Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Tanggung Jawab Pengurus SM


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Dalam sebuah SM ada guru-guru yang juga merangkap sebagai pengurus SM. Selain harus bertanggung jawab terhadap tugas keguruannya, mereka juga harus bertanggung jawab terhadap tugasnya sebagai seorang pengurus SM. Jika mereka hanya memenuhi tanggung jawab mereka sebagai seorang guru SM dan melalaikan tanggung jawabnya sebagai pengurus, maka SM tersebut akan terhambat perkembangannya. Apa sajakah tanggung jawab para pengurus SM itu? Berikut ini kami paparkan tanggung jawab dari seorang Pemimpin dan Sekretaris SM.

TANGGUNG JAWAB PEMIMPIN SM

Pemimpin inilah yang memimpin SM. Dia akan bekerja sama dengan gembala gereja, sekretaris, dan para guru sebagai suatu "team", agar mendapatkan sebuah SM yang mendatangkan kehormatan bagi Kristus. Dia akan mengatur agar para guru MENJANGKAU jiwa-jiwa yang terhilang dan mengajarkan kepada mereka bagaimana cara hidup bagi Allah. Tanggung jawab pemimpin dibagi dalam tiga bagian:

1. Selama Jam SM

  1. Harus tiba 15 menit sebelum SM dimulai.
  2. Siap sedia untuk memulai SM tepat pada waktunya! Acara Pembukaan harus menarik. Bahan seperti "Kegiatan Sekolah Minggu" dapat memberi ide-ide dan petunjuk-petunjuk untuk acara pembukaan ini. Pakailah alat peraga yang disarankan.
  3. Mengunjungi berbagai kelas selama jam pelajaran, tetapi duduk pada tempat yang memudahkan dia untuk meninggalkan kelas tersebut tanpa menarik perhatian anak-anak.
  4. Dalam sebuah kelas, secara bergantian, tutuplah acara ibadah dengan memberikan sambutan singkat untuk anak-anak (khususnya yang baru) dan undang mereka untuk datang kembali minggu berikutnya.
2. Mempromosikan SM
  1. Untuk menolong pertumbuhan SM, selenggarakan acara-acara istimewa pada Hari Paskah, Hari Kemerdekaan, Hari Natal, kenaikan kelas, dan sebagainya. Tentu saja saudara harus memakai bahan yang disediakan untuk usaha memenangkan jiwa baru dan evangelisasi anak-anak. Sarana tersebut berguna untuk menolong SM saudara. Undang anak-anak lain selain murid-murid Anda untuk menghadiri acara tersebut.
  2. Dalam setiap kebaktian gereja hendaknya diberikan pengumuman tentang SM. Ke mana pun saudara pergi berbicaralah tentang SM, dan undanglah orang untuk menghadirinya. Tunjukkan sikap yang gembira dan bersemangat tentang SM Anda!
3. Program Pendidikan

Program pendidikan secara keseluruhan bagi pekerja SM adalah tanggung jawab gembala, tetapi pemimpin SM itu yang harus menyelenggarakan sebagian besar dari kelas persiapan dan rapat panitia. Adakan kerja sama yang erat dengan gembala dalam "Kursus Pendidikan Guru SM", "Kelas Calon Guru", maupun program lain.

SEKRETARIS SM

Sekretaris yang menyelenggarakan semua catatan sekolah. Tanggung jawabnya meliputi hal-hal sebagai berikut:

1. Sebelum Jam SM

  1. Datang 15 menit sebelum SM dimulai dan mempersiapkan kantong- kantong persembahan, buku-buku catatan kelas, gambar-gambar, alat peraga, dll., untuk diberikan kepada guru.
  2. Berada di tempat pada Acara Pembukaan -- saudara bukan teladan yang baik kalau jalan kian ke mari.
2. Selama Jam SM
  1. Menghadiri jam pelajaran di suatu kelas, namun demikian duduklah dekat pintu. Jika SM sudah berjalan setengahnya, keluarlah dengan diam-diam. Apabila jumlah anggota SM itu banyak, sekretaris akan segera mulai dengan pekerjaannya setelah guru selesai mengabsen. Dengan demikian ia mempunyai cukup waktu untuk menyelesaikan pencatatan dalam "Buku Catatan Sekretaris" sebelum acara penutup.
  2. Mengumpulkan semua buku catatan kelas dan persembahan. Guru harus mengisi Buku Catatan Kelas dan memungut persembahan sebelum memulai pelajaran, kemudian meletakkannya pada tempat yang baik agar dapat dikumpulkan oleh sekretaris tanpa mengganggu kelas. Jangan bercakap-cakap dengan guru atau murid.
  3. Pergi ke suatu tempat yang agak terpisah; hitunglah uang persembahan; pindahkan semua jumlah dari buku catatan kelas ke buku catatan sekretaris. Catatlah jumlah yang hadir; tamu- tamu; persembahan; dan jumlah yang absen untuk setiap kelas. Hitunglah jumlah seluruhnya dan tuliskan pada papan pengumuman.
  4. Menandai kehadiran para pekerja pada kolom yang tersedia. Sisipkan selembar di dalam buku catatan sekretaris untuk mencatat kehadiran gembala dan anggota-anggota pengurus sepanjang tahun.
  5. Bersiap-siap untuk membacakan laporan jika diminta. Bacalah dengan jelas dan singkat.
3. Sepanjang Minggu
  1. Menyerahkan persembahan SM kepada bendahara SM. Bila SM tidak mempunyai bendahara, persembahan itu harus diberikan kepada bendahara gereja. Uang SM harus dialokasikan untuk pembelian bahan dan peralatan SM saja.
  2. Membantu dalam pemesanan bahan pelajaran. Ketika bahan pelajaran yang baru itu tiba, simpanlah dengan baik agar tetap bersih dan siap untuk dipakai pada waktunya. Jagalah supaya gambar Sahabat Anak-anak dan Pratama yang dipakai itu tepat setiap Minggu.
  3. Mengambil rata-rata anak yang hadir setiap bulan, menjumlahkan persembahan setiap akhir bulan, dan tuliskan dalam buku catatan. Catatlah semua keterangan lainnya yang diperlukan.
  4. Menghadiri rapat pengurus.
  5. Menyediakan nota perkunjungan dan membantu dalam perkunjungan anak-anak yang absen dan para pengunjung.
  6. Pada akhir tahun, bekerja sama dengan gembala dan pemimpin untuk mengisi laporan tahunan. Jika buku catatan sekretaris telah diisi dengan tepat sepanjang tahun, maka di dalamnya terdapat keterangan yang diperlukan untuk laporan tahunan.

Sungguh, pengurus SM itu penting! Jemaat memerlukan kepemimpinan saudara. Allah akan dipuji jika saudara memikul tanggung jawab untuk pelayanan ini!

Kategori Bahan PEPAK: Guru - Pendidik

Sumber
Judul Buku: 
Pola Dasar Perkembangan Sekolah Minggu
Pengarang: 
AGLC-Teaching Ministries Accra, Ghana
Halaman: 
10 - 12
Penerbit: 
Yayasan Penerbit Gandum Mas
Kota: 
Malang

Komentar