Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Aku Diterima di dalam Kristus


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

PENDAHULUAN

Kita semua suka diterima oleh teman-teman dan murid-murid sekelas kita. Ketika tahu bahwa ada seseorang yang mengasihimu apa adanya dirimu, kita pasti merasakan suatu perasaan yang nyaman. Tetapi, ada sesuatu yang lebih penting daripada dicintai dan diterima oleh orang lain. Apakah itu? Hal itu adalah dikasihi dan diterima oleh Allah!

Allah melakukan sesuatu yang indah padaku ketika aku menerima Tuhan Yesus sebagai Juru Selamatku! Dia membuat sebuah jalan bagiku untuk benar-benar diterima oleh-Nya setiap saat. Bagaimana Allah membuatku berkenan bagi-Nya? Dia membuat aku ada di dalam Kristus. Pada saat aku memercayai Tuhan Yesus sebagai Juru Selamatku, Allah membuat aku ada dalam Kristus. Dia sedang memikirkan tentang Anak-Nya yang terkasih. Allah selalu memandangku berada dalam Kristus.

Bagaimana Aku bisa berada dalam Kristus? Allah membuatku berada di sana! Alkitab mengatakan, "Tetapi oleh Dia [Allah] kamu berada dalam Kristus Yesus ...." (1 Korintus 1:30)

AYAT ALKITAB

Di bawah ini, beberapa ayat yang memberitahukan kita akan posisi baru kita dalam Kristus.

  1. "... Allah ... telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam Sorga." (Efesus 1:3)

  2. "Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan ...." (Efesus 1:4)

  3. "... yaitu mereka yang dikuduskan [dipisahkan bagi Allah] dalam Kristus Yesus ...." (1 Korintus 1:2)

  4. "Karena kita ini adalah buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik yang dipersiapkan Allah sebelumnya, Ia mau supaya kita hidup di dalam-Nya." (Efesus 2:10)

  5. "... dan kita ada di dalam Yang Benar, di dalam Anak-Nya Yesus Kristus ...." (1 Yohanes 5:20)

  6. "Demikianlah sekarang tidak ada lagi penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Yesus Kristus." (Roma 8:1)

Allah tidak hanya membuatku ada dalam Kristus, tetapi Dia telah menjadikanku pribadi yang baru dalam Kristus. Alkitab mengatakan, "Jadi siapa yang [siapa pun] ada dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru [seorang pribadi yang baru]: yang lama sudah berlalu; sesungguhnya yang baru sudah datang." (2 Korintus 5:17) Aku masih memiliki tubuh yang sama, tetapi Allah telah menjadikanku sebagai seorang pribadi yang baru secara batiniah.

PELAJARAN

Dalam Kristus Aku Diterima

Allah ingin setiap orang percaya tahu bahwa dia ada dalam Kristus. Allah ingin kita tahu bahwa Allah mengasihi dan menerima kita dalam Kristus, dalam cara yang sama seperti Dia mengasihi dan menerima Anak-Nya yang terkasih. Alkitab mengatakan, "... yang dikaruniakan-Nya kepada kita di dalam Dia yang dikasihi-Nya [Anak-Nya yang terkasih]." (Efesus 1:6)

Cerita berikut mungkin dapat menolong kita memahami apa artinya "diterima dan menjadi yang terkasih".

Pada suatu saat, ada seorang gadis muda cantik yang tinggal di negeri yang jauh. Keluarganya sangat miskin dan dia tidak memiliki masa depan yang cerah. Suatu hari, dia memutuskan untuk meninggalkan rumahnya dan pergi ke negeri lain untuk menjadi pelayan dalam rumah seorang yang kaya raya. Orang ini sangat kaya dan rumahnya terlihat sebagai sebuah istana bagi gadis muda ini. Orang ini berlaku baik pada gadis ini dan sang gadis bekerja keras untuk menyenangkan tuannya.

Orang kaya ini memiliki seorang anak laki-laki yang sangat dia kasihi. Suatu waktu, anak laki-laki ini jatuh cinta pada gadis pelayan yang cantik itu. Gadis ini juga mencintainya dan suatu hari si anak meminta gadis itu untuk menjadi istrinya. Ayahnya sangat senang bahwa anak laki-lakinya telah menemukan gadis yang ingin dia nikahi. Suatu hari, si anak laki-laki dan gadis pelayan itu disatukan dalam ikatan pernikahan.

Tiba-tiba segala sesuatu berubah bagi gadis muda ini. Dia bukan lagi seorang pelayan, tetapi dia diterima dalam keluarga orang kaya ini. Kenapa dia diterima? Dia diterima karena dia telah menjadi istri dari anak laki-laki yang dikasihi ayahnya. Dia "diterima melalui anak laki-laki yang terkasih".

