Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Bagaimana Mendapatkan Pelayan Sekolah Minggu?


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Jika saat ini keadaan di tempat para Pelayan Anak sekalian mengalami keterbatasan guru, segeralah mengambil beberapa langkah praktis dan tepat untuk mengantisipasi hal tersebut. Untuk membantu para Pelayan Anak sekalian, silakan memakai beberapa acuan yang ada di artikel berikut, yang sekaligus disertai upaya menindaklanjutinya. Teruslah bersemangat meskipun terdapat keterbatasan dalam jumlah pelayan anak yang ada! Tuhan Yesus memberkati. Ada beberapa rencana yang disarankan. Salah satunya adalah

Jika saat ini keadaan di tempat para Pelayan Anak sekalian mengalami keterbatasan guru, segeralah mengambil beberapa langkah praktis dan tepat untuk mengantisipasi hal tersebut. Untuk membantu para Pelayan Anak sekalian, silakan memakai beberapa acuan yang ada di artikel berikut, yang sekaligus disertai upaya menindaklanjutinya. Teruslah bersemangat meskipun terdapat keterbatasan dalam jumlah pelayan anak yang ada! Tuhan Yesus memberkati.

Ada beberapa rencana yang disarankan. Salah satunya adalah kampanye pendaftaran yang rutin diadakan. Setiap orang Kristen harus menjadi pekerja bagi Tuhan. Tujuan dari kampanye ini adalah untuk mendaftar setiap orang di gereja supaya melayani di bidang yang paling mereka minati dan sesuai dengan kemampuan pribadi mereka. Untuk mengadakan kampanye itu, harus disediakan "Formulir Pendaftaran Sukarelawan". Formulir ini berisi daftar kegiatan gereja dengan pengelompokan, misalnya "Administrasi Umum Gereja", "Pendidikan Kristen", "Kelompok Kepemimpinan" dan "Pelayanan Umum".

Dalam kelompok "Pendidikan Kristen" didaftarkan pengajaran untuk berbagai kelompok usia, kesekretariatan, pemimpin pujian, humas, misi, sosial, dan kegiatan rekreasi.

Setiap anggota gereja diminta untuk mempelajari formulir tersebut, dan memberi tanda pada pelayanan "yang akan terus saya layani" atau "di mana saya akan menyiapkan diri sesuai dengan panggilan saya". Sebelum daftar tersebut dibagikan, pendeta bisa memperkenalkan kampanye itu dengan berkhotbah, misalnya tentang "Kerjakanlah Panggilan Anda" berdasarkan Efesus 4:1.

Salah satu gereja yang sibuk menyediakan formulir pelayanan untuk setiap anggota gereja yang baru. Orang baru ini diminta untuk menunjukkan kegiatan yang disukainya. Anggota baru ini kemudian mengikuti pelatihan untuk menyiapkan kegiatan itu atau bila sudah berkualitas, segera melakukan pelayanan. Gereja ini berjuang keras untuk mewujudkan "setiap anggota gereja memunyai tugas tanggung jawab pribadi".

Di gereja lain, koordinator, pendeta, dan komisi pendidikan Kristen mengambil rencana sebagai berikut.

  1. Setahun sekali mereka mendaftar dan menyusun daftar anggota staf dan guru yang potensial.
  2. Program pelatihan diadakan untuk semua pelayan yang ada dan potensial.
  3. Anak-anak di setiap kelas sekolah minggu diajar dan didorong untuk ikut serta dalam sesi pelajaran mereka, sehingga membantu mengembangkan keinginan dan kemampuan untuk melayani.
  4. Asisten pembantu didaftar di semua departemen dan kegiatan untuk dilatih menempati posisi sebagai guru dan pelayan/pekerja.
  5. Teman-teman pelayan dan guru diberi kesempatan setiap beberapa minggu untuk melayani sebagai pelayan dan guru rutin.
  6. Sekolah Alkitab liburan membutuhkan pembantu sebanyak mungkin. Beberapa dari mereka ditingkatkan menjadi pekerja sekolah minggu.
  7. Para pemuda yang telah menghadiri retret diberi sesuatu yang istimewa untuk dilakukan di sekolah minggu.
  8. Tiga fakta berikut ini bisa digunakan untuk menarik orang untuk melayani:
    1. Setiap orang Kristen harus menjadi pelayan Tuhan;
    2. Diperlukan banyak pekerja, dan kita harus taat kepada Tuhan yang telah melakukan banyak hal bagi kita; dan
    3. Talenta pelayanan tertentu ada pada setiap kita.

