Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Berikan Yesus kepada Anak-anak


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

"Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku." (Yohanes 14:6) Orang-orang dewasa seperti kita sudah mendengar firman Tuhan Yesus, menghafalkannya, dan mengajarkannya. Tetapi, saya penasaran dengan apa yang anak-anak pahami tentang kebenaran? Tentang Tuhan Yesus?

Sama pentingnya dengan cerita-cerita Alkitab; fakta-fakta, kegembiraan, dan permainan yang mungkin bisa menjadi dasar iman anak-anak kita, kita perlu bertanya, "Apakah anak-anak di gereja kita mengenal Tuhan Yesus, Kebenaran firman Tuhan yang tanpa salahnya?

Setiap kali mengawasi anak kelas 2 dan 3 keluar dari sekolah minggu, saya bertanya, "Pengaruh dari siapakah yang akan bertahan hingga minggu depan? Besok? Atau sore nanti?" Sesaat setelah mereka pergi, gangguan dunia mulai menghalau yang dipelajari masing-masing anak pada pagi itu di sekolah minggu.

Ketika anak bungsu saya masuk kelas 6 dan sedang mempelajari peradaban purba, saya menyadari bahwa pemahamannya tentang Alkitab dan posisi Yesus di dalam Kitab Suci lebih penting dari sebelumnya. Buku-buku pelajarannya jelas-jelas salah dalam sejarah Yahudi! Kami memiliki banyak diskusi tentang kebenaran Alkitab dibandingkan dengan buku pelajaran. Ketika saya membuka Alkitab, kami membandingkannya untuk menunjukkan betapa salahnya buku pelajarannya tersebut! Ketika saya melihat anak perempuan saya berjuang secara mental, saya dapat melihat di matanya bahwa dia bertanya, "Siapakah yang memberi tahu saya tentang kebenaran: guru sekolah atau ibu? Buku pelajaran atau Alkitab?"

Saya tahu saya harus berusaha melakukan sesuatu yang berbeda. Tetapi apakah itu?

Sebelum saya menulis artikel ini, saya membaca rencana Allah dalam tulisan Henrietta Mears. Ketika saya menjumpai sebuah kalimat penyataan, saya berkata kepada diri sendiri, "Inilah yang dibutuhkan Kelly." Mears berkata, "Tema utama dari Alkitab bukanlah manusia atau bahkan pengetahuan; tema utamanya adalah Kristus. Dia ada di setiap halaman."

Ketika anak-anak kita belajar bagaimana seluruh Alkitab menunjuk pada Tuhan Yesus dan mulai mengenal-Nya secara pribadi, dasar rohani mereka melebihi fakta-fakta dan cerita-cerita yang sudah mereka dengar. Mereka belajar bagaimana diperlengkapi untuk pertempuran di dunia mereka pada masa yang akan datang. Pengetahuan Alkitab secara kognitif tidak akan cukup untuk membawa mereka melewati kesulitan-kesulitan, tetapi hubungan yang kuat dengan Yesus sanggup melakukannya!

Saya menantikan sebuah kurikulum yang akan menolong saya memperkenalkan Yesus di setiap pelajaran. Apakah Anda sudah melihat mata seorang anak yang berbinar-binar, ketika mereka "memahami" saat Anda menjelaskan peran Yesus dalam kisah Abraham yang mempersembahkan Ishak? Atau bagaimana Allah melindungi orang-orang Yahudi untuk menjaga wilayah pelayanan Tuhan Yesus? Atau betapa banyaknya referensi di kitab Mazmur yang menunjukkan kepada kita tentang kematian dan kebangkitan Yesus? Saya pernah melihat mata anak-anak yang berbinar dan itu sangat membahagiakan!

Pilih atau buatlah program pengajaran sekolah minggu yang berfokus pada suatu cara yang menunjukkan bahwa Alkitab berbicara seputar Yesus. Perjanjian Lama menetapkan tahap kehidupan Tuhan Yesus. Perjanjian Baru menggambarkan kehidupan, kematian, dan kebangkitan Tuhan Yesus, serta hasil-hasil menakjubkan yang akan terus berlanjut selamanya! Program sekolah minggu yang baru ini akan membantu anak-anak layan Anda memahami setiap kisah di dalam Alkitab yang mengarah pada Tuhan Yesus. Kita tahu bahwa para orang tua dan guru akan sama bersemangatnya dengan saya karena dapat mengajarkan kepada anak-anak, bahwa semua isi Alkitab menuntun kita kepada-Nya!

Kelly dan saya mencoba untuk terus menghubungkan poin-poin penting dalam Kitab Suci, untuk melihat bagaimana semuanya itu mengarah kepada Yesus. Ketika pembelajaran Kelly beralih dari ajaran Yudaisme kepada kekristenan, dia mampu mengidentifikasi letak kesalahan dalam buku pelajarannya. Hal ini memberikan lebih banyak kesempatan untuk membicarakan tentang perkataan mana yang bisa dipercaya, yang dia dengar dari orang lain, termasuk dari guru-gurunya.

Kami ingin membantu Anda untuk memperlengkapi anak-anak layan Anda untuk mengenal Tuhan Yesus, mengasihi Allah, dan menghidupi iman mereka. Maka dari itu, pilihlah bahan-bahan yang dapat membantu Anda membuat hidup anak-anak layan Anda berbeda setiap hari, bukan hanya pada hari Minggu! Penting untuk kita ingat bahwa tujuan kita mengajar sekolah minggu adalah untuk mengajarkan Alkitab dengan cara-cara tertentu, sehingga anak-anak layan dapat bertemu Tuhan Yesus, mengenal-Nya, dan memiliki hidup yang diubahkan oleh Dia!

Pastikan bahwa kurikulum Anda memberikan kesempatan kepada setiap anak untuk mengetahui kebenaran, sehingga mereka diperlengkapi untuk menghadapi perjuangan yang akan datang. Jangan hanya memberikan kepada mereka "bahan-bahan Alkitab" yang meleleh di mulut mereka seperti permen, berikanlah Yesus kepada mereka! (t/Setya)

Diterjemahkan dan disunting dari:

Nama situs : Teach Idea Blog
Alamat URL : http://teachkidsjesus.com/?cat=9&paged=2
Judul asli artikel : Give Them Jesus
Penulis : Donna
Tanggal akses : 18 September 2012

Kategori Bahan PEPAK: Metode dan Cara Mengajar

Komentar