisan "Cinta".) Benar sekali -- cinta. Apakah kamu tahu, bahwa kamu membuat orang tuamu bahagia ketika kamu membersihkan kamarmu. Dan bahkan kamu membuat orang tuamu lebih bahagia ketika kamu membersihkan kamarmu sebelum kamu diminta membersihkannya.

Dalam Yohanes 14:15, Yesus berkata, "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku." Demikian juga, jika kita mencintai orang tua kita, kita akan melakukan apa saja yang mereka perintahkan kepada kita.

Kita dapat menunjukkan cinta kita dengan melakukan sesuatu sebelum mereka meminta kita melakukannya. Kita bersedia membersihkan kamar kita. Dan kita tidak perlu membersihkan kamar kita karena alasan- alasan ini. (Tunjukkan tulisan ini: "Untuk kesehatanmu," "Malu," "Takut" dan "Tamak".)

Tetapi jika kita membersihkan kamar kita dan melakukan apa saja dengan cinta (pasanglah tulisan "Cinta"), kita akan mematuhi perintah Yesus.(t/Kristin)

Komentar