Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Bagaimana Cara Meningkatkan Partisipasi Murid-Murid Sekolah Minggu


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Langkah 1

Mulailah dengan memberikan penghargaan. Temukan cara untuk memberikan penghargaan atas kehadiran murid, tingkah laku yang baik, dan partisipasi aktif. Sudah terbukti, penghargaan yang memikat hati sering kali memiliki korelasi dengan minat murid-murid dan partisipasi mereka di dalam kelas.

Langkah 2

Gabungkan permainan ke dalam rencana pelajaran. Carilah cara untuk membuat proses belajar mengajar menarik, dengan demikian anak-anak tidak bosan atau kelelahan selama di dalam kelas. Permainan yang interaktif akan menarik minat murid-murid sekolah minggu karena permainan tersebut memberi kesempatan untuk bermain dengan murid-murid lainnya, sekaligus belajar pada saat yang bersamaan.

Langkah 3

Izinkan anak-anak untuk belajar bersama. Membentuk kelompok atau tim dapat membantu anak-anak belajar bersama teman sebayanya khususnya untuk pelajaran yang sulit. Jika kelompok atau tim dibentuk untuk tujuan kompetisi (seperti untuk permainan), murid-murid bisa diajari untuk memiliki semangat untuk menang.

Langkah 4

Ubahlah kegiatan dari yang hanya mendengarkan menjadi kegiatan yang memiliki tujuan. Anak kecil mudah teralihkan perhatiannya dan bisa dengan mudah terganggu fokusnya karena hal-hal lain. Periksalah kemampuan pendengaran mereka secara berkala dengan melibatkan mereka dalam kegiatan kuis yang menyenangkan. Jangan lupa untuk memberikan penghargaan kepada anak-anak sehingga mereka memiliki dorongan untuk tetap mendengar dan belajar.

Langkah 5

Doronglah anak-anak untuk saling mengenal satu dengan yang lain. Membangun persahabatan dengan murid lain dapat membantu mereka untuk merasa nyaman, aktif, dan saling menghargai dalam lingkungan mereka. (t/Kristin)

--Bergabunglah dalam Facebook BA: http://fb.sabda.org/binaanak--

Diterjemahkan dari:

Sumber
Judul Artikel: 
ow to Encourage Sunday School Class Participation
Pengarang: 
Tidak dicantumkan

Komentar