Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK

Bagaimana Mendorong Anak-Anak untuk Membagikan Iman Mereka?


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 717 - Kesaksian ASM: Buah Pertumbuhan Rohani (II)

Bagaimana Mendorong Anak-Anak untuk Membagikan Iman Mereka?

Mendorong anak-anak untuk membagikan iman mereka kepada orang lain adalah penting, tetapi kadang-kadang hal itu dilupakan. Laju kehidupan dapat berlalu lebih cepat daripada yang kita maksudkan, dan meskipun kita berniat untuk mengundang orang lain ke gereja atau untuk membagikan iman kita di dalam Tuhan, sangat mudah untuk jatuh di dalam rutinitas gereja yang normal atau teralihkan dan terganggu dari tujuan semula.

Berikut ini adalah tujuh cara agar Anda dapat mendorong anak-anak untuk berbagi iman mereka.

1. Jadilah teladan.

Anak-anak secara alamiah akan meniru orangtua mereka. Jika sebagai orangtua, saya memilih untuk membagikan iman saya, anak-anak saya akan melihat teladan itu.

2. Mencari kesempatan untuk bercerita.

Menyadari orang-orang yang ada dalam kehidupan Anda setiap hari dan yang tidak mengenal Kristus sangatlah penting. Latihlah diri Anda untuk berpikir, "Apakah orang ini mengenal Yesus?" adalah cara yang baik untuk memulai kebiasaan rohani yang sehat dalam menceritakan Tuhan dan kepercayaan kita kepada-Nya.

3. Gunakan berbagai alat untuk menceritakan iman Anda kapan pun Anda bisa.

Menyimpan kartu atau kertas undangan dari gereja Anda atau alat pelayanan yang mudah dipakai adalah contoh yang sangat bagus untuk mendorong anak-anak Anda. Meminta anak-anak Anda kalau-kalau mereka ingin memberi sebuah kartu kepada seorang teman atau orangtua teman adalah cara mudah untuk memberikan kesempatan kepada mereka untuk berbagi.

4. Diskusikan sifat dan secara spesifik tentang Tuhan sebagai pencipta dunia, pencipta manusia, dan kebutuhan kita akan Dia.

Anak-anak senang melihat Tuhan di alam dan mereka secara mudah mengingat apa yang mereka pelajari. Berbagi temuan mereka dengan orang lain merupakan hasil yang indah dari mempelajari tentang Allah untuk diri mereka sendiri. Alam dapat menjadi alat yang mengagumkan untuk menolong anak-anak berbagi iman mereka. Sebagai cara untuk melakukan petualangan selanjutnya, periksalah luar ruangan dengan menggunakan ayat Alkitab perburuan.

5. Bacalah buku-buku yang akan membangun keberanian anak-anak Anda untuk berbagi iman mereka.

Sebuah sumber yang bagus yang muncul dalam pikiran untuk jenis dorongan semacam ini adalah "A Friend Planting Seeds Is a Friend Indeed" (Teman dalam Menabur adalah Teman Sejati - Red). Atau, untuk anak praremaja dan remaja, "You Were Made To Make a Difference" (Engkau Diciptakan untuk Membuat Perbedaan - Red). Buku-buku yang mengagumkan itu berisi seputar perubahan hati, perubahan hidup, dan karena itu mengubah masyarakat.

6. Gunakan pakaian atau pengingat visual lainnya.

Gunakan kaos yang bertuliskan ayat-ayat Alkitab atau tulisan dengan prinsip pengajaran Kristen. Hal ini dapat menjadi batu loncatan bagi anak untuk berbagi tentang iman mereka. Ayat-ayat Alkitab atau tulisan-tulisan pada pakaian dapat menjadi saksi bagi Kristus dalam kehidupan sehari-hari.

7. Biarkan mereka berlatih membagikan iman mereka dengan orang-orang yang mengasihi mereka.

Kadang-kadang, kakek dan nenek adalah calon yang ideal untuk mendengar apa yang akan dikatakan oleh anak-anak tentang Yesus. (t/Santi T.)

Diambil dan diterjemahkan dari:

Nama situs : FaithGateway
Alamat URL : http://www.faithgateway.com/encourage-children-share-faith/#.VhNST4aETRF
Penulis asli artikel : How to Encourage Children to Share Their Faith
Penulis artikel : Rachel Wojo
Tanggal akses : 6 Oktober 2015

Kategori Bahan PEPAK: Penginjilan Anak - Misi Anak

Komentar