Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Bagaimana Visi Sekolah Minggu Anda?


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Kita semua tahu bahwa tanpa visi, manusia akan musnah. Tetapi kadang-kadang ide untuk membuat visi tampak mistis atau terlalu rohani bagi kita, orang Kristen pada umumnya, untuk memahaminya. Alkitab juga berbicara tentang visi, tetapi mungkin menggambarkannya dengan lebih baik. Ketika kita mempelajari hidup beberapa figur, seperti Debora, Ester, Musa, dan Nehemia di Alkitab, kita melihat orang-orang yang memiliki arah dari Tuhan yang memotivasi mereka untuk maju dalam iman menghadapi tantangannya

Kita semua tahu bahwa tanpa visi, manusia akan musnah. Tetapi kadang-kadang ide untuk membuat visi tampak mistis atau terlalu rohani bagi kita, orang Kristen pada umumnya, untuk memahaminya. Alkitab juga berbicara tentang visi, tetapi mungkin menggambarkannya dengan lebih baik. Ketika kita mempelajari hidup beberapa figur, seperti Debora, Ester, Musa, dan Nehemia di Alkitab, kita melihat orang-orang yang memiliki arah dari Tuhan yang memotivasi mereka untuk maju dalam iman menghadapi tantangannya yang akan mematahkan semangat wanita atau pria pada umumnya. Ketika kita menghadapi tantangan dalam pelayanan kita sendiri, visi bisa membuat kita tetap bergerak ke arah yang benar. Pertimbangkan hal-hal berikut ini ketika Anda menyaring visi Tuhan untuk kehidupan Anda sendiri dan pelayanan Anda.

  1. Visi hampir selalu berawal dari suatu beban. Saat Anda berdoa secara teratur untuk orang-orang di kelas Anda, Allah akan mulai membebani hati Anda untuk mereka. Dengan demikian, memasukkan harapan Anda dalam doa rutin Anda akan memberi kesempatan kepada Roh Kudus untuk memberi Anda kepedulian yang dalam tentang bagaimana Dia ingin menggunakan Anda untuk berdampak terhadap hidup mereka.
  2. Sejak saat itulah visi yang Tuhan berikan menjadi lebih jelas. Seorang guru bisa saja memulai tahun ajaran sekolah minggu dengan sedikit lebih memerhatikan bahwa Tuhan telah memimpinnya untuk mengatakan "ya" untuk mengajar. Seiring dengan berjalannya waktu, dia bisa melihat Tuhan yang secara spesifik akan menggunakan dia untuk memberikan bijaksana yang akan melindungi murid-muridnya dari bahaya rohani.
  3. Visi Tuhan adalah ukuran Tuhan. Bila Anda bisa mencapai visi ini dengan menggunakan kemampuan, karunia, dan kesempatan Anda sendiri, maka itu bukanlah visi dari Tuhan. Allah ingin memulihkan kemuliaan-Nya di dalam dan melalui kita. Supaya hal ini bisa terjadi, Dia memberi kita visi yang jauh lebih besar dari diri kita sendiri.
  4. Mengikuti mimpi yang Tuhan berikan kepada Anda akan memerlukan kerjasama dengan orang lain. Karena Tuhan telah memanggil kita menjadi Tubuh Kristus, Dia telah menjadikan kita untuk saling membutuhkan dengan orang lain. Sangat penting untuk melihat kehendak-Nya terlaksana. Anda akan membutuhkan pertolongan dari orang-orang di kelas Anda dan juga pemimpin gereja Anda untuk melihat mimpi itu menjadi kenyataan.
  5. Visi mati tanpa rencana tindakan dan langkah ketaatan yang spesifik. Banyak orang yang mendapatkan ide-ide besar saat mandi di pagi hari. Namun, apa yang kita lakukan terhadap ide itu di permulaan hari membuat semuanya berbeda. Bila Anda ingin melihat murid-murid Anda tumbuh lebih dekat kepada Kristus, maka Anda pun harus tumbuh lebih dekat kepada Kristus. Bila Anda ingin melihat orang yang tersesat datang kepada Tuhan, Anda sepertinya akan perlu melakukan kontak yang terus-menerus dan mencari cara untuk mengikat orang yang belum diselamatkan itu melalui percakapan tentang Tuhan. Bila Anda percaya Allah ingin Anda mempertajam kemampuan Anda sebagai seorang guru, maka mungkin Anda perlu mengikuti beberapa kursus atau mengikuti pelatihan di akhir pekan. Bila Anda melihat Tuhan memimpin Anda untuk melipatgandakan pelayanan dengan membuka kelas baru, Anda perlu segera mendaftar rekan-rekan pelayanan Anda. Bila Anda tidak melakukan apa pun terhadap visi yang Tuhan berikan itu, maka itu sama saja dengan membersihkan saluran air dengan sampo.

Mengajar di kelas yang berisi orang-orang dengan berbagai kebutuhan dan menghubungkan mereka dengan jawaban yang terdapat dalam firman Tuhan merupakan tugas yang sangat besar. Kiranya Tuhan mengizinkan Anda melihat pelayanan pengajaran ini seperti Dia melihat, dan memberi Anda karunia untuk melihatnya tercapai. (t/Ratri)

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Artikel: 
How's Your Sunday School Vision?

Komentar