Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Bagaimana Memilih Kurikulum Sekolah Alkitab Liburan yang Tepat


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Setiap tahun, pilihan kurikulum pelajaran Alkitab yang dapat digunakan dalam SAL semakin baik. Banyaknya tema-tema kurikulum yang muncul menimbulkan masalah -- kurikulum mana yang tepat untuk gereja Anda? Berikut unsur-unsur penting yang harus diperhatikan dalam memilih kurikulum untuk SAL. Teologi Para penerbit kurikulum pelajaran Alkitab biasanya mengabaikan perbedaan doktrin. Ini dapat dimaklumi karena mereka mencoba menjangkau gereja sebanyak mungkin. Tetapi Anda tidak bisa menganggap bahwa setiap

Setiap tahun, pilihan kurikulum pelajaran Alkitab yang dapat digunakan dalam SAL semakin baik. Banyaknya tema-tema kurikulum yang muncul menimbulkan masalah -- kurikulum mana yang tepat untuk gereja Anda? Berikut unsur-unsur penting yang harus diperhatikan dalam memilih kurikulum untuk SAL.

  1. Teologi

    Para penerbit kurikulum pelajaran Alkitab biasanya mengabaikan perbedaan doktrin. Ini dapat dimaklumi karena mereka mencoba menjangkau gereja sebanyak mungkin. Tetapi Anda tidak bisa menganggap bahwa setiap kurikulum itu netral secara teologis. Bagaimana Anda bisa mengevaluasi kecenderungan teologis sebuah kurikulum SAL?

    • Periksa apakah penerbit memiliki pernyataan iman.
    • Galilah lebih dalam dan lihatlah gereja aliran apakah yang sering menggunakan kurikulum mereka.
    • Bacalah dengan saksama dan tajam contoh pelajarannya.
    • Bila Anda mencoba menggunakan penerbit baru, periksalah selalu bersama pendeta atau majelis gereja Anda.
  2. Kualitas Rencana Pelajaran

    Tidak semua pelajaran Alkitab dibuat sama. Ketika berbicara tentang kualitas, saya senang dengan pelajaran yang memiliki sasaran pembelajaran yang jelas. Kurikulum yang baik pasti memiliki dua elemen yang seimbang -- menantang anak-anak bergereja dan menjangkau yang belum bergereja. Ini bukanlah tugas yang mudah! Periksa juga apakah referensi-referensi Alkitab mendukung tujuan pelajaran itu. Sering kali, ayat-ayat Alkitab dipaksakan dalam pelajaran hanya karena tema tersebut sesuai dengan tema sehari-hari. Periksalah dengan saksama pengajaran Alkitab; inilah inti dari setiap kurikulum SAL yang baik.

  3. Dukungan

    Banyak penerbit kurikulum memiliki forum-forum online di mana Anda bisa berbagi gagasan dengan para penyelenggara SAL lainnya. Ini adalah cara yang tepat untuk mendapatkan dukungan dan teman-teman baru. Beberapa penerbit bahkan mengadakan pelatihan secara regional. (Biasanya diadakan penerbit kurikulum SAL luar negeri.) Ini merupakan keuntungan menggunakan jasa penerbit kurikulum yang besar.

  4. Latar Belakang Pelayanan

    Pikirkan baik-baik latar belakang pelayanan Anda. Tidak semua tema akan cocok di setiap komunitas. Misalnya, beberapa kurikulum SAL mungkin tidak cocok untuk anak-anak kota meskipun kurikulum tersebut cocok untuk anak-anak di pedesaan. Bila Anda menjangkau anak yang belum bergereja, carilah program yang mengarah pada penginjilan. Bila sebagian besar peserta SAL berasal dari gereja-gereja lain, pilihlah kurikulum yang mengarah kepada pemuridan.

  5. Pertunjukan Musik dan Video

    Musik jenis apa yang memengaruhi budaya di kota Anda? Musik adalah faktor penting saat memilih kurikulum. Bila mungkin, beri kesempatan kepada anak-anak di lingkungan Anda untuk mencoba musik yang ditawarkan situs penerbit. Musik yang kita anggap "bagus" bisa jadi dianggap jelek oleh anak-anak. Penting juga mencari penerbit yang menawarkan contoh DVD musik.

  6. Pemasaran

    Sebagai suatu konsep, SAL tidak terlalu menarik. Kebanyakan penerbit menawarkan serangkaian bahan-bahan publisitas untuk membantu meningkatkan jumlah peserta. Berhati-hatilah, biaya untuk hal ini bisa meningkat cepat. Saya biasanya membuat selebaran dengan logo iklan yang telah disetujui, yang disertakan dalam kurikulum. Bisa juga menggunakan papan iklan besar di jalan depan gereja. Cara ini bisa berhasil karena lokasi, tetapi Anda mungkin harus menjadi lebih kreatif lagi.

  7. Mudah Digunakan

    "Mudah" merupakan kata kunci untuk kurikulum pelayanan anak. Kita harus mengatur waktu kita. Cobalah untuk mempermudah persiapan, tetapi harapkanlah energi dan semangat yang luar biasa dari para pelayan saat acara berlangsung. Menggunakan program SAL yang membuat segala persiapannya mudah adalah suatu nilai tambah.

  8. Harga

    Rata-rata harga kurikulum SAL itu sama. Perhatikan harga-harga yang tidak nampak, misalnya untuk lembar kerja, alat-alat keterampilan, dan buku pedoman tambahan untuk guru. Bila dana yang tersedia terbatas, jadilah kreatif dengan mencari sumbangan makanan dan alat-alat keterampilan. Beberapa gereja bersedia bersama-sama berusaha menghemat biaya dengan berbagi barang-barang yang mereka miliki. Anda juga bisa membeli bahan yang diperlukan secara online dan mendapatkan banyak potongan harga untuk kurikulum SAL. (t/Ratri)

Kategori Bahan PEPAK: Program Khusus Anak

Sumber
Judul Artikel: 
How To Choose The Right Vacation Bible School Curriculum

Komentar