Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Percakapan yang Sesuai Menurut Kristus


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Berikut ini petunjuk-petunjuk dari seorang guru yang memberkati saya mengenai teknik berkomunikasi saat mengajar.

  1. Jangan pikirkan mengenai kesan apa yang Saudara berikan. Pikirkan untuk menyatakan pandangan Saudara kepada para pendengar Saudara. Pikirkan keadaan mereka itu.

  2. Jangan khawatir mengenai gerakan-gerakan tangan Saudara.

  3. Persiapkan diri Saudara. Pelajarilah bahan itu sebaik-baiknya. Pikirkanlah itu seluruhnya. Jadikanlah hal itu sesuai dengan pribadi Saudara. Hiduplah sesuai dengan itu.

  4. Bersikaplah wajar, tetapi lupakanlah diri Saudara saat menyampaikan pandangan-pandangan Saudara. Berusahalah sebaik-baiknya agar Saudara didengar dan dipahami.

Saran-saran praktis ini sangat berharga bagi guru-guru sekolah minggu. Akan tetapi, ada beberapa hal lainnya yang sama pentingnya. Untuk merumuskannya, saya perlu kembali mengingatkan pengaruh yang paling besar atas kehidupan saya kepada guru-guru. Satu hal yang sama mereka miliki yaitu cara berbicara mereka menyatakan bahwa mereka itu milik Kristus dan sedang bertumbuh kepada-Nya dalam segala hal. Inilah rumusan singkat dari ciri-ciri percakapan mereka yang sesuai dengan Kristus.

Kehidupan dan perbuatan mereka menyokong percakapan mereka. Mereka tidak menjadikan kami merasa seolah-olah mereka itu sempurna, tetapi orang-orang berdosa yang diselamatkan oleh Kristus. Mereka mengakui kelemahan-kelemahan dan kekurangan-kekurangannya. Di dalam sikap rendah hati serta penuh pertobatan, mereka memiliki satu keyakinan akan Kristus.

Mereka tidak membatasi perhatian mereka kepada ruangan kelas atau gereja saja, tetapi pada segala segi kehidupan.

Mereka senantiasa berusaha keras untuk bersaksi bagi Kristus sebagai Jalan, Kebenaran, dan Hidup. Mereka menyadari bahwa sama seperti Kristus harus diterima dengan iman sehingga kita memiliki keselamatan yang kekal, demikian juga kita harus menerima-Nya dengan iman. Bersama-sama Paulus, mereka melaksanakan hal melupakan segala perkara yang di belakang dan berlari-lari kepada sasaran yang di atas di dalam Kristus Yesus.

Mereka tidak pernah meninggalkan jalan lurus dan sempit untuk menyeleweng ke samping atau menyeberang kepada tafsiran khusus atas azas kepercayaan yang disenanginya saja. Dengan kata-kata lain, untuk mengutip dari Paulus, mereka memunyai kesetiaan yang sejati kepada Kristus (2Korintus 11:3).

Tingkah laku mereka nyata di dalam percakapan mereka -- kasih dari kehidupan Kristen, semangat bagi hal itu sebagai hidup yang berkelimpahan, kewaspadaan, kesabaran, kejujuran untuk mengakui bila mereka sungguh-sungguh tidak mengetahui sesuatu, pengakuan atas kegagalan mereka sendiri, sikap yang penuh pengorbanan.

Mereka tidak pernah berbantah-bantahan saat mengemukakan kebenaran itu, tetapi penuh dengan kasih dan menarik hati. Mereka tidak pernah menjatuhkan orang, tetapi menghormati kepribadikan dari para pendegarnya. Mereka sungguh-sungguh mirip dengan Kristus karena mereka memiliki-Nya di dalam hati mereka.

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Anak Umum

Sumber
Judul Artikel: 
Bersiaplah Agar Diperhatikan
Judul Buku: 
Cara Mengajar yang Lebih Berhasil
Pengarang: 
Joe L. McMillin
Halaman: 
45 -- 47
Penerbit: 
Lembaga Literatur Baptis
Kota: 
Bandung
Tahun: 
1995

Komentar