Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Berbagai Permainan yang Dapat Dilombakan


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

MERANGKAI GERBONG

Peralatan: tidak ada. Jumlah pemain: beberapa regu. Waktu: 3 -- 5 menit.

Tujuan:
  • memupuk dan menjalin kerja sama,
  • memupuk sportivitas, dan
  • untuk diperlombakan.

Semua regu berbaris di satu sisi ruangan, dengan ketua regunya berdiri sejauh 6 meter di depan yang lain dan semuanya menghadap ke jurusan yang sama. Ketua regu ini adalah "lokomotif"nya dan yang lain adalah "gerbong"nya. Setelah permainan dimulai, "lokomotif" ini harus mundur sampai ke "gerbong" pertama dari regunya.

Temannya ini menggabungkan diri dengan lokomotif dengan meletakkan tangan di pundak lokomotif, kemudian mereka berlari bersama ke ujung ruangan. Lokomotif menyentuh dinding di depannya, kemudian sambil tetap bertautan mereka kembali sambil mundur untuk menjemput gerbong berikutnya. Gerakan maju mundur ini -- tiap kali mengambil satu gerbong -- diteruskan sampai semua gerbong terangkai. Regu yang pertama menjadi kereta api lengkap dialah yang menang.

BUKU BERANTING

Peralatan: satu buku untuk tiap regu. Jumlah pemain: beberapa regu. Waktu: 4 -- 5 menit.

Tujuan:
  • menumbuhkan sikap persaingan yang sehat,
  • membangkitkan kegembiraan, dan
  • dapat diperlombakan.

Semua regu berbaris di salah satu sisi ruangan. Tiap ketua regu diberi sebuah buku. Ketua regu harus membawa buku itu di atas kepalanya menyeberang ruangan dan kembali. Dia sama sekali tidak boleh menyentuh buku itu dengan tangannya. Bila jatuh ia harus kembali ke tempatnya dan mengulanginya. Anggota regu yang lain bergiliran melakukan hal yang sama. Regu yang pertama selesai, itulah yang menang. Sebagai variasi bukunya dapat dijepit di antara lutut.

BALON BERANTING

Peralatan: satu balon untuk tiap regu dan beberapa buah untuk persediaan.

Jumlah pemain: beberapa regu. Waktu: 3 -- 5 menit.

Tujuan:
  • memupuk dan menjalin kerja sama,
  • memupuk daya juang, dan
  • dapat diperlombakan.

Semua regu berbaris di satu sisi ruangan. Tiap regu diberikan satu balon. Begitu dimulai, ketua regu membawa balon dengan menggunakan kepalanya ke seberang ruang dan kembali. Bila bola jatuh, ia harus mulai lagi. Setiap anggota regu mendapat giliran, dan regu yang pertama selesai, itu yang menang. Salah satu variasi permainan ini ialah dengan cara menaruh balon itu di lantai dan anak-anak harus meniupnya menyeberang ruangan dan kembali.

Diambil dan disunting seperlunya dari:

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Anak Umum

Sumber
Judul Buku: 
Permainan untuk Segala Usia
Pengarang: 
A.M. Patty
Halaman: 
92 -- 95
Penerbit: 
PT. BPK Gunung Mulia
Kota: 
Jakarta

Komentar