Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Pertanyaan Seputar Ruang Kelas


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Ruang kelas merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi, pertama: mempengaruhi proses belajar para murid dalam menerima suatu pelajaran, dan kedua: mempengaruhi guru dalam menyampaikan pelajaran. Ruangan kelas yang baik adalah ruangan yang dapat digunakan anak-anak untuk mempelajari segala sesuatu dengan nyaman. Dalam menciptakan ruang kelas yang nyaman ini diperlukan berbagai penyesuaian kondisi di dalam ruang kelas tersebut. Pertanyaan- pertanyaan di bawah ini akan membantu kita untuk melihat apakah suatu ruang kelas cukup baik untuk belajar bagi anak-anak dan untuk mengajar bagi guru:

  1. Apakah yang anda rasakan ketika memasuki ruang kelas? Apakah anda merasa ingin masuk ke dalamnya?
  2. Apakah bahan yang tersaji di ruang kelas tersebut mendorong anak- anak untuk mempelajari Firman Tuhan?
  3. Apakah anak-anak merasa terdorong untuk terlibat di dalam aktivitas, ataukah segala sesuatu di ruangan tsb. tampak kacau dan tidak terurus sehingga mereka enggan untuk menyentuhnya?
  4. Apakah ruangan kelas cukup leluasa untuk bergerak tanpa anak harus menabrak perlengkapan/mebel yang ada?
  5. Selama mengikuti pelajaran dapatkah anak-anak menemukan dan mengembalikan barang yang diperlukan di dalam kelas?
  6. Apakah penempatan papan pengumuman dan papan tulis sesuai dengan jarak pandang mata anak-anak?
  7. Apakah ruang kelas tersebut rapi dan bersih?
  8. Apakah udaranya terasa segar?
  9. Apakah ruang kelas tersebut memiliki pencahayaan yang cukup?
  10. Apakah ada sesuatu di dalam ruang kelas yang tidak seharusnya dilihat oleh anak-anak, karena tidak baik dan tidak etis?
  11. Apakah jendela dalam ruang kelas dapat digunakan untuk melihat dengan leluasa?
Sementara anda menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, buat daftar tentang hal-hal dalam ruang kelas yang ingin dan dapat anda ubah. Tetapkan hal-hal apa yang dapat anda kerjakan sendiri maupun yang memerlukan sedikit bantuan dari orang lain untuk mengerjakannya. Lalu anda dapat mengerjakan perubahan tersebut ketika telah tersedia uang, bahan-bahan, waktu, dan tempatnya.

Catatan:
Di Indonesia, ada banyak Sekolah Minggu yang hanya memiliki ruangan kecil atau diadakan di rumah-rumah jemaat dengan ruangan yang terbatas (di ruang tamu atau di garasi). Namun demikian, kita bisa membuat ruangan-ruangan yang terbatas itu menjadi ceria, dekoratif dan menarik agar anak-anak Sekolah Minggu tidak jenuh untuk belajar di sana. Beberapa hal yang dapat kita lakukan antara lain: memasang gambar-gambar menarik di dinding, memakai perabotan yang disesuaikan dengan ukuran anak-anak (seperti meja pendek, kursi kecil, lemari kecil), dsb.

Kategori Bahan PEPAK: Fasilitas Pelayanan Anak

Sumber
Judul Buku: 
Sunday School Smart Pages
Pengarang: 
Wes & Sheryl Haystead
Halaman: 
115
Penerbit: 
Gospel Light
Kota: 
Ventura
Tahun: 
1992

Komentar