Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Aktivitas Belajar Berdoa Lewat Pelayanan di Gereja


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Melalui aktivitas ini, Anda dapat mengajarkan kepada anak-anak bahwa melakukan pelayanan bagi Allah termasuk pula kegiatan-kegiatan seperti membagikan buku, merapikan bangku, membuat minuman, menghias gereja, dan membagikan warta, atau buku kidung pujian. Dengan melakukan tugas itu, anak-anak bisa merasakan menjadi bagian dari suatu gereja. Mereka bisa lebih tahu bagaimana menjalankan sebuah gereja.

Yang Anda perlukan:

Tugas-tugas yang perlu dilakukan dan kemauan menjadi penolong untuk melakukan pekerjaan itu.

Penerapan ide:

Anak-anak akan merasa lebih dihargai kalau mereka bekerja dalam satu kelompok. Tim ini bisa terdiri atas berbagai usia dan anak-anak bisa ikut tim ini untuk berdoa. Mereka yang bergabung dalam tim untuk menyiapkan kebaktian dapat berkumpul bersama sebelum kebaktian dimulai, untuk berdoa bagi mereka yang ambil bagian dalam kebaktian, dan bagi mereka sendiri saat menjalankan tugas. Contohnya, membagikan buku kidung pujian adalah bagian dari tim pujian, anak-anak juga bisa ikut berdoa bersama tim ini sebelum ibadah. Membagikan buku ibadah merupakan bagian dari tim penyambutan, anak-anak bisa ikut berdoa bersama tim ini sebelum ibadah.

Sebelum menyajikan minuman kepada yang hadir di sekolah minggu, mungkin anak-anak ingin berdoa:

"Allah Bapa, kami di sini melayani-Mu. Bantulah kami supaya kami melakukannya dengan baik dan dengan cara yang akan membuat orang lain tahu bahwa kami peduli terhadap mereka. Amin."

Sebelum menyambut orang yang datang, doanya mungkin seperti ini:

"Allah Bapa, beri kami wajah yang penuh senyum saat kami menyambut orang-orang yang datang ke gereja hari ini. Biarlah mereka melihat kasih-Mu dalam penyambutan kami. Terima kasih Tuhan. Amin."

Sebelum membagikan buku kidung pujian:

"Allah Bapa, bantu kami mendengar pemimpin pujian dan mengikuti kebaktian dengan baik, sehingga kami bisa membagikan buku kidung pujian dengan tepat. Kami melakukan ini untuk melayani-Mu dan untuk melayani jemaat. Bantulah jemaat untuk benar-benar menyembah-Mu hari ini. Amin."

Anak-anak bisa didorong untuk mengucapkan doa mereka sendiri. Kalau mereka cemas dengan apa yang akan mereka kerjakan, mereka bisa menerima dorongan semangat melalui doa orang lain dalam tim mereka.

IDE TAMBAHAN

Membantu Seseorang di Rumahnya

Anak-anak yang lebih besar bisa membantu di rumah anggota jemaat. Mungkin salah seorang anggota jemaat memerlukan bantuan untuk membersihkan debu di rumahnya, menyedot debu karpet, membersihkan kamar mandi, atau mengganti seprai. Hal ini bisa menjadi kesempatan bagi anak untuk menunjukkan bahwa mereka juga peduli, dan pada saat yang sama melakukan pekerjaan Allah. Anak-anak bisa didorong untuk berdoa bagi orang itu. Anda bisa bertanya, "Bagaimana kabarnya orang itu? Apakah bahunya sudah membaik?" Kegiatan ini dapat juga dilanjutkan dengan mendoakan orang itu dengan doa seperti ini.

"Allah Bapa, terus berikan kesembuhan pada (nama). Cabut rasa sakitnya dan bantulah supaya bahunya cepat membaik. Amin."

Tip: Kalau anak-anak mau melayani Allah dengan cara ini, Anda perlu memastikan kebijakan gereja Anda tentang anak-anak. Lebih baik kalau mereka pergi dalam satu tim kecil. Anak-anak remaja mungkin bisa melakukannya sendiri. Akan tetapi, anak-anak yang lebih kecil butuh kehadiran dan bantuan Anda untuk melakukan tugasnya.

Diambil dan disunting dari:

Judul buku : 100 Ide Doa Kreatif untuk Anak-anak: Menolong Anak Menemukan Berbagai Hal yang Bisa Mereka Doakan
Penulis : Jan Dyer
Penerbit : Gloria Graffa, Yogyakarta 2011
Halaman : 279 -- 282

Kategori Bahan PEPAK: Doa - Musik - Ibadah

Komentar