    Ketika para pekerja itu sudah terdaftar, sukacita melayani membantu mereka untuk tetap setia dalam mengerjakan tugas dan tanggung jawab mereka.

  9. Perjanjian dibuat untuk 1 tahun periode sehingga pekerja dan guru itu bisa berganti bila mereka menginginkannya, atau bila koordinator dan komisi pendidikan Kristen merasa hal ini diperlukan.

Tentu saja ada metode lain untuk mendaftar pekerja sekolah minggu. Tugas Anda adalah membantu mengembangkan seseorang yang terbaik di gereja Anda. Metode apa pun yang Anda pilih, pastikan untuk memberi kesan bahwa "Lembar Tugas dan Tanggung Jawab" bisa memfasilitasinya. Para pelayan harus menyadari perlunya memenuhi tanggung jawab dengan baik. Saat Anda memilih pembantu pelayan, ingatlah saran-saran berikut ini.

  1. Perhatikan sebelum melompat. Berhati-hatilah. Mudah untuk menyerahkan tanggung jawab kepada orang yang salah, tetapi sulit untuk memindahkan pekerja yang tidak kompeten. Kenalilah orangnya dan evaluasilah pengalaman dan kemampuannya sebelum membuat tugas khusus.
  2. Pastikan pembantu yang dapat diandalkan sebagai kelompok kerja. Penelitian terhadap empat ribu pekerja yang diberhentikan dalam industri menunjukkan hanya kira-kira sepertiga dari mereka yang kehilangan pekerjaan karena mereka kurang mampu. Dua pertiga lainnya diberhentikan karena mereka tidak dapat bekerja sama dengan teman kerjanya.
  3. Jangan terburu-buru. Sering kali, kita tergoda untuk menempatkan seseorang yang masih muda dalam tanggung jawab tertentu sebelum mereka siap, hanya karena mereka tampaknya mau.
  4. Pekerjakan baik pria maupun wanita. Pria tampaknya melakukan beberapa jenis pekerjaan pelayanan di gereja dengan lebih baik daripada wanita. Tetapi di sekolah minggu, wanita juga dapat mengajar dan mengerjakan tugas-tugas lain sebaik pria. Tetapi, jangan terlalu banyak staf wanita. Ajaklah juga para pria!
  5. Berhati-hatilah dengan orang baru. Pendatang baru yang potensial, tidak peduli betapa menjanjikannya dia, sebaiknya jangan didaftarkan dan terlalu cepat diberi tugas. Orang baru itu bisa saja memiliki kelemahan yang tidak tampak di awal dan bisa menyebabkan anggota dan pekerja lama terganggu.
  6. Cobalah untuk menggunakan setiap pekerja yang bisa diharapkan sebagai asisten suatu posisi sebelum melimpahkan tanggung jawab atas pekerjaan penting kepada orang ini.
  7. Aturlah supaya pekerja baru ini mendapat pelatihan yang cermat sehingga dapat mengerjakan pekerjaan barunya. Kurangnya pengarahan bisa menyebabkan perasaan tidak mampu dan frustrasi, yang akhirnya menjadi tidak semangat dan gagal.
  8. Berdoalah untuk setiap pekerja yang prospektif. Bila Anda tetap terus dekat dengan Allah, Dia akan menolong Anda saat Anda memilih pekerja untuk sekolah minggu Anda.
  9. Diskusikan setiap pengangkatan yang diusulkan dengan pendeta, anggota komisi pendidikan Kristen, divisi pelayan, dan anggota staf yang akan bekerja sama dengan pekerja baru.
  10. Setialah kepada departemen anak Anda. Dukunglah mereka. Doronglah mereka saat patah semangat. Pujilah mereka di setiap kesempatan. Belalah mereka saat mereka dikritik. Kesetiaan kepada mereka akan mendorong terbentuknya kelompok kerja dan akan membantu terlaksananya tugas besar yang menanti Anda. (t/Ratri)

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Sumber
Judul Artikel: 
How Can Workers Be Discover?
Judul Buku: 
Superintend With Success
Pengarang: 
Guy P. Leavitt
Halaman: 
58 -- 59
Penerbit: 
Standard Publishing
Kota: 
Ohio
Tahun: 
1980

Komentar