Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Bagaimana Menanamkan Rasa Cinta Terhadap Bangsa dan Negara kepada Anak Sekolah Minggu?


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 737 - Mengajar Anak Mencintai Bangsa dan Negara (II)

Ditulis oleh: Davida

1. Tanamkan dalam hati anak-anak untuk menghayati dan mengamalkan Pancasila yang adalah dasar negara Indonesia.

Pancasila bukan sembarang ideologi. Sebab, sebagai orang percaya, kita yakin bahwa Pancasila hadir di Indonesia sesuai dengan kehendak Allah yang mengatur hidup bersama antarmanusia di alam Indonesia ini.

Tanamkan kepada anak bahwa dengan mengamalkan Pancasila, mereka telah menjadi warga negara yang baik mencintai negara Indonesia. Dorong mereka untuk turut berpartisipasi dalam hal sekecil apa pun agar cita-cita Pancasila terwujud.

2. Doronglah anak untuk mewujudkan rasa cinta tanah air di mana pun mereka berada.

Anak harus dididik untuk mewujudkan rasa persatuan dan cinta tanah air di mana pun mereka berada, baik itu di lingkungan keluarga, sekolah, tempat tinggal kita, gereja, dsb.. Sebagai generasi penerus bangsa, anak perlu tahu bahwa mereka harus dapat mewujudkan sikap dan tingkah laku yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat. Sebagai generasi penerus bangsa, anak dapat berperan seperti para pahlawan yang berani mengorbankan diri karena mereka mencintai tanah airnya. Mereka mencintai rakyat, bangsa, dan negara Indonesia. Rasa cinta tanah air bisa diwujudkan dengan berbagai macam cara, antara lain:

  1. Sebagai pelajar, anak harus bertanggung jawab dengan belajar sungguh–sungguh dan tekun.
  2. Dorong anak untuk mencintai produk-produk dalam negeri.
  3. Bangga sebagai bangsa Indonesia, yang diwujudkan dengan menggunakan bahasa Indonesia, mencintai dan mempertahankan budaya Indonesia.
  4. Disiplin dalam upacara dan peringatan hari-hari besar negara.

3. Ceritakan kepada anak tentang orang-orang yang mencintai negaranya dalam Alkitab.

Dalam Alkitab, kita dapat melihat banyak orang yang sungguh mencintai negaranya dan mereka dipakai secara luar biasa oleh Allah. Mereka dipakai Allah untuk mewujudkan rencana Allah bagi suatu bangsa. Kita dapat menceritakan tentang Musa yang dipakai Tuhan untuk membebaskan bangsanya dari perbudakan bangsa Mesir, Debora yang memimpin peperangan untuk melawan musuh bangsa Israel, Ratu Ester yang dipakai Tuhan untuk menyelamatkan bangsanya dari niat jahat, Nehemia yang berdoa bagi bangsanya, dan Ezra yang membawa bangsanya kembali kepada Tuhan melalui pembacaan dan perenungan Kitab Suci agar bangsanya dipulihkan oleh Allah, dsb..

Kisah-kisah tersebut akan menolong anak untuk melihat bahwa sebagai orang percaya, rasa cinta terhadap tanah air adalah satu hal penting yang perlu ada dalam diri mereka. Rasa cinta tersebut akan menolong mereka melihat rencana yang ingin Allah kerjakan dalam diri mereka melalui bangsa dan negara tercinta.

4. Berdoa bagi bangsa dan negara.

Dalam setiap acara di sekolah minggu atau dalam ibadah keluarga, sempatkan untuk berdoa syafaat bagi bangsa dan negara. Kebiasaan ini akan menolong anak untuk lebih peduli terhadap perkembangan apa pun yang terjadi di negara kita dan menjadikannya sebagai pokok doa mereka, baik secara bersama maupun pribadi.

Sumber bacaan:

  1. Julian, Meisty. "Menanamkan Sikap Cinta Tanah Air kepada Anak-Anak Usia Dini". Dalam
    https://meistyj.wordpress.com/2013/03/22/makalah-tentang-menanamkan-sikap-cinta-tanah-air-kepada-anak-anak-usia-dini/
  2. Wahyudi, Samuel. "Spiritualitas Kaum Injili di Tengah Masyarakat Majemuk yang Sedang Membangun di Indonesia". Dalam
    http://alkitab.sabda.org/resource.php?topic=598&res=jpz

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Anak Umum

Komentar