Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Bagaimana Menemukan Kembali Gairah Anda Pada Pelayanan Anak


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Beberapa minggu yang akan datang akan menjadi minggu terberat dalam tahun pelayanan Anda. Musim hujan yang panjang membuat patah semangat dan menurunkan semangat, bahkan bagi orang yang paling berbakti sekali pun. Saya akan bagikan beberapa cara yang saya gunakan untuk menyiapkan hati saya mengatasi patah semangat dalam pelayanan. Fokuskan pada Visi Jangka Panjang Kemunduran jangka pendek benar-benar bisa mematikan moral saya. Saya menjadi patah semangat saat pengajaran saya mengalami kemunduran

Beberapa minggu yang akan datang akan menjadi minggu terberat dalam tahun pelayanan Anda. Musim hujan yang panjang membuat patah semangat dan menurunkan semangat, bahkan bagi orang yang paling berbakti sekali pun. Saya akan bagikan beberapa cara yang saya gunakan untuk menyiapkan hati saya mengatasi patah semangat dalam pelayanan.

  1. Fokuskan pada Visi Jangka Panjang

    Kemunduran jangka pendek benar-benar bisa mematikan moral saya. Saya menjadi patah semangat saat pengajaran saya mengalami kemunduran atau saat saya kehilangan sukarelawan yang sibuk. Tanyakan pada diri Anda sendiri, "Apa yang sedang Anda coba raih dalam hidup anak-anak ini 20 tahun yang akan datang?" Tetap setialah pada visi dan lakukan hal-hal kecil dengan sebaik-baiknya. Lalu percayakan pada Tuhan untuk mengerjakan hal-hal jangka panjang.

  2. Bersyukurlah Atas Keberhasilan-Keberhasilan di Masa Lalu

    Ambil waktu untuk melangkah mundur dan melihat seberapa besar hasil yang telah dicapai tahun ini. Tulislah lima cara yang telah Tuhan pakai untuk menyentuh hidup melalui pelayanan anak yang Anda lakukan. Bersyukurlah kepada Tuhan dan percayalah bahwa Dia akan melanjutkan karya-Nya di tahun yang akan datang.

  3. Doa

    Tidak ada yang membuat saya bersemangat untuk melayani selain menjadi dekat dengan Tuhan. Hanya ada sedikit hal nyata yang bisa didapatkan tanpa berdoa. Lawanlah rasa patah semangat itu dengan mencari dukungan langsung dari Bapa di Surga.

  4. Ingatlah Bahwa Anak-Anak Berharga di Mata Yesus

    Saat Tuhan memanggil saya untuk mengerjakan pelayanan anak, saya kagum menemukan seluruh ayat Alkitab yang menunjukkan kasih Allah kepada anak-anak. Ingatlah selalu bahwa hasrat-Nya untuk menjangkau anak-anak akan selalu melebihi hasrat Anda. Yang harus Anda lakukan adalah sejalan dengan tujuan-Nya.

  5. Doronglah Rekan-Rekan yang Lain

    Salah satu cara terbaik untuk mengatasi patah semangat adalah menjadi penyemangat bagi orang lain. Perhatikanlah salah satu guru sekolah minggu dan katakan, "Pelayananmu berharga bagi Allah dan membuat perbedaan." Lakukan hal ini setiap minggu.

  6. Luangkan Waktu Lebih Banyak Bersama Anak-Anak yang Terluka

    Kadang-kadang saya lupa pada luka yang dihadapi oleh anak-anak dalam hidup mereka. Sediakan waktu untuk menjalin hubungan dengan anak yang menderita akibat kehidupan keluarga yang keras.

  7. Kunjungi Keluarga-Keluarga yang Belum Bergereja

    Hanya ada beberapa hal yang bisa menyemangati saya dalam berpelayanan, misalnya mengunjungi rumah-rumah beberapa murid yang "berantakan". Ingatlah, hanya Injil yang bisa mematahkan lingkaran setan yang merusak banyak keluarga.

  8. Kasihilah Mereka yang Tidak Dikasihi

    Perhatikanlah anak yang paling membuat Anda stres, anak yang Anda anggap sebagai pembuat masalah. Kemudian buatlah proyek pribadi untuk mengasihi anak itu dan menghadirkan Kristus dalam hidup mereka. Bila Anda berhasil, Anda tidak akan pernah melupakannya.

Bagaimana dengan Anda? Bagaimana Anda membangkitkan lagi semangat Anda untuk pelayanan anak? Kiranya Tuhan memberkati Anda karena Anda melayani gereja-Nya dan anak-anak-Nya. (t/Ratri)

Kategori Bahan PEPAK: Guru - Pendidik

Sumber
Judul Artikel: 
How To Rediscover Your Passion For Children's Ministry

Komentar