Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Menarik Anak Baru


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Sebelum kita mengenalkan Yesus pada seorang anak, sebaiknya terlebih dahulu, kita mengenalkan mereka kepada SM. Menarik anak baru untuk datang ke SM merupakan satu langkah awal untuk memenangkan mereka. Berikut ini, ada beberapa cara praktis yang dapat Anda lakukan dalam rangka menarik anak baru untuk datang ke SM Anda.

  1. Sambutlah murid yang datang dengan gembira.

    Ungkapkanlah penghargaan kepada murid-murid yang membawa teman baru. Mintalah mereka untuk mengenalkan teman barunya dan menceritakan sedikit mengenai mereka. Jangan meminta anak baru untuk langsung berbicara, kecuali ia sendiri yang menginginkannya. Biasanya, anak baru segan untuk bicara banyak.

  2. Catatlah keterangan-keterangan kelas dalam sebuah notes.

    Salah satu bagian dalam notes ini dipakai untuk mencatat nama, alamat, telepon, dan hari ulang tahun murid-murid SM Saudara. Bagian lain, dipakai untuk mencatat nama, alamat, telepon, dan hari ulang tahun calon murid-murid Saudara. Bagian ketiga, dipakai untuk petunjuk-petunjuk.

    Dari mana Saudara mendapat nama-nama calon anggota tersebut? Kumpulkanlah nama-nama anak yang pernah mengunjungi kebaktian Sekolah Minggu dari buku catatan sekretaris. Catatlah nama mereka itu pada bagian calon anggota dan hubungilah mereka secara pribadi.

    Calon anak baru lainnya adalah keluarga atau teman-teman dari murid SM Anda. Sepanjang minggu, Saudara berjumpa dengan anak- anak; anggaplah mereka sebagai calon murid Anda. Anak yang baru pindah ke kampung atau ke lingkungan dimana Saudara tinggal dapat juga dianggap sebagai calon anggota baru SM Anda.

  3. Hubungi anak yang absen.

    Setiap minggu, hubungilah anak yang absen. Sangatlah penting jika kita langsung menghubungi anak yang absen untuk pertama kalinya.

    Cara terbaik untuk mengadakan pendekatan ini adalah dengan mengadakan kunjungan pribadi, tetapi kunjungan ini harus singkat dan disertai dengan suatu alasan. Berhubung ada orang-orang yang tidak senang didesak atau dipaksa, Saudara dapat singgah ke rumah mereka untuk memberikan gambaran pelajaran atau pekerjaan untuk pelajaran hari Minggu berikutnya. Saudara tidak perlu menanyakan mengapa murid itu absen. Lebih baik Saudara mengatakan, "Mudah- mudahan ia tidak sakit."

    Cara kedua untuk mengadakan pendekatan dengan anak yang absen adalah dengan meneleponnya, atau dengan mengiriminya surat. Apa pun yang Saudara lakukan, Saudara harus mengadakan hubungan! Waktu yang terbaik untuk mengunjungi murid-murid adalah hari Jumat atau Sabtu, ketika mereka merencanakan kegiatan mereka pada hari Minggu.

    Tentukan suatu sasaran untuk menjangkau calon-calon anak baru setiap minggu. Dalam kelas-kelas remaja atau yang lebih tua, panitia penyambutan akan efektif untuk menghubungi anak-anak yang absen atau calon-calon anggota. Orang-orang yang menjadi panitia penyambutan ini haruslah orang yang ramah dan ikhlas dalam pendekatannya.

  4. Promosikan suatu lomba yang sudah direncanakan masak-masak.

    Ini akan sangat membantu jika Saudara bersemangat tentang hal itu. Berikan hadiah yang menantang, juara I, II, dan III untuk anak yang banyak membawa teman baru. Boleh juga, Saudara mengadakan pertandingan dengan kelas lain. Kelas yang lebih banyak menambah teman baru akan mendapatkan hadiah dari kelas lainnya.

  5. Buatlah jam pelajaran Saudara menarik.

    Bersenang-senanglah dengan kelas Saudara dan bersikaplah ramah. Bercakap-cakaplah tentang hal-hal yang menarik kepada murid-murid Saudara -- olahraga, peristiwa-peristiwa yang hangat, keluarga mereka, dan lain-lain.

    Buatlah ruangan kelas Saudara menarik dan kadang-kadang memindahkan perabot agar keadaan dalam kelas berubah. Pakailah bermacam-macam cara mengajar dan jadilah seorang guru yang selalu siap sedia.

    Secara tetap, adakanlah pertemuan ramah tamah, yang direncanakan oleh pengurus kelas. Setiap murid didorong untuk mengundang seorang anak baru. Dengan cara demikian, anak-anak baru tersebut dapat dilibatkan dalam kegiatan kelas.

  6. Tingkatkan keakraban.

    Para pengunjung baru akan terkesan apabila anggota kelas tampak suka bergaul bersama-sama.

Kategori Bahan PEPAK: Metode dan Cara Mengajar

Sumber
Judul Artikel: 
Cara Melipatgandakan Anggota Kelas
Judul Buku: 
Buku Pintar Sekolah Minggu jilid 1
Halaman: 
198 - 199
Penerbit: 
Yayasan Penerbit Gandum Mas
Kota: 
Malang
Tahun: 
1997

Komentar