Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Bagaimana Bersahabat dengan Yesus?


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Ayat: Yohanes 15:14 (Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu.) Cerita: Budi kecil pulang ke rumah sambil menangis. "Jimmy bukan temanku," ujarnya. "Mengapa kamu katakan Jimmy bukan temanmu?" tanya ibunya. "Karena dia tidak menuruti omonganku," ujar Budi. Budi ingin Jimmy pergi ke toko dengannya, tetapi Jimmy menolaknya. Jimmy hampir selalu melakukan apa yang diinginkan Budi karena mereka adalah teman baik. Akan tetapi, ketika Budi tidak melakukan apa yang Budi

Ayat: Yohanes 15:14 (Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu.)

Cerita: Budi kecil pulang ke rumah sambil menangis. "Jimmy bukan temanku," ujarnya.

"Mengapa kamu katakan Jimmy bukan temanmu?" tanya ibunya.

"Karena dia tidak menuruti omonganku," ujar Budi. Budi ingin Jimmy pergi ke toko dengannya, tetapi Jimmy menolaknya.

Jimmy hampir selalu melakukan apa yang diinginkan Budi karena mereka adalah teman baik. Akan tetapi, ketika Budi tidak melakukan apa yang Budi inginkan, atau ketika Budi tidak melakukan apa yang Jimmy inginkan, mereka tidak bersahabat baik. Semakin banyak mereka melakukan sesuatu untuk sahabat mereka, semakin akrab hubungan persahabatan mereka.

Demikian juga, kita dapat menjadi sahabat-sahabat Yesus yang lebih baik dengan melakukan apa yang Dia inginkan. Dia berkata, "Kamu adalah sahabat-sahabat-Ku, jika kamu melakukan apa yang Kukatakan kepadamu."

Apa yang diinginkan Yesus untuk kita lakukan? Tentu saja semua hal yang Allah katakan dalam Alkitab: menghormati orang tua, menolong orang lain, bersikap jujur, tidak mengatakan hal-hal yang buruk tentang orang lain, dan memercayai bahwa Yesus adalah Juru Selamat kita dari dosa.

Sebenarnya, ketika Yesus mengatakan hal ini kepada sahabat-sahabat-Nya, dia sedang berbicara tentang hal saling mengasihi satu sama lain. "Kasihilah sesamamu seperti Aku telah mengasihimu," kata-Nya. Itulah maksud-Nya, terutama saat Dia berkata, "Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu."

Diskusi: Bagaimana kamu menilai dua orang yang bersahabat itu dikatakan akrab? Bagaimana Yesus menginginkan sahabat-sahabat-Nya saling memperlakukan satu sama lain? Apa yang akan terjadi jika kita menolak apa yang Yesus katakan kepada kita? Mari kita ucapkan ayat Alkitab bersama-sama.

Ayat: Yohanes 15:4-8

Doa: "Yesus yang baik, kami mau menjadi teman-teman-Mu dan murid-murid-Mu. Tolong ampuni kami karena tidak melakukan dengan lebih baik apa yang Engkau katakan. Bantulah kami melakukan hal-hal yang telah Engkau perintahkan kepada kami agar setiap orang melihat bahwa kami adalah sahabat-sahabat-Mu. Amin." (t/Uly)

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Artikel: 
How to Be Friends with Jesus
Judul Buku: 
Little Visits With God
Pengarang: 
Allan Hart Jahsman dan Martin P. Simon
Halaman: 
79 -- 80
Penerbit: 
Concordia Publishing House
Tahun: 
1957

Komentar