Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Bagaimana Merencanakan Sekolah Alkitab Liburan


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Kategori Bahan PEPAK: Program Khusus Anak

Merencanakan sebuah program Sekolah Alkitab Liburan (SAL) memerlukan usaha yang besar. Anda akan membutuhkan panitia yang dianggotai para relawan yang rindu melayani anak-anak serta berjam-jam waktu persiapan dan pelaksanaan. Namun, manfaatnya sangat besar. Ada banyak kurikulum yang dapat dibeli. Kurikulum- kurikulum tersebut pada dasarnya merupakan perangkat yang Anda perlukan untuk mengadakan sebuah program yang berhasil. Namun, Anda juga dapat menyusun sendiri suatu program yang secara spesifik akan memenuhi kebutuhan gereja Anda.

Langkah 1

Putuskah apakah Anda ingin membeli program Sekolah Alkitab Liburan atau membuatnya sendiri. Kurikulum yang dijual bisa lebih mahal tetapi, pada akhirnya menawarkan segala sesuatu yang Anda perlukan untuk mengadakan program Sekolah Alkitab Liburan yang profesional. Menyiapkan kurikulum sendiri membutuhkan kerja yang lebih banyak, tetapi lebih murah dan dapat menjadi pengalaman belajar yang berharga untuk para relawan dan remaja Anda.

Langkah 2

Ketahuilah tujuan dari program Anda. Apakah untuk menjangkau anak- anak yang belum bergereja, pertumbuhan jemaat gereja, atau sebagai bentuk hubungan masyarakat bagi gereja? Doakanlah dengan tekun Sekolah Alkitab Liburan Anda ini sebelum, selama, dan setelah program dilaksanakan.

Langkah 3

Bentuklah panitia yang terdiri dari relawan yang benar-benar ingin melayani, termasuk para remaja. Anda akan membutuhkan seorang guru dan seorang pendamping untuk setiap kelompok umur serta para relawan untuk menjalankan kegiatan keterampilan dan permainan. Anda akan membutuhkan seorang pemimpin pujian, beberapa orang untuk menyiapkan dan membagikan makanan kecil, serta seorang pencerita. Dalam program yang lebih kecil, para guru biasanya melakukan sebagian besar peran, tetapi program yang lebih besar membutuhkan lebih banyak individu.

Langkah 4

Dukung tema yang Anda pilih dengan menghias ruangan-ruangan yang ada seperti tempat berburu atau pangkalan luar angkasa. Dorong juga para guru-guru untuk menghias ruangan. Pilihlah kegiatan keterampilan dan lagu-lagu yang sesuai dengan tema Anda.

Langkah 5

Susunlah sebuah jadwal untuk setiap kelas. Setiap hari biasanya diisi dengan kegiatan sapaan, keterampilan, waktu bermain, sesuatu yang menyenangkan, cerita atau pelajaran Alkitab, dan lagu-lagu. Aturlah jadwal sehingga setiap kelompok usia dapat bergiliran menggunakan halaman atau ruang olah raga dengan teratur. Untuk anak dalam kelompok yang besar, spontanitas sulit untuk diatasi.

Langkah 6

Publikasikan program Anda dengan memanfaatkan koran lokal, perantara jemaat gereja, dan papan iklan besar di luar gereja. Bersemangatlah ketika Anda menerima telepon pendaftaran dan menjawab beberapa pertanyaan. Tambahkan kegiatan ini ke situs gereja Anda.

Langkah 7

Laksanakan program tersebut, bereskan setiap keadaan darurat atau perubahan-perubahan yang terjadi sesaat sebelum program dimulai. Catat apa yang berhasil dan tidak berhasil. Nikmatilah semangat anak-anak dan doronglah pekerja Anda untuk terus berdoa. Siap sedialah untuk membantu dan bekerjasamalah saat Anda dibutuhkan. Hal ini juga akan membuat Anda mengetahui masalah-masalah yang mungkin timbul.

Langkah 8

Ucapkan terima kasih kepada para relawan yang telah membantu Anda. Katakan kepada mereka hal-hal positif yang Anda dengar dari para orang tua dan anak. Pertimbangkan untuk membelikan mereka hadiah kecil atau mengirimi mereka ucapan terima kasih. (t/Kristin)

Diterjemahkan dan disesuaikan dari:

Sumber 2
Judul Artikel: 
How to Plan a Vacation Bible School

Komentar