Ini sebuah ilustrasi akan apa yang telah Allah lakukan bagiku. Pada saat aku menerima Tuhan Yesus sebagai Juru Selamatku, Allah membuatku berada di dalam Kristus. Sekarang, aku dikasihi dan benar-benar diterima oleh Allah di setiap waktu. Allah telah membuatku diterima melalui Anak-Nya yang Terkasih.

Allah di Pihakku!

Karena aku ada di dalam Kristus, Allah ada di pihakku! Ini berarti bahwa Allah selalu menginginkan yang terbaik bagiku. Ketika sesuatu yang buruk terjadi pada kita, musuh kita, setan bisa berkata pada kita, "Allah tidak mengasihimu! Jika Allah benar-benar mengasihimu, Dia tidak akan membiarkan hal itu terjadi padamu." Tetapi, setan adalah pembohong!

Yang benar adalah Allah mengerjakan segala sesuatu bersamaan untuk kebaikan orang yang mengasihi-Nya dan mengasihi Anak-Nya. Alkitab mengatakan, "Kita tahu sekarang bahwa Allah turut bekerja di dalam segala sesuatu bagi kebaikan orang yang mengasihi-Nya ...." (Roma 8:28)

Kamu mungkin bertanya, "Bagaimana kalau ada orang-orang yang melawanku?" Jika Allah ada di pihak kita, tidak masalah siapa yang melawan kita. Alkitab mengatakan, "Jika Allah di pihak kita, siapa lawan kita?" (Roma 8:31) Allah di pihak kita! Itulah yang penting! Katakan pada dirimu sendiri sekarang, "Allah di pihakku!"

Diterima dalam Kristus

"Bagaimana kalau beberapa orang tidak menerimaku?" Dikasihi dan diterima oleh Allah jauh lebih penting daripada dikasihi dan diterima oleh orang lain. Allah di pihakku dan menerimaku setiap waktu karena aku ada dalam Kristus. Dia selalu memikirkanku.

"Bagaimana jika beberapa orang tidak mengasihiku?" Ingat, Tuhan Yesus mengasihimu dan Bapa mengasihi kita. Setiap orang percaya dapat mengatakan, "Allah mengasihi aku! Dia mengasihiku dalam cara yang istimewa karena kasihku kepada Yesus yang Dia berikan dalam hatiku." Tuhan Yesus berkata, "Bapa sendiri mengasihimu karena engkau telah mengasihi Aku ...." (Yohanes 16:27)

Apa yang Terjadi jika Aku Berbuat Dosa?

Sekali aku ada dalam Kristus, aku akan selalu ada dalam Kristus. Tetapi, dosa mematahkan persekutuanku dengan Allah. Apa yang harus aku lakukan? Aku harus mengakui dosa itu pada Allah dengan segera dan meminta-Nya untuk mengampuniku. Ketika aku melakukan hal ini, persekutuanku dengan Allah dipulihkan.

Tiga Fakta Utama

  1. Allah membuatku dalam Kristus.

  2. Allah melakukan hal yang terindah bagiku ketika aku diselamatkan! Dia membuatku berada dalam Kristus! Ini berarti bahwa ketika Allah memandangku, Dia melihat anak-Nya yang terkasih.

  3. Allah menerimaku dalam Kristus!

  4. Karena aku dalam Kristus, Allah mengasihi dan menerimaku seperti Dia mengasihi dan menerima Anak-Nya yang dikasihi-Nya sendiri.

  5. Allah ada di pihakku!

  6. Karena aku ada dalam Kristus dan aku mengasihi Anak Allah, Allah selalu di pihakku. Karena Allah ada di pihakku, tidak ada masalah siapa yang melawanku.

Ayat Hafalan

"Supaya terpujilah kasih karunia-Nya yang mulia, yang dikaruniakan-Nya kepada kita di dalam Dia, yang dikasihi-Nya." (Efesus 1:6)

Doa

"Bapa, terima kasih Engkau telah menyelamatkanku dan menerimaku dalam Kristus. Begitu indahnya untuk tahu bahwa Engkau mengasihi dan menerimaku dalam Kristus. Begitu indahnya untuk tahu bahwa Engkau mengasihi dan menerimaku seperti Engkau mengasihi dan menerima Anak-Mu yang terkasih. Terima kasih Engkau menjadikanku dapat selalu menikmati-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa."

Diambil dan disunting seperlunya dari:

Judul buku : Pemuridan dan Penginjilan Usia 4 -- 19 Tahun
Bab : Sahabat Terbaik (Pelajaran 5)
Penyusun : The Mailbox Club International
Penerjemah : Tim Mailbox Club Indonesia
Penerbit : Mailbox Club Indonesia, Jakarta

Kategori Bahan PEPAK: Kurikulum - Pedoman Mengajar

Komentar